Category Archives: wisata dan kuliner

wisata kuliner kudus

Kudus sebuah kota di Jawa Tengah menyimpan banyak kuliner enak. masyarakatnya beragam suku. Mayoritas suku cina dan jawa. Gereja berdampingan dengan masjid, bahkan menara. Kehidupan masyarakat Kudus ayem tentrem. Jarang sekali ada kerusuhan. Dipersatukan dalam satu suara, wisata kuliner. Yang paling ngangeni adalah suasana saat jam makan. Tempat makan penuh dengan pelanggan.
Saya menghabiskan masa kecil di Kudus, jarang sekali jajan di luar. Ibu saya mengajarkan membuat makanan sendiri atau membeli jajanan tradisional di pasar. Setelah merantau malah kangen dengan makanan-makanan Kudus. Saya coba cari soto Kudus di manapun rasanya tidak ada yang enak. Tetap enak makan soto kudus ya di Kudus. hehe..belakangan baru saya mulai menikmati citarasa kuliner Kudus saat mudik. Berikut tempat jajan enak versi saya :

Baca lebih lanjut

Iklan

RUMAH AIR (BOGOR NIRWANA RESIDENCE)

Ceritanya  Minggu Pagi kemarin (14/04/13), kami sekeluarga iseng2 ke Bogor. Tujuan utama sih hanya mengantar pesanan ke customer. Sisa waktu cukup banyak membuat kami akhirnya memutuskan jalan-jalan. Di pusat kota susah mencari tempat hangout keluarga. Kebanyakan di pinggir kota Bogor arah Sukabumi atau Puncak. Tentu dengan pertimbangan waktu yang sempit, percuma menghabiskan waktu di perjalanan mengingan saat itu pukul 11 lewat. Akhirnya setelah menelusuri di mesin pencari, tersebutlah Rumah Air yang memang sejak lama ingin kami kunjungi. Baca lebih lanjut

Curug Cilember Bogor

Kalau and aingin mencari tempat hiburan keluarga sebagai alternatifnya anda dapat memilih ke Curug Cilember. Lokasinya sebelum Cisarua. Dari arah Jakarta setelah melewati Megamendung, lurus terus sampai ada papan penunjuk arah Cilember dan Taman Kupu-Kupu,  sebelah kiri jalan. Pengelolaan kawasan wisata curug Cilember cukup rapi, nampaknya pengelola menginginkan lokasi ini tak hanya sebagai wisata air terjun, tetapi juga pengelola ingin pengunjung nyaman menikmati keindahan alam sekitar. Beberapa lokasi ditata sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagai tempat camping yang nyaman, prewedding, tracking, atau menikmati makan siang pake gelaran tikar. Pada saat saya kesana Trans7 seadng hunting lokasi untuk acara cooking paradise. Namun karena sudah sore, maka kami tak dapat menyaksika proses syuting. Jam buka sampai pukul 18.00 WIB

Tuh keren kan suasananya, bener-bener wisata alam alternatif deh. Sebagai saran aja, jika anda menggunakan kendaraan pribadi baik mobil/motor sebaiknya gunakan bensin pertamax, tarikannya lebih alus dan mesin gak ngeden. Maklum tanjakan disini lumayan. Saya salah strategi, waktu berangkat pake premium pulangnya pake pertamax, padahal pulangnya mah gak pake bensin juga bisa, tinggal turun, irit euy.

Ayo-ayo masuk bayar dulu tiketnya. 10 per orang buat turis lokal. 30 rb buat yang rambutnya dicat blonde :mrgreen: <— turis asing, parkir motor 2 ribu, parkir mobil 5 ribu, jungle tracking 20 rb, masuk taman kupu-kupu 6 ribu, anda yang mau shooting atau prewedding cukup bayar 350 rb dapet suasana yahuy, puas deh pokoknya 😉 , toilet? Bersih tapi bayar 1000 ya :mrgreen: , musholla ada di tengah rimbunan pepohonan dengan tempat berwudhu air alami pegunungan, menambah khusyu shalat.

Selama di lokasi tak banyak yang dapat kami ceritakan, tak putus-putus menyebut subhanallah, dan tentunya gambar-gambar menarik berikut ini :

Saung di pinggir sungai, jika anda duduk disini untuk beristirahat maka gemericik air menyegarkan pikiran kusut

Kebetulan saya salah track nih, eh ketemu area camping, tempatnya cukup luas dan toiletnya bersih, dilalui sungai kecil. Tampak anak-anak SMP sedang shalat berjamaah di dekat tenda

Sampai di sungai, favorit saya >>> makan di pinggir sungai, bekal yang sempat terbeli di toko kue sebelum BTM, kue kesukaan saya : surabi kuah, berhubung gak ada mangkok, kuahnya diminum aja kek es mambo

Air terjun kecil di bawah jembatan, taman kupu-kupu >>> sayang kupu-kupunya masih banyak yang kepompong, jenisnya juga gak terlalu banyak, mungkin belum kelihatan, tiket masuknya 6000

Sudah dulu perjalanan kali ini, semoga menginspirasi pembaca budiman, semoga bermanfaat, kalau sudah pernah kesini boleh kita sharing 😆

wisata murah di bogor

Baca lebih lanjut

pasar kaget pemda cibinong

Baca lebih lanjut

Eco Park at Cibinong Science Centre

Baca lebih lanjut

Alam Fantasia Sentul Selatan

Baca lebih lanjut

JAdul lagi

Baca lebih lanjut

LAgi seneng jadul

Baca lebih lanjut

Siang ini di Rumah Makaroni Panggang

Baca lebih lanjut

Laporan Liburan

Baca lebih lanjut

Liburan

Baca lebih lanjut

Curug Jaksa desa Cibereum

Baca lebih lanjut

Back to village

Baca lebih lanjut

Nongkrong di Alun-Alun Kidul Yogyakarta

…..

Masih seperti dulu, tiap sudut menyapaku bersahabat,

Orang duduk bersilaaaa

Musisi jalanan mulai menyanyi

Seiring laraku kehilanganmu…

Nikmati bersama

Suasana Yogya….

Mak nyesss rasanya denger tembang lama dari Kla Project..buat anda yang kangen kota Yogya, Bisa bernostalgia lewat postingan saya kali ini. Sambil dengerin lagu Yogyakarta, baca postingan saya. Siapa tahu jadi obat rindu. Apalagi di sana pernah terukir kenangan manis. Saya pun ada kenangan manis, tak kan dilupa deh, sampai-sampai bikin cerpen tentang kota Yogya. Sayangnya, cerpen tersebut terjebak dalam laptop saya yang udah hampir jadi fosil.

Buat anda yang belum pernah ke sana, jangan berkecil hati. Siapa tau ini jadi berita baik, setelah baca postingan saya, anda jadi buru-buru pengen ke sana. Sumpeh deh, ke Yogya gak bakalan bosenin. Banyak wisata murah yang bisa kita nikmati di sana. Suasananya? Jangan tanya,,,,enak tenan. Di sana kita bisa menikmati malam yang tenang di Alun-Alun Kidul Yogyakarta.

Alun-Alun Kidul merupakan wilayah di belakang kompleks bangunan Kraton Yogyakarta yang bisa dijangkau dengan berjalan ke arah selatan dari Sentra Makanan Khas Gudeg Wijilan. Disimbolkan dengan gajah yang memiliki watak tenang, Alun-Alun Kidul merupakan penyeimbang Alun-Alun Utara yang memiliki watak ribut. Karenanya, Alun-Alun Kidul dianggap tempat palereman (istirahat) para Dewa.

Menu makanan yang ditawarkan bervariasi dengan kisaran harga mulai dari Rp 2.500,00 sampai Rp 5.000,00. Jika menginginkan Wedang ronde sebagai penghangat, anda cukup mengeluarkan Rp 2.500,00 per porsi. Ada pula wedang bajigur dengan irisan roti di atasnya. Tak jauh dari situ tercium aroma bakaran jagung yang menggoda selera. Angin dingin di malam hari cukup membuat perut menjadi lapar. Anda bisa memesan roti bakar atau pisang bakar.

Makan malam menjadi istimewa dengan menu nasi ayam bakar, berbagai macam ikan bakar serta tempe. Untuk ayam bakar lengkap dengan nasi dan sambal serta tempat lesehan, cukup membayar Rp 5.000,00 per porsi. Membayangkan saja bikin ngiler. Kalau anda sedang beruntung, anda dapat menyaksikan pagelaran wayang kulit di Sasono Hinggil Dwi Abad semalam suntuk. Let’s go to Yogya

Pulang ke kotamu….

Ada setangkup haru dalam rindu ….

….

Boko Trekking, Yogyakarta

Liat-lihat rekomendasi tuk liburan, ketemu deh sama yang satu ini. Berpetualangan dengan ongkos yang relatif murah. Cocok untuk liburan alternatif ala arkeolog. Di sini kita akan diajak berjalan-jalan menyusuri peninggalan budaya masa lalu, CANDI RATU BOKO. Pengelola petualangan ini menyebutnya sebagai Boko Trekking.

Boko Trekking adalah perjalanan yang mengesankan melewati desa-desa yang sepi, dengan pemandangan alam yang misterius namun memukau, serta menyaksikan cara hidup penduduk setempat. Wisata budaya dan trekking seperti ini belum popular di kalangan wisatawan domestik. Apalagi pihak manajemen hanya membuka wisata budaya ini hanya di daerah Yogya.

Lokasi Candi Ratu-Boko atau Istana Ratu-Boko terletak di atas bukit menghasilkan keindahan alam yang tak ada di tempat lain. Perjalanan dimulai dari pusat Kraton Ratu-Boko pada jam 03.00 sore dan kembali lagi jam 09.00 pagi. Setelah menjelajah pegunungan Ratu-Boko sampai Gunung Tugel (atau Gunung Pegat), anda dapat menikmati keindahan matahari terbit saat cuaca memungkinkan sambil beristirahat.

Perjalanan kemudian dilanjutkan ke candi terdekat seperti Candi Ijo. Anda dapat bermalam di tenda, cottage, atau – jika anda suka – dapat menginap di rumah penduduk yang sudah kami tunjuk. Dalam perjalanan pulang ke Ratu-Boko, makan pagi akan dihidangkan di pondok bambu, di atas bukit, sambil melihat gunung Sumbing, Sindoro, Merapi dan Lawu. Yang mengikut trekking dapat juga menikmati makan pagi sambil menikmati indahnya pemandangan pedesaan.

Pemandu berbahasa Inggris, makan pagi sederhana dan air mineral sudah termasuk. Untuk melaksanakan wisata ini diperlukan setidaknya 2 peserta. Pihak manajemen juga menyediakan tenda bagi anda yang ingin bermalam berkemah di halaman yang tenang sebelum memulai wisata. Di sini anda dapat melihat indahnya matahari terbenam dan lava yang mengalir turun dari gunung Merapi.

Daftar Harga Paket Petualangan Budaya

1. BOKO TREKKING TOUR (Sunset dan Sunrise)

Aktifitas: Camping dan trekking
Lokasi: Taman Wisata Ratu-Boko dan sekitar
Waktu: 16 jam
Jarak trekking: 8 km

Jadwal perjalanan:
17.00 Pendaftaran
17.30 Matahari terbenam
18.00 Acara bebas
02.30 Persiapan
03.00 Briefing dan mulai
05.00 Bukit Tugel
05.30 Matahari terbit
06.00 Makan pagi
07.30 Candi Barong
09.00 Ratu-Boko

Jumlah peserta: minimal 2 orang
Harga per orang: Rp. 150.000
Penjemputan peserta: Atas permintaan
Lokasi pemberangkatan: Ratu-Boko

Fasilitas:
Tiket masuk, Tenda ekslusif, Peralatan masak dan makanan, Makanan kecil, kopi dan air mineral, Peralatan (tongkat dan lampu senter), Toilet, Makan pagi, Pemandu wisata, Cindera mata, Sertifikat, P3k dan asuransi

  1. BOKO TREKKING (Sunrise)

Aktifitas: Trekking
Lokasi: Taman Wisata Ratu-Boko dan sekitar
Waktu: 6 jam
Jarak trekking: 8 km

Jadwal perjalanan:
03.00 Briefing dan mulai
05.00 Bukit Tugel
05.30 Matahari terbit
06.00 Makan pagi
07.30 Candi Barong
09.00 Ratu-Boko

Jumlah peserta: minimal 2 orang
Harga per orang: Rp. 100.000
Penjemputan peserta: Atas permintaan
Lokasi pemberangkatan: Ratu-Boko

Fasilitas:
Tiket masuk
Makanan kecil, kopi dan air mineral
Peralatan (tongkat dan lampu senter)
Toilet dan MCK
Makan pagi
Pemandu wisata
Cindera mata
Sertifikat
P3k dan asuransi

3. FAMILY BOKO TREKKING TOUR (Sunset dan Sunrise)

Aktifitas: Camping dan trekking
Lokasi: Taman Wisata Ratu-Boko dan sekitar
Waktu: 16 jam
Jarak trekking: 8 km

Jadwal perjalanan:
17.00 Pendaftaran
17.30 Matahari terbenam
18.00 Acara bebas
02.30 Persiapan
03.00 Briefing dan mulai
05.00 Bukit Tugel
05.30 Matahari terbit
06.00 Makan pagi
07.30 Candi Barong
09.00 Ratu-Boko

Jumlah peserta: minimal 4 orang
Harga per orang: Rp. 75.000
Penjemputan peserta: Atas permintaan
Lokasi pemberangkatan: Ratu-Boko

Fasilitas:
Tiket masuk
Tenda ekslusif
Peralatan masak dan makanan
Makanan kecil, kopi dan air mineral
Peralatan (tongkat dan lampu senter)
Toilet
Makan pagi
Pemandu wisata
Cindera mata
Sertifikat
P3k dan asuransi

4. FAMILY BOKO TREKKING (Sunrise)

Aktifitas: Trekking
Lokasi: Taman Wisata Ratu-Boko dan sekitar
Waktu: 6 jam
Jarak trekking: 8 km

Jadwal perjalanan:
03.00 Briefing dan mulai
05.00 Bukit Tugel
05.30 Matahari terbit
06.00 Makan pagi
07.30 Candi Barong
09.00 Ratu-Boko

Jumlah peserta: minimal 4 orang
Harga per orang: Rp. 60.000
Penjemputan peserta: Atas permintaan
Lokasi pemberangkatan: Ratu-Boko

Fasilitas:
Tiket masuk
Makanan kecil, kopi dan air mineral
Peralatan (tongkat dan lampu senter)
Toilet dan MCK
Makan pagi
Pemandu wisata
Cindera mata
Sertifikat

P3k dan asuransi

Contact person

PT. Taman Wisata Ratu-Boko
Jl. Raya Prambanan – Piyungan
Yogyakarta
Phone: +62 274 496510
Fax: +62 274 498325
Contact Person:
Mr. Sriyanto / Wiharjanto: +62 8156877225

Selagi di Yogya, manfaatkan kesempatan ini sebagai kesempatan emas. Atau jika anda tertarik, anda yang berada jauh diYogya dapat merencanakan liburan ini jauh-jauh hari. Dijamin akan memberi warna baru bagi petualangan anda. Anda tinggal Siapkan uang secukupnya dan pakaian, pihak manajemen telah menyediakan semua fasilitas trekking. Jadi anda tek perlu repot-repot membawa peralatan trekking dari rumah seperti tenda, panci, dll. Menarik kan? Mau coba?

(foto yang saya tampilkan kepunyaan dari PT. Taman Wisata Ratu-Boko)

Weekend di Ciseeng, Bogor, Jawa Barat

Akhirnya terbayar juga liburan di tempat impian. Libur panjang pekan lalu, saya tetap bekerja. Sedih deh. Tapi terbayar dengan weekend minggu ini. Rencana sebulan lalu terealisasikan sudah. Outbond di ciseeng memang saya tunggu-tunggu dari dulu. Kebetulan saya dapat gratisan. Hidup ini enak betul ya. Pas pengen outbond, pas banget dapat gratisan.

Menggunakan 3 bis pariwisata, rombongan berangkat pukul 07.20 WIB. Selama perjalanan, kita disuguhi pemandangan alam pedesaan. Jalan akses menuju tempat outbond jelek dan berdebu. Aspal yang melapisi jalanan hilang di telan ban-ban truk dan bis besar yang melewati jalan tersebut. Hasilnya jalanan tinggal tanah bergelombang. Butuh ketahanan fisik yang prima untuk menyetir sendiri ke sana. Sejam kemudian sampailah di tempat tujuan.

Kegiatan-kegiatannya meliputi :

1.     Senam

2.     tarik tambang

3.     lingkaran holahop

4.     bakiak

5.     ice breaking

6.     makan bakso

7.     flying fox

8.     dayung sampan

9.     memerah susu sapi

10. minum susu sapi segar

11. membajak sawah dengan kerbau

12. menanam padi

13. panen padi

14. mengolah gabah menjadi beras dengan alu

15. jembatan bamboo

16. jembatan goyang

17. menangkap ikan dengan jaring

18. mandi

19. makan siang di tepi danau

Semua menu di buat di dapur sendiri, tidak ada restoran atau warung yang menjual makanan dan minuman. Makan siang dengan pilihan menu sayur asem, sambal cabai, ikan asin, krupuk udang, ayam bakar dan buah jeruk, disatukan dalam box, tidak mengurangi rasa. Sambil menunggu nasi turun ke perut, saya menikmati danau sambil terkantuk-kantuk. Enak tenan, rasanya semua kejenuhan hilang seketika.

Setelah semua kegiatan selesai, rombongan pulang dengan membawa oleh-oleh ikan mujair yang masih hidup. Semua peserta dapat gratis. Ikan Diletakkan dalam plastik bening. Bias dipelihara atau digoreng sesampainya di rumah, begitu pesan kakak wakil dari pengelola outbond. Rombongan meninggalkan tempat outbond pukul 15.00 WIB. Sayangnya dalam kegiatan tersebut, saya tidak sempat mengambil gambar. Ada tim fotografi tersendiri, yang meliput seluruh kegiatan.

Kesan : capek, seneng, puas, pengen balik lagi bawa kamera sendiri.

Pesona Eksotisme yang tersimpan di Karimunjawa

sunrise-1.jpgsunset.jpgikan-merah.jpganemon.jpgunset.jpg7.jpg6.jpg5.jpg3.jpg2.jpg1.jpgdiving.jpgkamera-dalam-air.jpgpantai.jpgrumah-laut.jpg

Karimunjawa berupa gugusan kepulauan terdiri dari 27 pulau besar dan kecil, terletak di sebelah utara Kabupaten Jepara, Jawa tengah. Secara administratif masuk dalam wilayah Jepara, berjarak 45 mil laut dan 60 mil laut dari kota Semarang. Kini Karimunjawa menjadi mudah dijangkau dengan Kapal motor cepat KArtini I
Rute menuju Karimunjawa
1. Pelabuhan Tanjung Mas Semarang – Karimunjawa Sabtu pagi 09.00

tiba 12.30, Rp 130.000,00 (Eksekutif) Rp 110.000,00 (Bisnis)
2.Jepara-Karimunjawa berangkat setiap Senin jam 10.00, tiba 12.30, Rp95.000,00 (eksekutif) Rp 75.000,00 (Bisnis)

Jika anda berasal dari luar kota sebaiknya menggunakan kapal dari Pelabuhan Tanjung Mas Semarang. Karena rute dari Jepara agak membingungkan.

Daftar penginapan di pulau Karimunjawa (2005)
1. Homestay Kisaran Rp 45.000,00 per malam
Menu
– ikan bakar/goreng
– cumi-cumi
– ayam saos tiram
– es rumput laut, dll
tambah Rp 15.000,00 sekali makan
2. Dinas Pariwisata Wisma Rp 60.000,00 – Rp 100.000,00 per malam
3. Kura-kura Resort *bungalow* Rp 1.500.000,00 Per orang selama 2 hari 1 malam
fasilitas :
– tiket pesawat dari bandara Ahmad Yani Semarang ke bandara Dewandaru Karimunjawa
– transfer dengan kapal motor ke Pulau Menyawakan

Pilihan tempat menginap yang lain yaitu penginapan di atas laut. Terletak di Pulau Menjangan Besar. Konstruksi bangunannya dibuat semacam bagang (kerangka bamboo yang ditancapkan di perairan laut) dengan ukuran 20m x 20m. Pada bagian tengah diberi jarring untuk menangkap ikan. Diperlukan waktu 5 menit dengan perahu motor dari dermaga pusat kota.

Keindahan bawah laut Karimunjawa tak kalah dari Taman Laut Bunaken di Menado. persewaan untuk memancing dan menyelam disediakan oleh pengelola karimunjawa.

Persewaan menyelam dan memancing
1. Peralatan diving (menyelam) dan tabung oksigen, 1 jam antara pukul 08.00-12.00 Rp 300.000,00 – Rp 450.000,00
2. Guide selama diving Rp 200.000,00
3. Snorkel Rp 40.000,00
4. Perahu motor lantai transparan Rp 60.000,00 per orang
5. Kapal sedang untuk memancing (4-6 orang), 4 jam,Rp 200.000,00 per kapal
6. Kapal besar untuk memancing (10 orang), 4 jam, Rp 350.000,00 per kapal
sewa 1 hari penuh Rp 450.000,00 per kapal
Ikan yang biasa dipancing yaitu kerapu merah, badong, trigger, capung kepodang, dll.

Enjoy your holiday

perjalanan ke majalengka, jawa barat

ini dia hasil jalan-jalan ke majalengka, kota berangin.

image036.jpg

image038.jpg

image011.jpg

image103.jpg

image107.jpg

image_00108.jpgimage_00956.jpgimage_00962.jpgimage_00981.jpgimage_00984.jpg

foto ke taman buah mekar sari

dsc03010.jpgdsc03012.jpgdsc03018.jpgdsc03032.jpgdsc03057.jpgdsc03027.jpgdsc03000.jpgdsc03007.jpg

met pagiiiiiimage_000653.jpg