JAdul lagi

Emm masih ada hubungannya sama yang jadul-jadul. Alhamdulillah kemaren jam ngajar gak begitu padat, mumpung ada waktu buat sedikit refreshing, coba lihat ke toko buku diskonan cari materi atau ide tuk metode mengajar yang baru. Alhamdulillah dapet, tapi gak beli bukunya :mrgreen: Padahal di toko buku itu selain dapet diskon minimal 15% juga buku yang dibeli bisa ditukar dengan yang lain kalo ga cocok, tentunya dengan syarat2 khusus donk ๐Ÿ™‚

Setelah puas mbaca-mbaca gratis, pulanglah aku dengan naek kereta ekonomi jurusan citayam. Nah pas nunggu kereta yang agak kosong, itu ada seorang penjual arum manis (ada yang bilang juga rambut nenek). Walaupun banyak orang turun kereta tapi ndak ada yang beli, kasihan juga ya. Nah sebagai pemakai dan manusia produk jadul, aku tertarik untuk membelinya. Sayang gak dijual satuan, tapi dijual debungkus isi 5 dibungkus plastik.

arum-manis-stasiun1

nah, diantara arum manis itu ada semacam krupuk yang entah apa namanya, aku ga tau, yang jelas saat serabu-serabut gula dan krupuk itu menjelajah mulut, terasa sensasi luar biasa. Subhanallah, jadi inget waktu kecil dulu. Penjualnya udah kakek-kakek dan keliling berjalan kaki sambil menggesek biola. Suaranya melengking seperti memohon anak-anak supaya membeli arum manis. CAra membuat arum manis yang tanpa pewarna sangat mudah. Bahannya cuman gula aja. Waktu itu pernah ditayangkan di indosiar/trans TV lupa deh.

CAranya adalah gula direbus sampai jadi karamel, kemudian direntangkan sampai terbentuk serabut (bener ga sih bahasanya, direntangkan-halah, bahasa jawane diolo2-olor gitu deh :mrgreen: ). YA udah gitu aja, ga pake pengawet. cuman ndak tau tuh gula 5 kilo bisa jadi berapa kg serabut. SAat ini masih ada beberapa penjual yang memproduksi dan keliling di sekolah-sekolah. Keuntungan mereka bisa mensapai Rp 100.00,00 an perhari. Lumayan kan? itu juga tergantung sikon juga seh. Hayo sapa yang mau jadi penjual arum manis? jadi yang punya pabrik aja deh, aku pesen ya tapi ga pake pengawet dan pewarna, hehe. Cintai produk dalem negeri bos, ๐Ÿ™‚

Iklan

42 responses to “JAdul lagi

  1. gambarnya nyomot dari googling, hadow lupa ngasih url nya, padahal udah dilacak balik gak ketemu, maaf ya buat siapapun yang memiliki gambar tersebut ๐Ÿ˜ฆ

  2. kirain mo dapet pertamaaxx ๐Ÿ˜€

    tapi itu gambarnya kok warnanya menakutkan ya? hihihi…

  3. yang ada di stasiun ya mba..!! ๐Ÿ™‚
    oya.. GIP yang di depok juga lagi ada diskon buku, novel di jual sampe Rp. 7.000 loch mba..

    aduh.. rasa bersalah n menyesal masih ada ne mba.. karna waktu itu ga jadi ke IBF jadinya ga bisa beliin buku titipan mba yella.. maaf ya..!! ๐Ÿ˜ฆ

  4. arum manis? bukannya bikinnya pake alat yg berputar2 gitu, ya? dulu wkt kcl suka bgt tuh. slh satunya gara2 kbykn makan ini gigiku dulu berlubang. kl yg berkerupuk keknya lom prnh nyoba, deh.

    ah, jd ingat masa2 menyenangkan saat jd anak kecil.

    (^_^)v

    rp 100.00,00?? maksudnya?

  5. Owh, arum manis… *soo nostalgic ๐Ÿ˜€ *

    Hm, orang cenderungya mau yg jadi pemilik pabriknya, ya khan… ๐Ÿ˜†
    Btw ni arum manis saya cuman bisa ngeliat n ngedapetin kalo musim puter giling pabrik tebu deket daerah saya; bener-bener jadul, n jadul itu seringnya langka… ๐Ÿ™„

  6. hmmm arum manis?
    lebih manis mana ama senyumnya upin? ๐Ÿ˜€

  7. itu mah kalo ditempatku namanya rambut nini ๐Ÿ˜†

  8. jajanan itu mengingakan saya waktu kecil,mbak.
    saya suka sekali itu.

  9. krupuknya tanpa rasa, jadi memang pas sebagai teman harum manis, biasa ada di pasar malam, atau di pasar tradisional.
    kalau yang sekarang sering dijual tanpa krupuknya, jadi rasanya terlalu enak jadi sedikit eneg makannya, masih berasa nih di lidah, habis tadi malam baru beli, harganya lumayan mahal 4.000 perak, kemasannya juga udah kaya’ yang di film-film holiwud.

  10. enak tyuh ๐Ÿ™‚
    kedoyanan akyu ๐Ÿ™‚

  11. Enak sih jajanannya, tapi kadang saya suka merasa ngeri sendiri… Mbayangin bahan penyusunnya :mrgreen:

    Sehat ndak ya?

  12. owwwwww kangennya sama tuh makanan…. hiks nitip dunk…. susahhhhhh nyarinya…

  13. @ jiban : menakutkan gimana?
    @ layang-layang : GIP tu opo? :mrgreen:
    @ farijs : maksudnya Rp 100.000,00
    @ hyo-san : mau downgs kirim ke citayam ๐Ÿ™‚
    @ nAsruni : manis senyum saya deh ๐Ÿ˜†
    @ menik : podo wae bun, rambut nenek :mrgreen:
    @ Rizoa : maaf Rp 100.000,00 mas
    @ langitjiwa : berarti kita kecilnya bareng donk mas :mrgreen:
    @ pengendara : wah itu beda mas, itu pake pewarna :mrgreen:
    @ wempi : apanya yang enak?gambarnyakah?
    @ iman: wah kita bisa bareng downg ngemilnya hehe
    @ nonadita : cari harum manis yang tanpa pewarna, biasanya berwarna coklat muda keemasan, met hunting ya ๐Ÿ™‚
    @ alil abdul : sip deh, tinggal transfer aja mas, nanti barang dikirim ๐Ÿ˜†

  14. beuu aku suka tuhhh..di depan kantor masih ada yang jualan si ๐Ÿ˜›

  15. @ yessymuchtar : whaaa kantornya mana tuh bu ?

  16. Harum manis … !!!

    Yang khas itu … alat untuk mengambilnya Yell ..

    Yaitu Garpu yang dua kaki tengahnya di patahin …
    Masih ingat … ?

  17. Yang pingin keliling indonesia bisa kunjungi site aku di http://www.lintasalam.com

  18. Ass…
    Sorry nih klu dikit kritik.
    Menurut saya gambar yg diposting tuh bukan gambar ARUM MANIS tetapi ARBANAT (sebutan di daerah Surabaya).

    Kedua makanan tersebut berbahan dasar sama yakni gula asli. Tapi yang membedakan cara membuat dan menyajikan.

    Arum Manis
    Bhs Inggrisnya disebut cotton candy.
    Cara bikinnya:
    gula dicampur am pewarna trus dimasukkan dan dipanaskan ke alat yang berputar tinggi. Trus, pecahan gula yg berbentuk serabut ditangkap menggunakan batang lidi atau bambu.

    Klu yang digambar itu Arbanat.
    Dibuat dengan cara memanaskan gula sampai kayak gulali trus didinginkan sambil ditarik tarik kayak org menjambak gtu dengan menggunakan tepung terigu biar nggak lengket. Teksturnya pun nggak selembut arum manis. Penjualnya pun khas, yakni membawa kecapi gtu.

    Sorry klu mengkritik, tapi bukankah kesalahan harus diluruskan???

    Wass….
    Arek Surabaya

  19. tlg konf no tlp produsennya donk, apa bikin arum manis bisa pake mesin, mesin apa?

  20. Arum Manis makanan favourit saya dari kecil sampai segede ini yah tetap aja kalo ada yang jual arum manis pasti beli….memang nikmat…

    cuman 5 ribu di stasiun..makasih dah komen ya

  21. saya punya mesin harum manis tapi dijalankan dengan listrik jadi ga perlu diputer kaki, sekaranng juga saya jualan itu, saya beri gambaran , siapa ada yg tertarik dengan usaha ini, dari 1 kg gula putih ( hanya gula putih n pewrna pasta kue) bisa menghasilkan 35 kantung harm manis, dengan harga jual Rp.5000,-/ kantung, sehari mampu bikin 5 kg gula, bisa anda hitung sendiri berpa labanya, yang berminat dengan mesin ini biasa hubungi saya di 081312887749.

  22. ada ga yg jual alat pembuat arum manis yg tradisional………
    lo ada brp duit nech,,,,,?
    kirim email aja ke
    j.mi23@yahoo.co.id

  23. EMANG BUKA HARGANYA BERAPA? KALO SAYA PUNYA BUDGET NGGA LEBIH DARI 500RB. TLG KABARI YA. THX B4

  24. Tolong dong, dimana saya bisa beli alat yang tradisional saja, maksudnya alat pembuat “harum manis” tetapi yang cukup diputar dengan tangan saja.

  25. yang disampaikan den iroel itu, betol-betol-betol.

  26. Oh, iya aku ingat kalau ARUM MANIS itu di surabaya di nmakan juga HOROK-HOROK, mungkin karena binyi putaran mesinnya.

  27. @ iroel dan bang tri : iya betol, wah saya tambah banyak wawasan neh, thx ya

  28. info mesin arum manis hubungi saya udin 085647489806

  29. tolong beri no hp produsennya.
    saya mau nyoba bikin arum manis yang diputer.

  30. …..BERBAGI INFO TNTANG ORDER ARBANAT/RAMBUT NENEK DAN ARUM MANIS….
    …hubungi Dina / 085785542221 untuk memesan,,
    ..harga mulai Rp 7.000,- minimal order 5 pcs untuk daerah luar kota malang.

  31. warnanya serem, apa mengandung pewarna pakaian alias wantex?

  32. untuk agan2 yang tinggal di cirebon, brebes, tegal dan sekitarnya boleh pesan arbanat/arumanis persis gambar. hanya 4.000 perak per pak isi 10 tangkep/bks, atau 20.000 / bal isi 5 pak. atau 1 ikat isi 5 bal. minimal pemesanan 5 ikat/ Rp 500rb. Hub. UD.Tiga Dara di xl 0877 3020 7102, telkomsel 0852 9394 2274, indosat 0857 8699 6877 . Harga belum termasuk ongkos kirim. .

  33. yang saya thu membuat arbanat ada campuran tepung tepung kanji/tapioka. Ini kok cuman gula aja.

    • tepungnya digongso dulu pak biar matang n ngeluarin minyak, pemakaian tepung hanya untuk proses sewaktu pembentukan agar serat2 yg tercipta tidak saling menyatu, yakni pada saat caramel gula agak dingin maka gula dipindahkan ketempat atau meja yg sdh ditaburi tepung, serta terus menerus tepung ditaburkan pada adonan arbanat pada proses penarikan, klu tdk pake tepung adonan akan menyatu dan tidak terjadi serat2 rambut

  34. Sy jual arum manis arbanat.
    1 kilo kemasan plastik Rp 55.000.

    Sedia krupuknya juga.

    Bila berminat,
    Hubungi candramiranti@gmail.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s