Category Archives: motivasi

membuat impian jadi kenyataan

Baca lebih lanjut

Iklan

menunggu dengan senang hati

Baca lebih lanjut

Kerja untuk apa?

Baca lebih lanjut

“Kenapa sAya jadi Guru…”

Baca lebih lanjut

15 Ciri Pria Berbakat Kaya (versi kompas.com)

Baca lebih lanjut

bisnis=menunda kesenangan

Baca lebih lanjut

Kerja Kantoran Bunuh Anda Pelan-Pelan?

Kerja Kantoran Bunuh Anda Pelan-Pelan? Baca lebih lanjut

Etika mengetuk pintu

Baca lebih lanjut

Indonesia masih ada

Baca lebih lanjut

Greenleaf entrepreneur school

Baca lebih lanjut

Terima kasih dan maaf

Betapa berharganya ucapan terima kasih dan maaf. Terkadang kita menganggap sepele ucapan terima kasih dan maaf. Padahal dengan ucapan tersebut seseorang merasa dihargai. Ucapan terima kasih layak kita berikan untuk orang-orang yang telah membantu dan berarti untuk hidup kita. Saya memiliki seorang teman yang selalu mengucapkan terima kasih di setiap akhir smsnya. Memang hanya beberapa huruf, namun efeknya sangat luar biasa. Baca lebih lanjut

Nasihat Safir Senduk

Rabu malam lalu tanggal 28 Mei 2008, Jakk tv menyajikan sebuah program menarik yang membuka wawasan saya, dan tentu saya tidak sabar membaginya dengan pembaca walaupun,,,,agak telat, namun saya yakin informasi ini sedikit berguna,,walaupun juga menimbulkan kontroversi,,ah itu si biasa 🙂

Baca lebih lanjut

Hipnosis

Setelah melakukan survei melalui postingan es jeruk dan pemandangan ternyata ada 27 orang yang ngiler sampe kotos-kotos liat es jeruknya,,,padahal ya cuman gambar tok. Mengapa hanya karena sebuah gambar kita bisa merasakan seolah-olah kita melihat es jeruk sungguhan? Apa yang sebenarnya terjadi dalam tubuh kita?. Percaya atau tidak kehidupan kita dikendalikan oleh sebuah organ yang beratnya kira-kira 1 kg, yaitu otak. Baca lebih lanjut

antara nama dan tes kepribadian

Aneh juga mau posting kaya gini,,Emang ada gitu hubungan antara hasil tes kepribadian dan nama? ya kalo dihubung-hubungkan si ada. Gini loh ceritanya diriku iseng nyoba test personality Online. Ndak tau juga sih tingkat validitasnya. Lumayanlah buat iseng, ini dia hasilnya,, Baca lebih lanjut

4 tipe manusia

1. Tahu-tahu

Jenis tipe orang yang sedikit arogan, dia tahu kalau dirinya tahu akan kelebihan dan potensi diri, agaksedikit narsis juga. Tapi di balik sikapnya yang sedikit arogan, dia tahu bagaimana memanfaatkan potensi dirinya sehingga dapat membawanya ke puncak karir Baca lebih lanjut

menjadi bijak

Emmm,,melihat judul postingan di atas, rasa-rasanya terasa berat dan hanya segelintir orang yang bisa melakukannnya. Benarkah demikian? Benarkah semua kesulitan yang datang itu tanda bahaya? Baca lebih lanjut

Sukses presentasi

Mungkin sebagian dari kita tidak menyukai presentasi. Apa boleh buat, suka atau tidak suka suatu saat kita akan melakukan presentasi. Presentasi bertujuan untuk mengumumkan sesuatu kepada publik tentang suatu proyek atau gagasan. Kalau diingat-ingat, sejak sekolah kita sudah kenal yang namanya presentasi. Ingat gak kalau guru memberikan tugas kelompok lalu diminta untuk memaparkan hasil kelompok masing-masing. Grogi saat presentasi? Wajar. Orang yang berpengalaman pun seringkali grogi saat mulai presentasi. Bedanya, orang yang sudah sering presentasi memiliki lebih banyak cara untuk mengatasi rasa grogi. Banyak cara dilakukan agar presentasi anda sukses. Berikut saya sajikan tips sukses presentasi yang dapat dipakai untuk pelbagai jenis presentasi seperti ujian skripsi, presentasi bisnis, presentasi siswa di depan kelas, presentasi seorang guru atau dosen dalam mengajar, presentasi ke calon mertua (hehe,,,kali aja ada yang mau nikah), dll. Silakan anda menyimak paparan ini, semoga bermanfaat.

1. Latihan presentasi sebanyak mungkin

Sediakan waktu dan energi untuk persiapan dan latihan, khususnya pembukaan presentasi karena inilah yang menentukan sukses tidaknya presensi. Biasanya rasa grogi muncul pada awal presenttasi. Kita dapat mengurangi rasa grogi sebanyak 75% dengan cara melakukan banyak latihan presentasi. Mula-mula lakukan sendiri di depan cermin, jika sudah lancar cobalah kumpulkan anggota keluarga atau teman minimal 3-5 orang. Lakukan presentasi seperti presentasi sungguhan. Lakukan dengan percaya diri seolah anda berada di depan banyak orang. Setelah itu mintalah evaluasi dari mereka.

2. menaklukkan rasa grogi

tarik nafas dalam-dalam dan tahan selama 4-5 detik. Keluarkan dengan hembusan perlahan dan terkontrol. Lakukan 3-4 kali dengan langkah yang sama. (awas ya jangan dikeluarin lewat bawah, kasihan kan nanti ada yang keracunan? Hehe J)

3. mulai dari sisi kiri

mendekati bagian depan ruangan adalah hal penting. Setiap mata yang ada di ruangan akan tertuju hanya pada kita. Setiap orang mengawasi, membangun opini, menciptakan asumsi, dan mencari cara untuk membenarkan persepsi atau pemahaman awal. Masukilah ruangan dari sisi kiri. Presentasi yang dilakukan pada sisi kiri mengakibatkan mata dan kepala bergerak ke sisi kiri. Apa yang terjadi? Gerak mata ke kiri akan merangsang otak belahan kanan – bersifat tidak menghakimi- untuk bekerja. Dengan tidak aktifnya kemampuan analisis belahan kiri untuk sementara waktu, peserta presentasi akan lebih bersikap terbuka dan menerima.

4. berkonsentrasi terhadap materi bukan rasa grogi

kendalikan suara negatif di benak kita, jejali pikiran dengan afirmasi-afirmasi (perkataan yang diulang-ulang) positif yang dapat memberikan kekuatan dan keyakinan.

5. percakapan lewat mata

presentasi memliki kesamaan dengan hubungan manusia. Orang akan merasa senang bila seakan-akan kita berbicara hanya kepada mereka. Saat presentasi, lakukan kontak mata dengan satu orang peserta selama 3-5 detik, kemudian lihat wajah yang lain dan sepasang mata lain. Tataplah mata mereka. Dengan cara ini menunjukkan kesiapan dan antusias kita terhadap peserta. Seorang pembicara yang menatap jauh melampaui kepala peserta mengisyaratkan ketidaksiapan dan atau sikap mementingkan diri sendiri. Libatkan peserta dengan kontak mata, hal ini menimbulkan rasa percaya diri kita dan sikap penerimaan mereka.

Demikian tips yang bisa saya sajikan, masih banyak cara-cara mensukseskan presentasi. Cobalah resep di atas, semoga dapat mengatasi kesulitan saat presentasi. Selamat mencoba

Belajar dari tukang gorden keliling

Hari ini saya mendapat hikmah dari seorang tukang gorden yang hidupnya pas-pasan. Buat makan aja kadang ada, kadang harus ngutang. Satu hal yang membuat saya kagum adalah misi hidupnya. Dia bukan tukang gorden biasa. Walaupun hidup di kampung, pemikirannya sangat maju. Menurut saya ini juga pahlawan tanpa tanda jasa.

Namanya Pak Ayi Rohaman. Pekerjaan sehari-hari menjajakan gorden keliling yang cuma laku 1 kali dalam seminggu. Setiap pagi sebelum keliling, Pak Ayi menyempatkan membaca. Menurutnya kita harus rajin membaca supaya ilmu bertambah sehingga kalau memberikan pendapat tidak sekenanya. Dengan menjajakan berkeliling Pak Ayi dapat bertemu dengan orang-orang baru, memperoleh banyak kenalan, melihat banyak hal yang bisa menginspirasinya berbuat sesuatu. Suatu hari saat berkeliling, Pak Ayi melihat seorang anak kecil merengek minta dibelikan buku, namun orang tuanya tidak sanggup membelikan.

Nurani Pak Ayi tergugah. Beliau pulang ke rumah dan memikirkan sesuatu. Tercetuslah ide untuk membuat perpustakaan. Berbekal niat, keuntungan menjual gorden digunakan membeli buku. Terbayang bagaimana sulitnya hidup Pak Ayi. Dengan tekad kuat Pak Ayi mendirikan perpustakaan di teras rumah dengan 75 buku. Pak ayi juga menyediakan makanan kecil untuk menarik minat anak-anak.

Perpustakaannya berkembang menjadi tempat belajar membaca, mengerjakan PR, tempat menimba ilmu. Pernah suatu kali seorang anak kebingungan mencari buku untuk mengerjakan tugas sekolah. Ternyata tidak ada di perpustakaan. Pak Ayi segera pergi ke pasar membeli buku yang dimaksud. Melihat cerahnya anak tadi, hati Pak Ayi sangat senang.

Setahun kemudian perpustakaannya dinobatkan sebagai perpustakaan terbaik se-Bandung. PAk ayi menerima hadiah buku-buku bekas dari bupati. Pak Ayi juga diundang ke kampus-kampus untuk menceritakan pengalamnnya mengelola perpustakaan. Walaupun miskin, bukan berarti egois memikirkan diri sendiri. Pak Ayi justru memikirkan orang lain daripada dirinya sendiri. Pak Ayi bermimpi besar seandainya jadi tukang gorden sukses, beliau ingin mendirikan perpustakaan. Gambar sketsa bangunannya telah dibuat sejak lama pada selembar karton.

Sebuah yayasan mewujudkan mimpi Pak Ayi. Kini perpustakaannya dikunjungi 150-230 orang setiap hari, dari anak-anak SD, SMP, SMA, dan masyarakat biasa. Gedung perpustakaan juga digunakan untuk kegiatan lain seperti pengajian rutin, kursus komputer dan bahasa inggris gratis, dan latihan angklung.

Membaca cerita di atas, saya merasa belum melakukan apa-apa yang bermanfaat untuk orang banyak. Saya coba menuangkan ilmu dan pengalaman yang saya miliki di blog ini sesuai kapasitas saya, semoga saja bermanfaat.

Pria dibalik kesuksesan microsoft

nyeprot.jpgbill1.jpgdepan-rumah-bg.jpgwagu.jpgwanted.jpgnelpon.jpgbg.jpg

Bill Gates lahir 28 Oktober 1955, di Seattle, AS. Nama aslinya William Gates III, anak terakhir dari dua bersaudara. Bakat kompetitifnya terlihat sejak kecil. Bill melahap habis koleksi ensiklopedi dari A – Z ketika berusia 8 tahun. Baginya hidup adalah perlombaan, dari permainan sepele, PR sekolah, hobi hingga pekerjaan. Ambisinya besar untuk menjadi nomor satu membawa Bill jauh mendahului rekan seangkatannya. Pada usia 11 tahun, Bill yang sudah sangat menguasai matematika dan sains masuk ke sekolah swasta bergengsi khusus pria di Lakeside. Sekolah ini dapat menampung semua kebutuhan belajar Bill, siswa-siswanya diberi keleluasaan dan fasilitas yang jauh di luar batas aturan resmi sekolah. Siswa-siswa yang luar biasa memperoleh perhatian khusus, dukungan dan semangat.

Karir Bill Gates

Karir Bill dimulai saat dia bersekolah di Lakeside, tahun 1968. Sekolah Lakeside membeli sebuah mesin teletype semacam mesin ketik yang menghubungkan pemakai di Lakeside dengan sebuah minikomputer PDP-10 milik General Elektrik di tempat lain. Si pemakai mengetikkan perintahnya, menunggu sebentar lalu mesin teletype mengetikkan jawaban yang diberikan PDP-10.

Bersama Paul Allen, Kent Evants dan Richard Weiland, Bill membentuk Lakeside Progremmers Group untuk mencari peluang bisnis di bidang komputer (keempat orang ini sedang sekolah kelas 2 SMP dan 1 SMU).

Bill dkk disewa oleh Computer Center Corporation (C-Cubes) untuk mencari kelemahan-kelemahan program mereka. Imbalannya mereka dapat menggunakan sistem computer secara cuma-cuma pada akhir minggu atau malam hari.

Bill dan Allen semasa SMU mendirikan perusahaan sendiri, Traf-O-data, proyek pertama adalah menyusun program komputer untuk memperkirakan kepadatan lalu lintas. Berikutnya TRW,sebuah perusahaan bidang pertahanan menyewa Bill dan Allen untuk melacak berbagai penyakit dalam sistem komputer mereka. Dari sinilah Bill mulai merasakan enaknya dapat duit.

Bill kuliah di S1 hukum Harvard University sambil meracang program permainan baseball. Kemudian Bill dan Allen menawarkan program BASIC pada pembuat Altair 8080, Ed Robert. Program ini dapat bekerja pada chip yang mereka gunakan yaitu intel 8080. Pihak Altair 8080 juga menawarkan hak penjualan dengan bayaran royalti. Selama 8 minggu mereka bekerja keras menciptakan mesin tiruan Altair. Allen sibuk dengan perangkat keras, sementara Bill mengerjakan program yang sangat ringkas sehingga kapasitas memori yang hanya 4K masih tersisa untuk menjalankan program. Demikianlah Bill berhasil menciptakan bahasa BASIC pertama untuk microcomputer. Monte Davidoff yang turut membantu mereka tidak pernah diceritakan oleh Bill sebagai salah satu penyusun BASIC pertama untuk microcomputer.

Microsoft (Microcomputer software) lahir tahun 1975 dengan pembagian saham 60%-40% untuk Bill-Allen, karena Bill banyak menyumbang dalam awal penulisan BASIC. Melalui penjualan Altair ke seluruh AS, setahun kemudian sudah menyebar kemana-mana. Bill sempat marah-marah karena banyak penggemar komputer yang semena-mena mengcopy BASIC-nya tanpa membayar.

Bill dan Allen kemudian merekrut para pemrogram muda tahun bergabung dalam mikrokids tahun 1976. Anggotanya terdiri dari siswa SMU dan mahasiswa “penderita” insomnia, ber-IQ tinggi dan menyukai komputer. Mikrokids adalah awal Bill memutuskan keluar dari Harvard pada usia 21 tahun. Bill bermimpi suatu saat komputer ada dimana-mana, di rumah, di pusat perbelanjaan, atau di perkantoran.

Tahun-tahun berikutnya Bill bekerja keras. Tidak ada waktu santai, bahkan dalam 5 tahun dia hanya berlibur 2 kali. Allen lebih senang terlibat di belakang layar sedangkan Bill sendiri lebih sering terlibat dalam segi bisnisnya. Microsoft terus mengembangkan program BASIC untuk sejumlah chip selain 8080. Microsoft kemudian bekerja sama dengan perusahaan raksasa IBM, sebuah perusahaan penyedia perangkat komputer terbesar di Amerika. Tahun 1982 industri komputer pribadi sudah benar-benar terwujud. Mimpi Bill menjadi kenyataan. Berikutnya banyak perusahaan sejenis yang membajak kesuksesan IBM-microsoft.

 

 

Agar anda tetap dicintai

Memelihara cinta lebih sulit dari mendapatkannya. Seringkali banyak hal dikorbankan demi mendapatkan cinta. Apakah itu cinta seorang sahabat, teman, suami-istri, atau keluarga. Sebuah komitmen sudah otomatis ada ketika anda memulai sebuah hubungan. Entah komitmen itu diucapkan atau tidak, hendaknya telah dipahami kedua belah pihak. Apabila kedua pihak mengikuti aturan mainnya maka hubungan harmonis akan langgeng. Bagaimana agar anda tetap dicintai?

  1. Buatlah pasangan anda nyaman, jadikan diri anda tempat curhat yang enak, jangan menggurui, jadilah pendengar yang baik.
  2. Buatkan makanan kesukaannya dengan penuh cinta
  3. Jadilah seseorang yang kuat untuk dijadikan sandaran, sewaktu-waktu menghadapi keadaan kritis bisa diandalkan
  4. Yakinkan padanya bahwa anda dapat menjaga diri, kesetiaan dan kejujuran di manapun anda berada
  5. Selalu merasa gembira
  6. Jadilah sumber solusi masalah bukan sumber masalah
  7. Jangan suka memaksa dia harus memenuhi kebutuhan anda
  8. Selalu percaya terhadap apa yang dia lakukan di belakang kita
  9. Hindari kata-kata mengancam
  10. Jaga kesegaran tubuh anda, tubuh dan jiwa yang sehat akan memancarkan inner beauty
  11. Selesaikan masalah sesegera mungkin, komunikasikan dengan pasangan anda. Anda dapat menghadiri seminar atau konsultasi dengan orang yang tepat untuk mencari solusi masalah
  12. Bertukar informasi setiap hari apakah itu mengenai anda atau dia, curhat bergantian dan saling mendengarkan
  13. Luangkan waktu hanya berdua minimal sebulan sekali
  14. Beritahukan segera bila ada hal penting, jangan sampai menunggu dia tahu dari orang lain
  15. Cintailah orang-orang yang dia cintai
  16. Beri kejutan kecil sewaktu-waktu
  17. Hindari cemburu yang berlebihan apalagi sampai keluarga dan teman-temannya tahu
  18. Beri dia waktu untuk tidak bersama anda (kejenuhan sering timbul karena tingginya intensitas kebersamaan)

menjaga agar cinta tetap ada, agar anda selalu dan selalu dicintai ?

10 Pertanyaan penggerak (Power Question)

Pertanyaan-pertanyaan berikut ini diambil dari “sepuluh pertanyaan paling bermakna” yang diajukan oleh banyak orang. Pertanyaan-pertanyaan ini merupakan katalisator ampuh menuju kepuasan dan pertumbuhan pribadi. Salinlah dibuku catatan anda untuk Anda renungkan :

1. Kapan aku bisa tampil sebagai diri sendiri apa adanya?Siapa, dimana, dan kegiatan apa yang bisa membuatku betul-betul merasa menjadi diri sendiri ?

2. Hal apakah yang aku bisa berhenti melakukannya, atau yang aku bisa mulai melakukannya, atau bisa kulakukan degan cara berbeda, mulai hari ini yang akan sangat meningkatkan kualitas kehidupanku?

3. Apa bakat terbesarku?

4. Apa ganjaran yang kuperoleh dengan melakukan yang kusukai?

5. Siapa tokoh-tokoh panutan yang paling membawa ilham?

6. Bagaimana cara melayani orang lain dengan sebaik-baiknya?

7. Apa hasratku yang paling dalam?

8. Bagaimana pandangan orang terhadapku : kawan karibku, musuh terbesarku, atasanku, anak-anakku, rekan sekerjaku, dan seterusnya?

9. Apa karunia yang kuterima dalam hidupku?

10. Warisan apa yang ingin kutinggalkan?

10 pertanyaan paling bermakna

Tinjaulah kembali daftar 100 pertanyaan Anda itu. Pilihlah 10 yang tampaknya paling bermakna. Kemudian urutkanlah menurut bobotnya dari satu hingga sepuluh. (Tentu saja Anda boleh menambahkan pertanyaan-pertanyaan baru atau mengubah urutannya kapan saja). Jangan coba menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut sekarang ini. Anda cukup menuliskannya di suatu tempat di mana Anda dapat dengan mudah menemukannya.

100 pertanyaan yang akan mempengaruhi kehidupan Anda

Mengenal jati diri dapat dilakukan melalui sebuah pertanyaan. Lalu bagaimana jika 100 pertanyaan akan mempengaruhi kehidupan Anda?

Dalam buku catatan anda, buatlah daftar 100 pertanyaan yang penting bagi Anda. Anda boleh memasukkan jenis pertanyaan apapun sepanjang pertanyaan tersebut anda anggap penting, apa saja mulai dari “Bagaimana cara saya dapat lebih banyak bersenang-senang?” hingga “Apakah maksud dan tujuan keberadaan saya?” dan “Bagaimana saya dapat mengabdi kepada Sang Pencipta dengan cara yang sebaik-baiknya?”

Susunlah daftar tersebut sekaligus. Tulisalah dengan cepat, jangan repot-repot memusingkan masalah ejaan, tata bahasa, atau mengulangi pertanyaan yang sama dalam kalimat yang berbeda (pertanyaan-pertanyaan berulang akan memberi isyarat kepada anda tema-tema yang sedang muncul).

Mengapa seratus pertanyaan?

Kurang lebih 20 pertanyaan pertama “sudah ada dalam pikiran Anda”. Dalam tiga puluh atau empat puluh pertanyaan berikutnya, kerap muncul. Dan, pada bagian belakang paruh kedua daftar itu anda cenderung menemukan bahan yang tak terduga tetapi mendalam.

Setelah anda selesai mengerjakannya, bacalah semua daftar itu Anda dan tandai tema-tema yang muncul. Renungkanlah tema-tema yang muncul tanpa penilaian. Apakah sebagian besar pertanyaan Anda menyangkut hubungan?bisnis?bersenang-senang?uang?makna hidup?

ketika keyakinan kita berubah

Pernahkah Anda mengalami tidak bisa meyakini lagi apa yang sudah Anda percayai selama ini? Sebuah pemahaman atau pengalaman baru, atau hal lain yang mempunyai daya tarik bagi Anda, membuat apa yang selama ini Anda yakini berubah. Awalnya Anda hanya mulai meragukannya. Tapi akhirnya Anda benar-benar merasa keyakinan itu sudah tidak sesuai lagi untuk Anda. Lalu Anda pun menyadari kalau Anda sudah berubah keyakinan, atau tepatnya Anda mempunyai keyakinan baru. Mengapa keyakinan atau kepercayaan itu bisa berubah ? Secara alami dan spontan seseorang mengalami lusinan bahkan ratusan kali berubah keyakinan sepanjang hidupnya.

Tapi kenapa ketika kita sengaja atau secara sadar ingin merubah sebuah keyakinan atau kepercayaan terasa sulit? Karena perubahannya tidak sesuai dengan siklus atau putaran perubahan keyakinan secara alami. Kita mencoba merubah keyakinan dengan cara “menekannya” atau melawannya. Menurut teori self organization , keyakinan akan berubah melalui putaran alami. Dimana sistem (yang berada dalam otak kita) yang menangani keyakinan, berada di tempat yang tidak stabil.

Ketika sistem tidak stabil, keyakinan baru dimungkinkan untuk dibawa masuk tanpa pertentangan.Lalu sistem bisa distabilkan lagi dengan keseimbangan baru. Sistem organik sering berubah melalui proses yang berbentuk putaran. Ketika isi putaran ini bergeser dan berubah, struktur di dalam putaran tetap konstan.

Kalau dari pandangan teori sistem dengan metoda pengobatan, struktur (di dalam system yang menangani kepercayaan) nampak seperti sebuah pola yang dapat diakses kembali dan kemudian stabil kembali dengan membawa wawasan dan perspektif baru di dalamnya. Ketika kita memahami sesuatu yang baru dan mempunyai daya tarik, atau bila kita menemukan sebuah sumber wawasan baru, maka bila hal baru itu diperkenalkan ke dalam sistem yang menangani keyakinan, dimana sistem itu sedang berada di tempat yang tidak stabil, maka sistem secara alami dan spontan tertata kembali dengan sendirinya dan terkoreksi dengan cara yang luar biasa sehingga membentuk sebuah pola baru yang stabil. Pada saat inilah kita berada dalam keyakinan atau kepercayaan yang baru. Sistem yang menangani kepercayaan sudah berada di tempat yang stabil.

Sebuah putaran perubahan kepercayaan secara alami mungkin bisa dilihat seperti perubahan musim. Sebuah keyakinan baru tak ubahnya seperti sebuah bibit yang ditanam di musim semi. Bibit tumbuh di musim panas dan menjadi matang , kemudian menjadi kuat dan mengakar. Di musim gugur keyakinan mulai menjadi ketinggalan jaman, layu, dan tak memenuhi apa yang kita inginkan. Bagaimanapun keyakinan ( dalam bentuk maksud atau tujuan positif) kita tahan, nantinya akan terpisah juga dari bagiannya yang tak dibutuhkan lagi. Ibarat buah, bila saatnya tiba untuk dipanen, buah akhirnya juga akan terpisah dari tanamannya. Karena tanaman tersebut juga sudah tidak menginginkan buah itu menjadi bagiannya. Akhirnya di musim dingin bagian dari keyakinan yang tak dibutuhkan lagi pergi dan menghilang, lalu sistem yang menangani keyakinan mengijinkan putaran keyakinan untuk mulai lagi.

Dalam kehidupan kita atau karir kita, mungkin kita pernah mempelajari sesuatu yang akhirnya membuat kita yakin atau percaya, misalnya percaya akan kemampuan diri kita sendiri. Pada saat itu kita “terbuka untuk percaya” akan kemampuan yang kita miliki. Kita jadi percaya diri, dan yakin pada apa yang kita lakukan itu benar.

Di saat yang sama, disaat kita menentukan apa yang kita yakini, kita juga mulai menjadi ‘terbuka untuk ragu’. Apakah hal itu benar? apakah penting untuk dijadikan prioritas? Ketika kita sudah melalui tahapan itu, kita bisa menengok ke belakang dan melihat apakah yang kita lakukan itu penting dan benar. Karena kita adalah orang yang paling tahu tahu akan diri kita sendiri. Dan kita sering merasa yakin atau percaya kalau kita berada pada jalan yang sudah pasti. Dan sesuatu yang pasti itu penting dan dapat memelihara keyakinan.

http://www.tommysiawira.com