Ramadhan yang Menggetarkan

Tak Terasa sang waktu membawaku pada sebuah perjalanan yang terasa amat singkat. Hampir satu tahun berlalu Ramadhan kemarin. Dan sekarang, tinggal menunggu hari Ramadhan ada di depan pintu. Ya Allah, aku selalu menunggu Ramdahan itu. Mudah-mudahan aku siap dengan segala pelajaran yang Kau berikan. Rasanya baru kemarin aku kelelahan menunggu kakakku terbaring di Rumah sakit karena harus melahirkan sesar.

Tahun lalu hari-hariku di penghujung Ramadhan disibukkan oleh kelahiran bayi mungil. Maka si jabang bayi diberi nama Alfath Ramadhan (penakluk Ramadhan) dengan tambahan nama depan Muhammad Qutz. Lengkapnya Muhammad Qutz Alfath Ramadhan. Semoga menjadi anak sholeh dan memberi angin perubahan pada negeri ini :).

Kelahiran Alfath tepat 5 hari menjelang Idul fitri. Kala itu ketuban sudah pecah dan si jabang bayi belom mau keluar. Kalaupun ditunggu keluar masih 1 hari lagi dengan resiko jantung melemah dan daya tahan tubuh menurun. Dengan pertimbangan kesehatan si anak, terjadi kesepakatan antara dokter dengan pihak keluargaku untuk di sesar saja. Berhubung di rumah bersalin tersebut tidak memiliki peralatan memadai, maka dipindah ke rumah sakit yang lebih besar. Jam 00.30 masuk dan jam 1.05 WIB si Adek udah keluar dengan selamat dan sehat. Alhamdulillah. Aku sempat melihat bayi kemerahan itu 5 menit kemudian. Lucunya. Aku tersenyum pada dokter yang membantu operasinya sebagai tanda terima kasih. Kulihat dokter itu kelelahan. Letih yang berkepanjangan. Mungkin beliau sudah kelelahan sebelumnya. Lagi pula waktu itu memang seharusnya sudah ambil cuti lebaran. Aku begitu terharu dengan pengabdian beliau.

Sekitar jm 2 dini hari, aku dan mama, pulang ke rumah sodara yang hanya 10 menit dari RS. Kakakku ditunggu suami dan seorang temannya. Sehabis shubuh kulanjut tidur sebentar. Tiba-tiba mama membangunkanku untuk segera pulang. Kulihat jam dinding pukul 06.30. Rencananya kakakku akan dipindah ke Rumah Bersalin pukul 08.00. Jadi aku punya waktu 1,5 untuk perjalanan ke rumah, mandi, dan balik ke RS untuk mengurus administrasinya. Ngeri juga naek angkot sambil membawa uang sebanyak itu. Sepanjang perjalanan aku berdoa tak henti-henti supaya Allah melindungiku dijauhkan dari orang jahat. Alhamdulillah sampe juga di RS.

Setelah menuju ke ruangan operasi, aku segera membereskan barang-barang bawaan, sementara kakakku dimasukkan dlam ambulance. Kakak iparku dan temannya naik sepeda motor, sedangkan aku menemani kakak dan Adek bayi di ambulance. Itulah moment paling membekas di ingatanku. Itulah untuk pertama kalinya aku naek mobil ambulance dengan orang habis melahirkan di dalamnya. Aku sangat merasakan aura di ambulance itu begitu mencekam. Aku merasakan hawa yang aneh. Sepertinya di situ merupakan saksi bisu orang2 yang sedang kritis, baik mau menjemput ajal atau lolos dari ajal. Kulihat Kakakku berusaha memberikan senyum di sela rasa lelahnya. Sepertinya dia baru saja lolos dari ajal untuk kedua kalinya. Beginikah suasana sehabis melahirkan? Tubuhnya masih tertutup rapat dengan jilbab. Subhanallah, aku kagum padanya. Masih bisa menjaga aurat di saat kritis. Bisakah aku?

Dua hari berikutnya menjadi hari yang melelahkan. Malam hari tidur jam 2. Lalu bangun jam 4 kurang untuk sahur. Tidur lagi jm 10-12 siang. Selama 2 hari kakakku gak boleh bangun dari tempat tidur. Kakakku harus dijagain kalau-kalau perlu minum atau laper aku yang suapin. Lagian aku yang paling muda. Jadi malam-malam harus melek.

Dari umur sehari bayi itu udah deket sama aku. Jadi berasa anak sendiri. Bahkan kakakku belom sempat gendong, udah aku gendong dari kamar bayi ke kamar perawatan kakakku. Malah kadang-kadang si adek nganggep aku ini ibunya. Sekarang bayi merah itu berumur 10 bulan. Udah bisa kemana2, ngacak-ngacak setrikaan, Udah bisa ngomong ican…ican,,, yang artinya ikan, Eta = kereta, kalo laper ato haus bilang emam. Makannya pun gampang. Apa aja doyan kecuali kue bolu. Nangis kalo minta makan, minum ato pipis. Semoga kamu menjadi anak sholeh ya. Negeri ini butuh generasi pembaharu, yang bersih, melayani dan profesional.

Iklan

42 responses to “Ramadhan yang Menggetarkan

  1. Yah..kirain anak-nya mbak Yella….

    Rupanya Amah-nya tho ?
    he..he..

    Kapan menyusul, nih…
    Biar PUtri jadi Amah juga..he..he…

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iya ini amah, Alfath udah bis apanggil amah lho, minta mam,, :), semoga cepat menyusul ya Put, abis lebaran Put,,:)

  2. wah balitanya lucu2 … gemes ingin nyubit .. hehehehe

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    wew jangan dicubit, kasihan, dicium aja ya> salam kenal, thx dh mampir, πŸ™‚

  3. Hoho…
    Foto kedua dari bawah, akhwat di depan mobil itu… Itu ibunyakah? :mrgreen:

    Btw…

    …Lengkapnya Muhammad Qutz Alfath Ramadhan…

    Qutz?
    Atau… Qudz?
    Atau bisa jadi maksudnya Quds? Al-Quds gitu ❓

    Ehm, namanya mengandung potongan namaku, hehe… πŸ˜€
    *mode_bangga=On*

    Beberapa hari lagi…
    Semoga umurku kita nyampe ke sana 😐

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    hualah, itu ibunya anak lain yang anaknya belom lahir, :mrgeren:
    Qutz = panglima perang di sebuah pertempuran melawan orang-orang yahudi (lupa nama perangnya)
    nama yang mana neh?
    Muhammad?
    jadi nama mas Muhammad Fathoni?
    πŸ˜€
    mohon maaf lahir bathin, maafkan segala kesalahan saya,,

  4. anak nya lucu banget gemesin banget liatnya πŸ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iya nih, apalagi kalo ketemu langsung, tambah gemez deh, anaknya seneng kalo ketemu orang baru :), thx dh mampir

  5. hwehe. boleh aku culik ga tuh, teh?

    (^_^)v

    duh, enaknya yg udah amah-amah. kpn aku jadi ami-ami? yah, derita anak sulung. buhuhu…

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    udah amah-amah, ponakan udah 3 euy, mau empat,,hehe, jangan diculik tho, dia pastinya gak mau sama farijs,,lagian gak ada duanya

  6. pas ketawa lucu banget tuh anaknya πŸ™‚
    btw, jadi kebayang penderitaan dan sakitnya melahirkan. Jasa ibu memang tiada tara ya

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sakit-kit-kit bgt, tapi begitu melihat si jabang bayi sehat, rasa sakit itu hilang entah kemana πŸ™‚

  7. lutu..lutu..lutu..lutu……

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    lutu buanget dech πŸ™‚ thx dh mampir mas indra

  8. Ramadan yg menggetarkan. Ramadan yg penuh rahmat.

    pak suhadi guru ipa
    hobi menulìs dan memberi wakaf
    oleh karena mau puasa
    sudilah mbak yella memberi maaf

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    alhamdulillah saya punya banyak maaf untuk Pak Suhadi, eh Pak Zul deng, sama2 pak, mohon maaf lahir batin ya

  9. alhamdulillah, semoga perjuangan bundanya Alfath tidak sia sia..

    selamat menjalankan ibadah bulan puasa.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    amin, semoga ya mbak, sama-sama mbak, mohon maaf lahir bathin ya πŸ™‚

  10. pengen cium alfath :kiss:

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    cium?
    sini dong ga berasa cium dari jauhhh :mrgreen:

  11. Titip salam untuk Mbak dan Masmu πŸ™‚

    Melahirkan itu merupakan pengalaman yang luar biasa untuk seorang wanita.Maka hendaknya, kita menghormati dan tidak menyakiti ibu yang melahirkan kita ke dunia πŸ™‚

    Jangan pernah membuat ibumu menangis…

    karena hanya dengan satu titik air mata saja, maka mungkin satu langkah kita ke surga akan berkurang 😐

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    nggih bun, ga nitip salam tempel juga? atawa cungkring? :mrgreen:
    iya bun makasih diingetin
    cuman ko rada aneh ya?
    *bunda serius, tumben, semoga kaya gini terus ya?

  12. Pengen punya dede cowok 😦

    Kaka juga pengennya gitu 😦

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    kan udah ada PAk J…… tinggal mesen yg cowok :mrgreen:

  13. oh manisnya
    jadi cepat cepat pengen punya anak

    bisa jadi bapak.. yg sebenarnya

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    manis mana sama aku?
    kan udah jadi bapak, tuh anak-anaknya pad abandel, nyontek mulu, sering mbolos, kalo diterangin ngobrol sendiri :mrgreen:

  14. Gyaa… lucunya… ^_^
    Belum pernah ngikutin prosesi melahirkan. Kalo jadi sih, insyaallah 3-4 bulan lagi baru ngikut jadi “bulik”… mwehehe… ^^

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    wew, calon amah juga ya, ponakan ku udah hampir 4 je, semoga jadi amah yang baik ya,,sekalian latihan mendidik anak πŸ™‚

  15. selamat bulan ramadhan mbak yella….

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama2 mas, semoga kita mendapat Ridho-Nya πŸ™‚

  16. Menunggu postingan Yella mengenai anak sendiri.. hihihi
    Met puasa ya Mbak Yella…

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    hihihi, doanya ya mbak, semoga cepet dapet jodoh dapet momongan πŸ™‚
    meohon maaf lahir bathin mba chic,,

  17. Mohon maaf lahir bathin ya jeng πŸ™‚

    Gue sering sale-sale kate ma dirimu πŸ™‚

    *cipika cipiki*

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama2 bun. keknya gw sering maen n gangguin bunda bobok siang :mrgreen:
    ngabisin makanan, bekasin tempat tidur, ngabisin jajan di meja, gangguin kaka :mrgreen:
    mohon maaf lahir bathin πŸ™‚

  18. bayinya lucu-lucu mbak..
    duh jadi pengen cubit pipinya..!!
    boleh ga??
    cubit dikit ahh..
    hihihihi πŸ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    wew,,jangaaaaaaaan dicubit, nanti dia marah, aku yg repot :mrgreen:
    thx ya dh mampir Fal, me puasa ya πŸ™‚

  19. Jadi pingin buru-buru punya anak nih, hehehehehe

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    bikin donk,,hehehe πŸ™‚

  20. Habis lebaran ?
    Benarkah ?

    Wow…
    Sip…tak tunggu undangannya… πŸ˜†

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iya, doanya aja ya, πŸ™‚

  21. lucu bayinya. nggemesin

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iya, saya aja kangen terus,,,thx ya dh mampir, lam knl

  22. wah..met menyambut ramadhan yak πŸ˜‰

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iyak, samak2, maaf lahir bathin ya,,

  23. wah hebat udah punya 4ponakan.. ismi 1 aja blom.. masih nunggu *lirik teteh, tapi langsung ditoyor*
    met puasa ya yella.. maapin smua ksalahan ismi y.. ^_^

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    selamat menunggu jadi tatnte ya,,met puasa juga ya, maaf ya kalo banyak salah πŸ™‚

  24. ehm… senangnya ramadhan dpt hadiah ponakan dari ALLAH πŸ™‚ Alhamdulillah, semoga menjadi anak yang sholeh ya mbak, *berdoa*

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    amin, makasih ya mbak Rindu, thx dh mampir, met puasa yach πŸ™‚

  25. Salam, maaf dah lama ga mampir mbak…

    Marhaban ya ramadhan… Alhamd kita masih bisa dipertemukan kembali dengan Ramadhan….
    Sebelumnya saya juga minta maaf kalo ada kesalahan selama ini.. Semoga silaturrahim ini terus terjaga.. amiin

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    gak papa, maklum orang sibuk kan? πŸ™‚ alhamdulillah masih bisa silaturahim disela kesibukan, saya juga mohon maaf atas segala koment yang gak penting dan mgk menyakitkan hati, met puasa ya, πŸ™‚

  26. lucu-lucu ya….
    btw minal aidzin wal faizin ya….
    selamat menunaikan ibadah puasa
    keep united n semangat
    bravo blogor

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama-sama kang. maafkan saya kalo banyak kesalahan, semoga kita mendapat Ridho-Nya, amin
    semangat blogor πŸ™‚

  27. semangat ramadhan ya……
    keep smile…walaupun cobaan melanda…..

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    always smile pokoke πŸ™‚

  28. mohon maaf ya mbak…
    bila ada kesalahan yang di sengaja maupun tak di sengaja…….
    peace….

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama-sama, semoga kita mendapat Ridho-Nya πŸ™‚

  29. hmm,
    yang paling menenangkan emang liat anak kecil deh, apalagi klo natap matanya… bening banget,
    hidup jadi seperti kesirem air es se baskom, adem banget…
    dan dari tatapan merekalah, kita bisa yakin suatu saat semua akan baik-baik saja,
    candu ditengah hiruk pikuk kehidupan…

    hmm… πŸ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iya, bener mas, liat anak kecil rasanya semua beban hidup ilang, masalah pun terasa ringan, thx ya dh mampir πŸ™‚ lam kenal mas Rahmad

  30. mhn maaf lhr dan bathin,mbak yella
    dgn dtgnya bulan ramadahan ini
    dan salam selalu buat Alfath Ramadhan

    salamku

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    salam balik mas langit, sama-sama mas, maafkan saya juga ya

  31. Bagus banget tulisannya….. saya ngucapin selamat menunaikan ibadah puasa..

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    makasih mas satria apresiasinya atas tulisan saya, lam kenal mas, thx dh mampir

  32. Kami sekeluarga di Batam mengucapkan Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Ramadhan 1429 H. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    gak salah copas lagi pak? :mrgreen:
    sama-sama pak Rafki, semoga kita mendapat Ridho-Nya

  33. cerita yang mengharukan… hebat.. hebat….
    ngomong-ngomong soal aura aneh, jadi inget pengalaman pertamaku naik mobil jenazah, yang didalamnya ada jenazah kakak sepupuku …

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    makasih Ji, weh sama-sama pengalaman pertama ya?
    met puasa ya Ji πŸ™‚

  34. nice flow critanya mbak yella…
    cute, the baby… luchu ya, pengen cubit sedikit boleh ga? πŸ˜›

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    weh ada tamu baru dateng neh, jauh-jauh dah sampe ke sini πŸ˜€
    ga boleh dicubiiiiiiiiiiiiit, nti nangisss πŸ‘Ώ
    bolehnya dicium aja,,okeh? πŸ˜€

  35. Selamat menunaikan ibadah shaum Ramadhan
    Selamat menikmati kesejukan bulan emenangan
    Mohon maaf lahir dan bathin πŸ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama-sama, semoga kita mendapat Ridho-Nya πŸ™‚

  36. Marhaban Ya Ramadhan…
    Salam Kenal ya Miss. Yella………

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    makasih dah mampir miss Indah :D, semoga kita mendapat Ridho-Nya, salam enal juga, sering2 ke sini ya?

  37. @ huang : lucu banget kalo liat aslinya, sekarang dah banyak omong, cerewet πŸ˜†

  38. Gak apa-apa, biar ntar sesuai dengan harapan ortunya.. bisa bertanggungjawab dan bocah tangguh :p~~

    amin, makasih doanya πŸ™‚

  39. Ping-balik: Saung Bunda » Hari ini di Citayam

  40. assalamualaikum
    salam kenal ya, searching alfath ramadhan eh nyasar kesini, kebetulan nama anakku al-fath khadijah salsabiila ramadhan, lahir 1 ramadhan 1428H / 13sept 2007, semoga bisa menjalin silaturrahim ya.
    wassalamualaikum.

  41. waalaykumsalam wr wb mb ela, makasih dh berkunjung. sering main y mbak

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s