Uji Nyala sampel boraks

Uji nyala adalah salah satu metode pengujian untuk mengetahui apakah dalam makanan terdapat boraks atau tidak. Disebut uji nyala karena sampel yang digunakan dibakar uapnya, kemudian warna nyala dibandingkan dengan warna nyala boraks asli. Tentu sebelumnya telah diketahui bahwa serbuk boraks murni dibakar menghasilkan nyala api berwarna hijau. Jika sampel yang dibakan menghsilkan warna nyala hijau maka sampel dinyatakan positif mengandung boraks.

Alat :

Cawan porselen

Bahan :

H2SO4 pekat

Metanol absolut

sampel : mie basah, bakso, siomay, bleng, dll

Prosedur :

1. Menimbang sejumlah sampel sebanyak 5 gram sampel dalam cawan penguap

2. Panaskan sampai terbentuk arang

3. Menambahkan 10 tetes H2SO4 pekat dan 2 ml metanol absolut

4. Uao yang terjadi dibakar

5. nyala api yang timbuk akan berwarna hijau jika mengandung boraks

Demikian praktikum kecil kali ini, semua bahan dapat dibeli di toko kimia terdekat, tentu digunakan sebagaimana mestinya. Sampel dapat diambil dari pasar tradisional maupun supermarket. Pesan dari dunia laboratorium kimia, jangan sekali-kali menggunakan bahan kimia untuk kejahatan, karena bila terjadi kerusakan di muka bumi, bukan hanya manusia yang merugi namu,ย  Allah juga akan marah.

Iklan

62 responses to “Uji Nyala sampel boraks

  1. mba.. kalo warnanya beda tipis begimana??
    lani belum pernah percobaan kimia..
    ๐Ÿ˜€ maklum dulu smk

  2. Hasil uji nyalanya gmn mbak? Apakah mie, bakso, dan siomaynya mengandung boraks jg?

    Sy tak uji rangkaian elektronika saja. ๐Ÿ™‚

    yang saya uji hasilnya postitif semua …

  3. durian bisa dijadikan sample nggak mbak?:D

    bisa

  4. sebenarnya napa sih makanan kok dicampur boraks? biar keras tah?

    biar kenyal dan awet alias tahan lama hehe

  5. Ngeliat bahannya gak bisa nguji sendiri ya di rumah

    bisa diuji sendiri nin,,bahan kimianya bisa dibeli di toko kimia

  6. ooo..begitukah..br tahu aQ..hmm *ngangguk2 sok tau*

    apanya yang digaruk?

  7. boleh di coba nih, kalo warna ijo aneh juga ya… biasanya biru or merah

    silakan mencoba,,hati2 ya,,

  8. gak nyambung amak akuntansi je…. ๐Ÿ˜†

    disambung2in aja bisa kok,, ๐Ÿ˜†

  9. wah bagusnya warnya nyala tersebut juga diposting, agar bisa membayangkan.
    yang kedua apakah hanya itu sudah cukup dasar untuk menambil kesimpulan?
    karena klor juga berwarna hijau kalau dibakar, terus apalagi yang berwarna hijau, oh mungkin barimu juga
    gimana kalau dicoba kromatografi lapis tipis? mungkin ini sedikit kuantitatif

    iya pak,,thanks sharingnya..itu hanya salah satu dari sekian banyak pengujian boraks dalam makanan

  10. Kalo bakso yang dibakar apanya mba?.:D

    ya baksonya dibakar sampai berwarna hitam

  11. Berguna sekali infonya
    Terima kasih…..

    sama-sama ๐Ÿ™‚

  12. Makin banyak orang kepepet, makin aneh caranya cari duit…

    sapa yang kepepet?apanya yang aneh?

  13. Sudah diuji sendiri mbak? ….

    sudah di laboratorium tempat saya kuliah ๐Ÿ™‚

  14. wah.. perlu dicoba neh….

    iya,,silakan coba

  15. kosentrasi H2SO4nya berapa ?

    bagian yang no.4 itu maksudnya uap, ya ?

    Apanya yang dibakar, mbak ?

    H2SO4 nya pake yang 98% ambil 5 ml aja
    iya uapnya
    yang dibakar pertama sampelnya, kedua uapnya

  16. wah aku save postinganya yah soalnya suka beli bakso yang di pak trus ntar H2SO4

    bisa beli kan di toko kimia ? aku gak ngerti

  17. duh… jadi inget jaman praktikum kimia…

  18. terima kasih atas ilmu dan wawasan yang telah diberikan.

    Alhamdulillah, tambah satu lagi satu ilmu pengetahuan. hari ini tentang borak, besok?????

    kita tunggu aja!!!!!

  19. hatur nuhun teteh ๐Ÿ™‚

    sama-sama aa…. ๐Ÿ™‚

  20. Saya baru tau dengan cara itu, walaupun masih bingung….*berlagak sok tau*:mrgreen:

    Terimakasih atas informasinya,sangat bermanfaat

    Salam wanita yang fakir

    belajar itu wajib bagi setiap muslim mba,,,ga perlu rendah diri mba,,,yang wajib adalah rendah hati ๐Ÿ™‚

  21. wahhhhhhhhh…………….ilmulagi ni……….makasih yaaaaaaa……….
    http://kesunyianku.wordpress.com/narsis-ah/

    iyaaaaaaaaa sama-samaaaaaaaa,,,,, ๐Ÿ˜†

  22. informasi yg bagus sobat

    maaf, lama kita tak bersua ๐Ÿ™‚

    iya neh sobat, gimana kabarmu?
    ๐Ÿ˜†

  23. wah sang analisa kesehatan beraksi……..semoga ilmunya bermanfaat ya :mrgreen:

    hehe saya bukan analisa kesehatan kok :mrgreen: kebetulan dulu pernah belajar ilmu itu sedikit, coba saya bagikan, semoga saja bermanfaat ๐Ÿ™‚

  24. salam kenal…
    mampir yah..

    salam kenal juga..oke deh

  25. mbak Yella …
    kemana, nih ?
    sibuk, ya ?

    hehe,,iya neh putri,,maaf sekarang jadi jarnag BW, pa kabar put?
    maafkan mbakmu ini ya …

  26. .. gak ngerti dah lama gak ke lab smenjak meninggalkan kampus

    sekarang ngerti kan?

  27. Sekedar kunjungan dan ingin memberitahukan bahwa
    Kami pindah di http://catatanmuslim.web.id
    Semoga kami menjadi lebih baik

    terimakasih kunjungannya mas,,maaf belum bisa kunjungan balik, mudah2an segala upaya kita, menjadikan kita lebih baik, amin, happy nem year 1 Muharram

  28. Met Tahun Baru

    selamat tahun baru juga ya,,semoga selama setahun ke depan ibadah kita menjadi semakin sempurna,,amin

  29. jeung Yella ini apa kabarnya yaaaa heheheheh

  30. boleh di coba nih, kalo warna biru gimana ya aneh juga yaโ€ฆ biasanya coklat or merah…salam knall…

  31. Pakde nunggu hasil ujine saja lah..
    males beli alat2nya…

    **pdhl yang bener gak bisa makenya… ๐Ÿ˜€

  32. …jangan sekali-kali menggunakan bahan kimia untuk kejahatan, karena bila terjadi kerusakan di muka bumi, bukan hanya manusia yang merugi namu, Allah juga akan marah.

    Kalimat terakhir ini begitu menyentuh saya. Bagus banget… ^^

  33. Kalau orgnya buta warna gmana La? He..he..he.. Met taon baru ya, sory lama gak muncul.

  34. mbak yel, alumni kimia mana? ๐Ÿ™‚

    univ negeri semarang mbak,,emang mbak phie alumni mana?

  35. wah gw ngak ngerti tentang ilmiah karena pelajaran kimia gw sering bolos, kalo gw praktekin cara diatas bahaya ngak ya

  36. postingan yang sangat kimia…
    saya juga mau skripsi penelitian ttg ekstraksi etanol dari sampah organik ๐Ÿ™‚

  37. mba kenalkan nama saya cui saya . mba saya mau nanya bagaimana uji boraks jika menggunakan larutan bukan menggunakan nyala api.
    mba apabila tahu tolong kirim tata caranya ke email saya

  38. mbak, selain uji nyala…ada gak metode lain untuk identifikasi boraks

  39. @ yeha : ada, bisa pake KLT (kromatografi Lapis Tipis), tapi harus tau rf nya dulu

  40. cara bakar uapnya gmn mbak?

    disulut dengan api, nanti akan terbakar sendiri, sifatnya mudah menguap dan terbakar ๐Ÿ™‚

  41. saya sudah melakukan uji boraks pada bakso dengan menggunakan metode yang mba sarankan tapi kok warnanya ga ijo2 ya??padahal bakso boraksnya aq buat sendiri?apakah warna nyala ijonya tergantung kadar nya tinggi???

    berapa minimum kadar bakso yang harus ada hingga diperoleh warna ijo tersebut???

    makasih mba…mohon infonya…
    waktu saya praktikum dulu, boraks aslinya dibakar dulu sebagai standar uji nyala boraks. bakso boraksnya saya ambil dari sampe yang dijual di warung (bakso yang beredar di pasaran), H2SO4 nya juga harus pekat dan metanol harus absolut. coba ganti sampelnya dengan bakso pasaran. untuk berapa kadar boraksnya agar diperoleh nyala hijau, saya tidak melakukan uji kuantitatifnya. Jadi alternatifnya coba pakai beberapa merk bakso di pasaran, atau buat bakso yang kadar boraksnya lebih banyak dari sebelumnya (dibuat beberapa konsentrasi). thanks sudah sharing ๐Ÿ™‚

  42. assalamualaikum warohmatullahiwabarakaatuh.

    mbak saya masih penasarn dengan uji boraks dengan nyala api, soalnya saya udah coba cara tersebut dengan menambahkan boraks pada adonan bakso, tapi setelah dibakar dan ditambahkan H2SO4 dan metanol tidak ada perubahan warna, apakah ada pengaruhnya terhadap cara pemanasan bakso atau pada saat pembakaran atau pada saat penambahan zat pereaksi,

    minta infonya mbak kadar terendah yang dapat terdeteksi oleh uji nyala api ini,

    makasih mbak
    infonya dibutuhkan segera mbak

    wassalamualaikum waraohmatullahiwabarakatuh
    wa’alaykum salam wr wb
    ada beberapa hal yang mempengaruhi hasil nyala :
    – konsentrasi H2SO4 (pake yang pekat, dari botol langsung tdk perlu diencerkan)
    – konsentrasi metanol (pake yang absolut, langsung dari botol juga tanpa diencerkan)
    – sampel bakso
    – ulangi dengan benar beberapa kali pengujian tersebut , terkadang pengujian tidak cukup hanya satu kali, perlu dilakukan beberapa kali untuk didapat hasil, dan perlu diingat uji boraks dengan nyala ini merupakan uji kualitatif bukan kuantitatif. jadi hanya diketahui ada tidaknya boraks dalam sampel, tetapi tidka diketahui berapa bannyaknya boraks dalam smapel tersebut. thx atas pertanyaannya ๐Ÿ™‚

  43. salam kenal mba…
    saya perlu uji kristal borak, tapi yang saya dapat bentuknya bubuk. bagaimana ujinya yah ?
    saya perlu pasti kalau itu borak dan bukan asam borak.
    diperlukan untuk mengobati kutu demodek pada guguk.
    nantinya kristal borak itu dicampur dengan 1%h2o2 sampai jadi larutan jenuh.
    mohon pencerahannya untuk tes borak asli (kristal borak).
    trims

  44. bagaimana ujinya untuk membedakan borak dan asam borak ?
    apa asam borak ada yg berbentuk bubuk ?
    terima kasih

  45. borak biasanya berbentuk kristal bubuk putih, kalau dibakar menghasilkan nyala hijau terang.sedangkan asam borat diperoleh dari boraks yang dicampur dengan asam kuat seperti asam sulfat atau asam klorida, bentuk asam borat biasanya cairan bening

  46. salam kenal mba…
    mohon informasi nya mengenai referensi prosedur tersebut
    terima kasih

  47. salam kenal ira
    referensi prosedur itu ada di diktat praktikum kimia bahan makanan, laboratorium kimia Universitas negeri semarang th 2003 disusun oleh tim dosen kimia bahan makanan unnes

  48. mba kira-kira ada alat yang bisa dipakai untuk rapid test boraks ga? kalo ada namanya apa and bisa dibeli dimana.trims.dari intan di purwokerto

  49. mba kok blm ada balasn.penting nih……tk

  50. @ intan : maaf baru ol lagi, saya sibuk, sekali lagi maaf ya intan. saya belum tahu ada alatnya atau tidak, yang saya ketahui masih uji pake bahan kimia.maaf ya sekali lagi belum bisa bantu banyak, makasih sudha berkunjung dan bertanya ๐Ÿ™‚

  51. assalamualaikum Mbak
    klau pke alkohol 96 % yang teknis bisa nggak mabak

  52. waalaykumsalam Aramsa, dicoba aja, mungkin bisa.ak jg blm pernanh coba.

  53. mo tanya
    fungsinya H2SO4 dan metanol dlm uji nyala tu buat apa yaa??

    Sekedar info:
    boraks dg kadar 0,1% sudah dapat terdeteksi dg uji nyala
    bahkan jika menggunakan bleng dg kadar yang sama juga sudah bisa terdeteksi
    dan warna hijaunya sudah terlihat jelas…..

  54. mksh kak, atas infonya, kak bs gk kirm referensi nya…krn sy butuh ni….tlngnya….krim ke e’mail sy: riza_elfian@yahoo.com..mksh kak

  55. ada gambar step ujinya mba? biar makin jelas gmn ngerjainnya, thx a a lot

  56. nyala api makanan yang mengandung boraks kenapa warnanya hijau ya, mbak?? gak ngerti…….

  57. thks ilmunya…
    mmm …yg metanol absolutnya untuk apa kak?

  58. hmmm jadi lebih tau nih
    Motivator Semarang
    Nice infonya , sangat bermanfaat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s