Category Archives: kue buatanku

kroket isi sosis ayam

Resep ini adalah variasi dari kroket isi telur dan daging asap. Cara pembuatan sama hanya berbeda pada isinya. Intinya sih kroket bisa diisi apa saja yang kita suka, asal perpaduan bumbu dan bahan lainnya pas, tetep enak di lidah. Baca lebih lanjut

Iklan

kue-kue tanpa dioven

Baca lebih lanjut

tempura brokoli di sore hari

Baca lebih lanjut

happy cooking

Baca lebih lanjut

Gorengan dadakan

Baca lebih lanjut

gara-gara mi ayam

Mumpung gak ada kerjaan,,jalan-jalan ke rumah bunda menik di bogor,,eh ketemu presty di sana. Tadinya ada yang mau niat traktir kita-kita di kedai mie janda oleh seorang bloggor, apa daya masakannya belom matang. Udah ngiler sampe kotos-kotos,,gimana neh,,mendingan bikin sendiri deh mie ayam ala yella,,,walopun gak seenak kalo ditraktir (hihihi—->gak modal :)) Baca lebih lanjut

Bikin donat kentang ah,,,

Rabu sore diriku berkunjung ke rumah kakak kedua, niatnya mau numpang ngenet, soalnya net dirumah eror mulu. Gak bisa blogwalking, bales koment, ato posting. Ternyata kakakku malah pulang kampung ke rumah mertuanya, di Majalengka. Deuuuuh sepi amat sih, udah sendirian dirumah, gak ada makanan yang bisa digigit. Baca lebih lanjut

CREPES ISI SELAI APEL

Di rubrik makan-makan ini, saya biasanya bikin resep dadakan. Apa aja bisa jadi. Seringkali resepnya “maksain”. Setelah dicicipi rasanya enak juga…apalagi dimakan sore hari,,,pas ujan….wuih…mak nyos…coba deh resep yang ini

selai apel :

cuci apel, buang isinya, blender bersama kulitnya dengan sedikit air

jerang di atas api kecil sampai air hampir habis

masukkan gula sambil diaduk aduk

matikan api jika sudah berubah menjadi coklat

crepes :

adonan crepes (lebih praktis bias dibeli di supermarket)

tambahkan 1 butir telor dan air, buat adonan seperti adonan pisang goring

panaskan wajan olesi dengan mentega

ambil adonan sebanyak 1 sendok sayur ukuran sedang

bentuk bulatan di atas pan frying (seperti telur dadar)

balik jika sudah matang

penyajian :

ambil 1 lembar crepes, olesi dengan selai, lipat menjadi setengah lingkaran

ini dia,,crepes yang udah diisi dengan selai, penyajiannya bisa bervariasi,,bisa dilipat ditambah krim dan buah-buahan yang rasanya asam seperti kiwi dan jeruk. Atau digulung dan ditabur gula halus

siap diserbu….sebelum makan berdoa dulu biar gak keselek saking enaknya…apalagi yang buat yella…(narsis!!!!!!!!!)

Teman yang menghangatkan di kala hujan

Jakarta-Depok-Bogor dan sekitarnya beberapa hari ini dilanda hujan deras disertai angin dan petir. Repot juga tiap pulang kerja, mau gak mau kehujanan. Padahal sudah bawa payung. Sampe rumah biasanya sih langsung ngeblog…(hehe ketauan deh). Tadi sempat ngintip warung tetangga yang jual nasi uduk, enak kayaknya makan nasi uduk yang gurih plus lalap, sambel, tahu-tempe goreng atau ayam goreng. Lagi-lagi rasa malas mencegah saya keluar. Habis harus antri dulu, belom lagi nunggunya, celana yang ikut basah. Ah, batal sudah keinginan makan nasi uduk. Hujan-hujan enaknya makan apa ya?

Saya coba cari-cari sesuatu di kulkas. Nyari-nyari sesuatu yang bisa disulap jadi pengisi perut. Setengah menit scanning, dapet deh…. Ada roti tawar, mentega….apel ???? wah gak ketemu, adanya wortel tuh…gak papa deh. Tak ada rotan akarpun jadi, maksudnye ora ono apel ra popo, wortel juga bisa…

Cara masaknya:

Kupas wortel dengan pengupas wortel, cuci pake air mengalir, iris kecil-kecil, blender dengan sedikit air.

Ambil wajan bersih dan kering, , masukkan blenderan wortel, panaskan, biarkan airnya agak berkurang, jangan sampai kering, apalagi gosong (nanti jadi selai areng,,,J )

Masukkan gula pasir, (kira-kira aja, kalau gak suka manis jangan kebanyakan, fungsi gula untuk memberi rasa manis dan membuat caramel, selai jadi kecoklatan)

Aduk-aduk sampai wortel berubah coklat, setelah air habis, matikan api

Roti bakar neh…

Ambil selapis roti, oles dengan mentega di kedua sisi, oleskan salah satu sisi dengan selai wortel, tutup dengan 1 lembar roti, panggang di atas Teflon atau wajan yang telah diolesi mentega.

Bolak-balik agar tidak gosong, kalau sudah kecoklatan, angkat deh tu roti

Dah siap disantap, bagi menjadi 8 bagian kecil

Kalo suka, tambahkan parutan keju dan susu kental

Si roti bakar siap menemani saat di luar lagi ujan deres. Eh, iseng saya tawarkan ke bapak ibu di rumah. Wah makannya lahap banget, gak tahu kalo selainya dari wortel. Coba kalo tau, bakalan gak doyan. Ini bias dijadikan trik untuk anak kecil yang gak suka makan wortel. Mau coba?

Oh Ya, roti bakar itu enaknya ditemani sama wedang sereh

cara buatnya :

Ambil 1 batang sereh, pipihkan pipihkan dengan uleg-uleg (supaya aroma serehnya keluar), rebus dengan air mendidih kurang lebih 6 menit, sajikan hangat dengan ditambah sedikit gula, seger banget (rasa wedang sereh ini seperti wedang jahe, bedanya jahe ada rasa pedas, sedangkan sereh tidak pedas, bener-bener seger. Khasiat wedang sereh : melancarkan peredaran darah, melemaskan otot yang kaku)

Siapa mau coba resep saya? biar lebih enak, makannya sambil lihat foto saya,,hehe,,

Brownis mini Black ala Chef in Black

Saluran cooking Asian Food Channel 24 jam di Asian food Channel, Indovision


Bahan A:

Coklat batang potong kasar

Margarin 3 sdm

Bahan B:

Telur ayam 1 buah

Gula pasir 5 sdm

Tepung terigu 125 gram yang sudah diayak

Tepung coklat cocoa 1 sdm


Cara membuat :

1. masukkan coklat dan margarin dalam panci bersih bebas air. Letakkan di atas panci yang ukurannya lebih kecil dengan air mendidih di dalamnya.

2. Lelehkan coklat di atasnya

3. sambil menunggu coklat meleleh. Kocok bahan B : telur dan gula sampai halus

4. masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit sampai habis

5. masukkan tepung coklat cocoa

6. terbentuk adonan B coklat kehitaman

7. jika coklat sudah meleleh seluruhnya, aduk coklat dengan cepat sambil dimasukkan adonan B ke dalamnya

8. angkat adonan jika sudah tidak ada gelembung

9. masukkan adonan dalam pinggan tahan panas yang berbentuk cangkir atau cup kecil aluminium

10. masukkan adonan sampai ¾ bagian wadah

11. oven 1800C selama 15-20 menit

12. jika menginginkan hasil brownis kering dapat dioven selama 25 menit

Tumis jamur ala yella

Bahan :

Jamur kuping diiris kasar

Soun yang sudah direndam air panas

Bawang putih diiris

Cabe rawit diiris

Garam

Minyak goreng 1 sdm

Cara membuat :

1. panaskan minyak goreng dan tumis bawang putih sampai kering

2. masukkan jamur kuping, tumis sampai layu

3. masukkan cabe rawit

4. masukkan soun dan garam, tumis sampai kering

5. hidangkan selagi panas

 

bola keju goreng

Bola keju goreng

Bahan :

Tepung terigu (1 bagian)

Air (2 bagian)

Margarin 1 sdm

Keju parut secukupnya

Telur ayam 1 butir

Tepung gula

Minyak goreng

Cara membuat :

  1. ambil 2 bagian air (2 cangkir), rebus sampai mendidih
  2. masukkan margarin
  3. masukkan tepung terigu 1 bagian (1 cangkir)
  4. aduk sampai tidak ada tepung terigu yang menggumpal
  5. masukkan keju. Aduk rata (semakin banyak keju, kue yang dihasilkan semakin kering)
  6. aduk sampai kalis
  7. matikan api dan dinginkan adonan selama 15 menit-20 menit
  8. masukkan telur dalam adonan
  9. bentuk adonan dengan 2 sendok makan. Goreng dalam minyak panas dengan api sedang. Goreng sampai keemasan
  10. taburkan tepung gula
  11. sajikan hangat