kroket isi sosis ayam

Resep ini adalah variasi dari kroket isi telur dan daging asap. Cara pembuatan sama hanya berbeda pada isinya. Intinya sih kroket bisa diisi apa saja yang kita suka, asal perpaduan bumbu dan bahan lainnya pas, tetep enak di lidah.

Hal yang menjadi bahan pertimbangan saya mengganti isi kroket adalah ketersediaan bahan dan isi dompet :mrgreen:, rupanya daging asap yang kualitasnya bagus harganya mahal, dan agak sulit mencarinya. Harus ke supermarket baru dapat daging asap. Daripada gak jadi makan kroket, lebih baik saya buat eksperimen kroket dengan mengganti isinya dengan bahan yang mudah di dapat, beli di tukang sayur isnyaAllah ada semua 🙂

Bahan :

dadar : larutkan 2 sendok susu bubuk dalam air hangat, masukkan 1 butir telur, tambahkan air dan tepung, buat adonan agak encer. Adonan yang terlalu encer akan menghasilkan dadar yang tipis, terlalu pekat dadar akan tebal

cara membuat dadar :

panaskan wajan anti lengket dengan api sedang, ambil adonan daar 1 sendok sayur kecil, tuang da n ratakan membentuk lingkaran. Tunggu 10 detik atau sampai dadar dapat diangkat, hindari membuat dadar terlalu kering, akan pecah jika dilipat

isi :

potong dadu sosis (buang kulitnya) dan ayam (ambil bagian dada saja), aduk bersama bawang putih, kecap ikan, kecap asin, saus blackpepper, merica bubuk putih, diamkan 15 menit supaya bumbu meresap, tumis sebentar sampai ayam matang, angkat, sisihkan.

variasi isi : (daging sapi)

potong tipis melintang daging sapi tanpa lemak, rendam dalam campuran  kecap ikan, kecap asin, saus blackpepper, merica bubuk putih, daun seledri cincang, diamkan 15 menit supaya bumbu meresap. Rebus 2 telur ayam, potong tipis untuk campuran isi

variasi isi : (sayuran)

potong dadu wortel, jamur kancing, brokoli/kembang kol, bakso ikan/udang, tumis sebentar dengan bumbu bawang putih, merica bubuk, garam, saus tiram

cara membuat kroket :

ambil satu lembar dadar, tambahkan 1 sendok isi, lipat persegi, gulingkan dalam telur kocok, baluri tepung roti, goreng dengan sedikti minyak sampai kekuningan. Hindari menggoreng dengan deep frying yaitu merendam kroket dalam minyak banyak, kroket akan menyerap banyak minyak dan mengurangi rasa gurihnya. Sebaiknya gunakan pan fry (wajan datar) dengan sedikit minyak, mengingat proses menggoreng ini untuk mematangkan bagian luar saja. selamat mencoba ^^

dadar diisi satu per satu lalu dilipat segi empat

dadar diisi satu per satu lalu dilipat segi empat

teknik menggoreng pan friying

teknik menggoreng pan friying

Iklan

24 responses to “kroket isi sosis ayam

  1. pasti ini panci baru, seperti isteri saya juga lagi seneng praktik masak gara-gara beli panci ini, makasih, ni impo mau tak tunjukin isteri saya

  2. budies : hehe iya, ini happycall, ayo kita buat kreasi masakan sesuka hati, aman, praktis kok ^^

  3. wuenak e kethok ane, kapan2 harus dicoba nih…..variasi baru, biasanya buat menyiasati sayuran untuk dek azka, aku bikin tahu isi komplit, martabak sayur, dll..

    suwun resep nya ya, ijin praktek, heheheehe…..

  4. emake azka : iya mb coba aja mb, isinya bisa diganti udang/ikan/sayur, divariasi aja ^^.mengko aku melu ngincipi menu barumu, apalagi sebentar lg kita tetanggaan, walo sabtu minggu :mrgreen:
    cu2 : ajib donk, minta bikinin silvi gih :mrgreen:

  5. Ditunggu matengnya di kopdar Blogor y mba xp

  6. miftah : udah abis hihi
    pencerah : basi to mas hehe

  7. aku juga suka masak. ada beberapa menuku yg kuupload. tapi ya gitu deh, menu ala lelaki 😀
    jadi laper… untuk bukan hari senin/kamis mbacanya 😀

  8. enak? kayaknya yang bikin enak gara-gara pake saos tiram…plus sensasi sedikit gosong kena wajan frying… jadi laper…

  9. MT : emang kenapa mas klo senin-kamis?tergoda ya, hehe, gpp biar banyak pahalane ^^
    itkas : wuiiii bethul banget, laper? bikin aja ^^

  10. Waah.. masih rajin update blog ternyata.. 😀

  11. yummy..yumyyy…………….mau..mau.. mau dimakasin maksdnya.. hehe

  12. Yell kapan-kapan kirimin donk yang udah jadinya aja,

  13. jacko, mangkanya kalo ada pertemuan dateng, oke oke 😛

  14. aduh enak BGT, jd pengen nyoba, makasih ya infonya

  15. sejak kapan risoles ganti nama jadi kroket???? ngaco pisan. kroket tp ga pake kentang -______-“

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s