Sekilas cerita tentang kluwak

Kesibukan menjelang lebaran di keluargaku telah dimulai sejak H-2. Mulai dari merapikan rumah, beli tiket mudik pasca lebaran, plus memasak. H-1 kesibukan di dapur mencapai puncaknya. Aku dan kakakku menjadi asisten mama untuk memasak 4 jenis masakan, yaitu opor ayam, swikee ayam, sambal goreng ati sapi, pindang daging sapi (rawon). Orang Grobogan/Jateng sudah akrab dengan masakan yang disebut swikee. Di daerah asalnya swiikee dibuat dari daging kodok dengan bumbu jahe, tauco, kecap,  seledri, bawang merah, bawang putih dan bawang putih goreng untuk taburan. Berhubung kami tidak mengkonsumsi kodok, maka dagingnya diganti dengan ayam/bebek. Rasa tajam dari perpaduan jahe, tauco, dan taburan bawang putih goreng  menghasilkan energi yang menghangatkan tubuh. Di keluarga kami swikee ini selalu ada di menu lebaran. Lebih enak dimakan dengan lontong/ketupat.

Orang Kudus menyebut pindang yang tak lain adalah rawon untuk orang Jawa  Timur. Pindang dapat dikenali dengan mudah diantara masakan lainnya. Warna kuahnya yang hitam dan daun melinjo muda memberikan ciri khusus pada pindang. Di Kudus ada beberapa jenis pindang yaitu, pindang daging ayam, daging sapi, dan daging kerbau. Warna hitam pada kuah pindang berasal dari bumbu masakan khas yang disebut kluwak. Beberapa daerah menyebutnya kluwek/keluwak/kluwak (jawa), kapayang (Minangkabau), kayu tuba buah (lampung) , pangi (Bugis dan Bali), picung (Sunda), panarassan (Toraja) dan pucung (betawi).

Nama speciesnya Pangium edule Reinw. Kluwak diperoleh masyarakat sekitar dengan cara mengambilnya dari tanaman pohon kepayang yang diambil bijinya. Pohon kepayang tingginya 40 meter dan diameter batangnya 2,5 meter. Tumbuh liar di daerah 1000 m dpl (di atas permukaan laut)  di seluruh Indonesia.  Tanaman ini merupakan khas vegetasi dari Indonesia. Jika ada di negara lain berarti sudah diekspor. Kegunaan pohon kepayang :

1. kayunya digunakan untuk membuat batang korek api

2. daunnya sebagai obat cacing

3. Bijinya sebagai antiseptik

4. Bijinya dihaluskan dapat menghilangkan kutu pada kerbau

5. Biji kluwak dapat dibuat minyak sebagai pengganti minyak kelapa

Kandungan kimia biji kluwak (hasil studi RA Hangesti Emi Widyasari mahasiswa S-2 Program Studi Teknologi Kelautan Pascasarjana IPB) :

1. Vitamin C

2. ion besi

3. betakaroten

4. asam sianida (sifatnya beracun, mudah menguap pada suhu 26 derajat Celcius, bila terhirup binatang ternak dapat mengakibatkan kematian, aman untuk pengawetan ikan)

5. asam asam hidnokarpat

6. asam khaulmograt

7. asam glorat

8. tanin (sebagai pengawet ikan)

Sambil mengupas kluwak, pikiranku melayang pada kenangan masa KKN (Kuliah Kerja Nyata) di sebuah pegunungan Kendal Jawa Tengah 5 tahun silam. Sambil menerobos hutan basah, aku dan teman-teman berdiskusi dengan Pak Lurah karena beberapa hari sebelumnya aku telah melihat sekarung buah mirip kelapa dengan ukuran seperti buah siwalan  yang diletakkan di bawah pohon. Buah tersebut dibiarkan basah  berhari-hari oleh pemiliknya. Buah-buah tersebut dibiarkan matang dan jatuh sendiri kemudian dikumpulkan dalam satu karung. Buah sengaja dibiarkan basah oleh air hujan dan dalam waktu 10-14 hari akan membusuk. Tujuannya supaya kulit atau sabutnya lebih mudah dikupas dan menghilangkan racun asam  sianida yang terdapat pad abiji kluwak.  Setelah dikupas, akan didapatkan kulit yang keras seperti batok kelapa yang berisi daging berwarna putih. Daging inilah yang digunakan sebagai bumbu masak. Namun pada umumnya kluwak yang digunakan adalah kluwak berwarna hitam. Untuk membuatnya hitam, maka kluwak perlu diproses kembali agar di dapat warna hitam.

Caranya 1: ambil biji kluwak sebanyak 20 biji, cuci, rebus selama 1 jam, keringkan. Ambil wadah tertutup letakkan abu sekam di dasar wadah, letakkan kluwak, dan tutup kembali dengan abu sekam hingga seluruh permukaan tertutup abu. Diamkan selama 15 hari, bersihkan, kluwak siap digunakan

Catatan :

1. Pengeringan kluwak dapat dijemur di bawah sinar matahari atau oven

2. Perbandingan kluwak dan abu sekam 20 biji : 2 kg

3. Proses pendiaman kluwak dalam abu sekam disebut pemeraman

4. abu sekam dibuat dari

Cara 2 : biji kluwak dicuci bersih, direbus selama beberapa jam, didinginkan, di letakkan dalam lubang tanah yang ditutup tanah dan daun pisang selama 40 hari. Keluarkan dan bersihkan, akan diperoleh biji kluwak kecoklatan siap pakai.

Untuk Kluwak sebagai bumbu masakan, pecahkan bijinya dengan hati-hati menggunakan palu, ambil bagian dalamnya yang masih lunak, inti biji yang sudah mengeras sulit dihancurkan, ambil sdikit bagian dan rasakan. Jika kluwak pahit jangan digunakan karena masakan yang akan dibuat juga akan menjadi pahit.

Kluwak digunakan sebagai pengawet ikan : untuk 50 kg tangkapan ikan, digunakan 1 kg biji kluwak yang  telah dicacah dan dicampur garam sebanyak 1 kg, campuran dilumurkan pada hasil tangkapan, dan disimpan dalam ember plastik tertutup. Asam sianida biji kluwak akan mengawetkan ikan selama 6 hari, setiap hari dibuka selama 5 menit untuk menguapkan asam sianidanya. Pemgawetan ikan ini telah dipakai para nelayan Banten. Menggunakan biji kluwah jauh lebih ekonomis daripada menggunakan es batu. Untuk es batu penggunaannya 1:1 sedangkan menggunakan biji kluwa hanya 50:1 saja


Terimakasih pada pemilik blog ini untuk gambar dan tambahan infonya :

kamusdapurku.blogspot.com

http://anekaplanta.wordpress.com/2007/12/25/picung-bisa-gantikan-formalin/

http://redant04.blogspot.com/2008/08/picung-lagi.html

About these ads

53 responses to “Sekilas cerita tentang kluwak

  1. Konon sangat tidak disarankan utk dimakan mentah ya ?

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    yang mentah masih ada asam sianidanya pak, lagian ga enak kale dimakan mentah :mrgreen:
    begitu kulitnya dibuka asam sianidanya menguap

  2. Kluwak yg ini ada hubungannya sama kluwak yg buat kopi ga yah. Terus terang ga pernah merhatiin detail makanan. Biasanya langsung embat aja hehe :mrgreen:

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    huehehehe, itu mah kopi luwak kang :mrgreen:, beda atuh,

  3. He he, ternyata the 1st.. Asik.. Jadi di-taut dah.. Btw, tadina kirain teh tentang kluwak yg seperti musang itu, ternyata ‘kluwak’ yg bumbu.. Soale di dieu mah nu eta teh namina ‘clue weck’..

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    wooo kluwek teh sami di jawa atuh, iya, kluwak bumbu, kluwak musang keknya ga enak di rawon, kecuali bapak dulu yg coba ya? :lol:

  4. kalo ada kata kluwek inget baunya yang harumm,, tapi rasanya rada-rada aneh..
    enaknya di bikin sayur rawon tuh….

    uhmm mba yella, rumah dimana mangnya? ga pulng nih, pengen si sillaturrahmi ke rumah tmen-temen tapi temennya pada pulang kampung..
    mbak yella ga pulang to..?

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    wew, jebule kamu seneng ngisep-ngisep kluwek tho fal, besok ta bawain sekilo ke kosmu, biar puas ngisep2nya, :lol:
    citayem, naek aja KRL cuman 3 stasiun dari Bgr. 1500. nanti naek ojek sampe rumahku, aku ga mudik :mrgreen:

  5. eh kalo buat ngitemin rendang, bisa gak ya ? kalo buat opor bisa, harusnya rendang bisa juga ya hehe

    aku kapan hari liat kluwak di asian store disini. cuma gak tau buat apa. thanks ya

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    kalo rendang bumbunya khusus ya, ada beberapa rempah yang cuman ada di sumatera barat yang jadi bumbu istimewa rendang, ga pake kluwek, warna item itu rendangnya udah kelamaan diangetin :mrgreen:
    ya mba dian sama-sama :)

  6. oh jadi ini toh penyebabnya knp rawon item, aku suka rawon tapi pas awal2 sering makan rawon bawaan nya ko sering demam ga tau knp tuh.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ooo demam rawon ya? bisa jadi pemilihan keluwaknya kurang bagus, dalam pengolahan kluwak asam HCN belom ilang, jadi tubuh terasa panas saat setelah memakannya.

  7. selamat idul fitri mbak yella.

    mohon maaf lahir batin.

    semoga amal ibadah kita di bulan Ramadhan disempurnakan Allah.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    amin, sama-sama ya mas, saya maafkan segala kesalahan :)

  8. langitjiwa dan keluarga mengucapkan,
    Selamat Hari Raya Idul Fitri,Mohon Maaf Lahir dan Bathin.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama-sama mas, salam buat keluarga ya

  9. saya cuman seneng makan doank niy. :mrgreen:

    btw, jadi tambah ilmu. Alhamdulillah.

    Lebaran ada menu swikee to… kirain kodok. Dah pernah makan yg dari kodok?

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    menurutmu?

  10. wah….. jadikangen rawon buatan nenek ku….
    met lebaran ya mbak…

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama-sama dek :) , maafkan segala kesalahan ya

  11. gambarnya kaya coklat yach.. kayanya enak. :-D
    biar tahu dia (kluwak maksudnya-nad.) pahit atau ga dari mana?? mba bilang kan ada asam sianidanya, trus cara nyobainnya begimana?? :lol:

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    biar tau rasanya ya dirasain, asam sianida dalam makanan sulit dideteksi rasanya, kalo mau tau gimana asam sianida yang asli, tar kapan2 aku ajak ke toko kimia di bogor deh :)

  12. eh kirain swikee itu nama lain kodok…
    btw, udah ada belum yaa, yang bikin antiseptik dari biji kluwak ?
    kalo manjur, bagusnya cepet-cepet dipatenkan . ya kan mbak?

    Minal Aidin Wal Faidzin, Maah lahir bathin.
    Salam kenal mbak

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    hah? bukan mas, itu nama masakan, baru tau kn? semua belom ada patennya, mas mau patenkan?
    maaf lahir bathin mas, makasih dah silaturahim, salam buat istrinya ya mas juga Zia :)

  13. Kapayang?? saya koq g tau mbak :D

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    taunya apa mas? :)

  14. Saya masih belum kenal, kluwak itu apa yah?

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    mau kenalan mbak? saya kenalin yah :mrgreen:

  15. panjang amat mbak, g sempat Qbaca semua sampe habis..hehe…tp rencana mo pelajarin yg kayak gitu2an lbh banyk lg, biar bs jd calon istri g pinter….hahahaha

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    calon istrinya mama biring ya, hahhaha :lol:

  16. Owh cma 3 stasiun. Tar kalo ak kesasar gmana mbk, mw ga tnggung jawab :lol:
    ok lah insy 4w1 nanti sya maen skalian pngen maen krmah mbk lani. .
    Btw mbk yella krim email k achfall@gmail.Com dunk. Biar sy tw almt mail mbak. . Oc. .

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    mau ditanggung ato dijawab? hehe,

  17. Buat mbak Yella dan mungkin teman bloger yang berkunjung disini, ada yang tahu ngak ya bahasa Inggrisnya kluwak?. Selama ini kalau aku masak rawon buat suami atau teman mereka tanya bumbunya apa saja? Aku selalu bingung untuk menerjemahkan kluwak… :P thanks

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ada mbak nama lainnya Keluwek/kluwek/ pangi (pangium edule)
    Other names : kluwak nut, kluwak noten, pangi ato mau lihat bumbu dapur yang lain dalam bahasa inggris lihat di
    http://inkah.multiply.com/journal/item/33/Nama2_bumbu_dapur_dalam_bhs_Inggris

  18. Klo dilihat sekilas mirip ama coklat, ya…
    Yum..yum..

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    itu fotonya aja yang enak, soalnya pake lighting jadi keliatan enak, coba liat sebenarya,,,wuiiii jauh banget

  19. maafin diriku jika banyak salah ya mbak..
    maafin juga kalo komennya nggak nyambung dengan postingannya :d

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sante aja, di sini bebas ngapain aja :)

  20. Ping-balik: Sekilas cerita tentang kluwak | Blog Batam Digital Island

  21. mohon maaf lahir dan batin

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama-sama pak zaenal :)

  22. dulu klu nyuci pakaian pake kluwak itu gimana ya?

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    item semua mas :mrgreen:

  23. kluwak bikin item. sama kaya matahari

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    item juga kaya saya :mrgreen:

  24. seperti biasa, aku mau matengan aja rawonnya :D

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    di semarang banyak kan mbak?

  25. Terimakasih banyak Mbak Yella, Informasinya. thanks

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama-sama mbak yuli,semoga bermanfaat :)

  26. Kluwak ??
    Rawon …!!!
    Rawon … !!!

    Bahasa Inggrisnya … Black Soup with beef, salty boiled egg and soybean 1 day’s seeds. (Sop Item, dengan dagin, Telor Asin dan tauge mini).

    Ternyata “ajaib” juga ya tumbuhan yang satu ini …
    Banyak gunanya rupanya …

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    buat apaan telor asinnya? taoge mini nya abis om, pake tauge jumbo gpp ya ?

  27. dibuat sambel Mbak, di Ciamis, disebutnya sambel kelewek……buat sambel bakar ikan…mantep……pedo pisan….. :)

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    mau donk cobain :)

  28. di sekitar tempat tinggalku ada nggak ya pohon ini!

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ada, cuman muungkin gak tau :)

  29. Aku bosen dimasakin rawon melulu di madiun :P

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    makanya dibagi2

  30. aku tahunya cuma buat bikin brongkos aja….
    ternyata ada cerita di baliknya…

  31. Bagi cara I, adalah perlu diletak dalam tanah? atau diam dalam bilik sahaja? cara I juga boleh hasilkan kluwak yang sama dengan cara II? kenapa cara II perlu 40 hari? jika 20 hari akan jadi tak?

  32. Mau dong dikirimin kluwak.. :)

    kalo bahasa jatimnya “kluwek”

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    kan di pasar banyak ?

  33. Bagi cara I, adalah perlu diletak dalam tanah? atau diam dalam bilik sahaja? cara I juga boleh hasilkan kluwak yang sama dengan cara II? kenapa cara II perlu 40 hari? jika 20 hari akan jadi tak?

    pls reply me…..

  34. Catatan :

    1. Pengeringan kluwak dapat dijemur di bawah sinar matahari atau oven

    2. Perbandingan kluwak dan abu sekam 20 biji : 2 kg

    3. Proses pendiaman kluwak dalam abu sekam disebut pemeraman

    4. abu sekam dibuat dari …………..??

  35. Ping-balik: Rawon berembun - Tetes Embun dotORG

  36. haloo tantee, akhirnya virusmu ketular ke aku nih. Jadi laper nih bayangin ada swikee ayam, jangan pindang, opop ayam, plus sambel goreng ati (gak pake udang kan?), salam buwat om-om, tante-tante yg lain, embah kakung & uti.

  37. permisi..saya sudah baca blog anda tentang kluwak
    memangny kluwak harus dicampur dengan garam ya baru bisa jadi pengawet?

  38. kluwak sudah ada dalam daftar wonggrobogan.com kunjungilah http://humasgrobogan.com

  39. kebetulan aku lagi buat blog bertemakan buah yang satu ini sesuai pesanan, kalau ada yang mau pesan silahkan imel ke antomariette@yahoo.co.id. Buat tuan rumah aku minta ijin ambil gambar yahh….. makasih sebelumnya…

  40. dimana bisa mendpatkan tempurung kluak dlam skala banyak,,,,mohon infonya…..
    makasih

  41. dimana bisa mendpatkan tempurung kluak dlam skala banyak,,,,mohon infonya…..
    makasih

  42. Ping-balik: Nasi Pindang Kudus « Mbak Ginuk

  43. Ping-balik: Masak- Pindang Kudus « oliphoph™

  44. Ping-balik: Breadnut & Rawon Sustainability « learning together

  45. Tau gak yah, apa sih manfaat kluwak buat kesehatan?

  46. Katanya biji kluwak yang mentah it sangat beracun di bandingkan yg tua,, mengapa demikian? Jelaskan.. terus Masalah daunnya, apakah mesti daun muda di pakai atau semuanya sama, baik daun muda maupun daun tua, apakah tdk memiliki perbedaan seperti bijinya,?..trima kasih.. :)

  47. aku suka makan kluwak mentah tapi yg sudah hitam warnanya,enak dan gurih,biasanya aku makan pakai cabe rawit,enak koq.itu camilan kesukaanku.tp mslh beracun aku nggak tahu sih.selama ini aman2 saja .

  48. oo kluwak itu nama lainnya kepayang ya mba baru tau saya hehe,kalo kepayang saya tau krn didaerah asal saya sumatera selatan sering buat sayur dari buah kepayang

  49. aku nonton di TV kluwak mentah itu mengandung zat beracun, jadi mungkin sekarang lebih hati-hati lagi yah Bu Leoni

  50. So ,, Kalo Boleh tau kk !!??
    asal kluwek nih, dari mana ? yach :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s