wisata kuliner kudus

Kudus sebuah kota di Jawa Tengah menyimpan banyak kuliner enak. masyarakatnya beragam suku. Mayoritas suku cina dan jawa. Gereja berdampingan dengan masjid, bahkan menara. Kehidupan masyarakat Kudus ayem tentrem. Jarang sekali ada kerusuhan. Dipersatukan dalam satu suara, wisata kuliner. Yang paling ngangeni adalah suasana saat jam makan. Tempat makan penuh dengan pelanggan.
Saya menghabiskan masa kecil di Kudus, jarang sekali jajan di luar. Ibu saya mengajarkan membuat makanan sendiri atau membeli jajanan tradisional di pasar. Setelah merantau malah kangen dengan makanan-makanan Kudus. Saya coba cari soto Kudus di manapun rasanya tidak ada yang enak. Tetap enak makan soto kudus ya di Kudus. hehe..belakangan baru saya mulai menikmati citarasa kuliner Kudus saat mudik. Berikut tempat jajan enak versi saya :

1. Gado-Gado Prambatan
Prambatan terletak di sebelah barat Menara Kudus. Dari Simpang 7, ke arah barat. Melewati Pasar Jember. Lurus terus ada lampu merah. 50 m dari lampu merah kanan jalan ada gado-gado Prambatan. Buka jam 10-habis. biasanya habis sekitar jam 14.00. Sepiring gado-gado ini terdiri dari irisan selada keriting, tomat, toge, timun, telur rebus belah, kentang, dan disajikan dengan kerupuk udang dan emping. harga 13rb/porsi (2013). Minuman paling enak diminum dengan gado-gado adalah kelapa muda. Saya adalah salah satu penikmat gado-gado Prambanan. Porsinya banyak, daun seladanya banyak, irisan telur dari 1 butir telur, dan bumbu siramnya begitu lezat. Njaman saya SD gado2 ini seharga permen sekarang, Rp 500
gado1

(gambar sendiri)

gambar orang

gambar orang

diambil dari sini

2. Warung es nusantara

warung ini mulanya hanya menjual es buah saja, namu lama-lama menjual es kacang ijo, gado-gado, es kolak. Gado-gadonya lumayan, tapi saya lebih suka rasa bumbu di gado-gado Prambatan. Selain itu sayurannya rebus semua, tidak ada selada dan tomatnya. Lokasi es nusantara ada di sebelah selatan alun-alun. tepatnya di sebrang warung soto Jatmi.

CIMG1086

(koleksi sendiri)

3. Cemeding

Cemeding adalah sejenis pecel yang memakai bumbu rujak kacang tanah. Biasanya terdiri dari sayuran rebus : daun turi, kangkung, toge, kacang panjang, timun, disiram dengan bumbu rujak kacang tanah. Makanan ini sudah mulai langka. Tempat yang masih menjual dengan harga terjangkau adalah di pasar kliwon. terletak di sebelah timur alun-alun. Dari alun-alun hanya naik angkot sekali ke pasar kliwon. Atau kalau mau berjalan kira-kira 1,5-2 km. CIMG1055

nah mbak-mbak yang jualan cemeding ada di pintu masuk persis bawah tiang sebelah kiri, harga cemeding per porsi Rp 2.000 (2013). Tentu porsinya tak cukup kenyang hanya dengan 1 porsi.

CIMG1053

selain menjual cemeding, juga tersedia pecel, dengan lauk/gorengan

4. Rujak Cingur Cik Lin

Konon, rujak cingur ini terkenal enak se-Kudus. Terletak di jalan Lukmonohadi 50. Lokasi di sebelah timur alun-alun. Dari alun-alun ke arah timur, perempatan lampu merah Gereja Pante Kosta ke kiri. Tak jauh dari belokan ada warung sederhana yang cukup ramai saat maksi.

rujak ingur 2rujak1

ambil di sini

5. Garang Asem RM. Podo Roso Loram

Garang Asem Ayam kampung terdiri dari ayam kampung, irisan cabe setan, irisan tomat, daun salam, tanpa santan. RM Poso Roso Loram tak jauh dari museum kretek. Dari museum kretek ke kanan, pertigaan ke kiri, lurus terus. Lokasi ada di sebelah kanan jalan.

Jl Patimura Loram Kulon

081 326 259 005

Buka dari jam 10.00-habis, garang asem dimasak hari itu dan dijual sampai habis. Rasa dari ayam segar dan bumbu minimalis membuat ketagihan. Selain garang asem, tersedia pula menu lain : sayur asem, pecel, gorengan, lauk pauk. Saat saya ke sana, pengunjung keluar masuk. Orang datang hanya makan atau dibawa pulang. Tak pernah sepi pembeli. Saking ngilernya, saya bawa 1 untuk di bawa sebagai oleh2. Ngeces.com 😛

6. Tahu Telur

Menu makan malam orang Kudus biasanya tahu telur, lontong tahu, lontong campur dan semacamnya. Hampir di sepanjang jalan sekitar kali gelis orang berjualan tahu telur. Mudah sekali mendapatkan menu ini di malam hari. katanya sih yang paling enak depan penjara. Terletak di sebelah barat alun-alun. Tinggal jalan kaki dari alun-alun ke arah barat sekitar 200m, anda akan mendapatkan surga tahu telor. Tahu telur terdiri dari tahu dan telur kocok digoreng, disajikan dengan toge, kol, dan kuah kacang. Kuah kacangnya sangat khas, gurih dari kacangnya, manis dari gula merah, asam dari asam jawa, dan warna hitam dari kecap. Pelengkap tahu telor adalah lontong/nasi, peyek, bawang goreng, dan, seledri. Aroma dan rasa asam jawanya sungguh menggugah selera. Nulis sambil ngilerrr…

rep-yun-tahu-telor-2 rep-yun-tahu-telor-1

koleksi orang

7. Pecel Pakis Colo

Pecel Pakis Colo ini berasal dari Desa Colo, karena di daerah tersebut banyak ditemukan tanaman paku-pakuan seperti tanaman pakis. Colo adalah daerah lereng Gunung Muria. Pelopor Pecel Pakis di Colo adalah mbok yanah. Kini diwariskan kepada anaknya, Sulyati yang warungnya tak jauh dari penginapan Pesanggrahan Muria. Menu pecel pakis juga dijumpai di warung lain di sekitaran Gunung Muria

daftar-makanan-khas-kudus-pecel-pakis-colo

ngambil dari sini

8. Pecel Sarmi

Lokasi di Desa Mlati, dari SMUN I Kudus kearah Barat. Nggak jauh dari persimpangan jalan. Selain pecel teredia menu lain seperti Rujak, Kolak & Bubur. Pecelnya spesial banget, pake semanggi. Kalo doyan bisa tambah cingur-nya. Nih tempat sudah turun temurun dari jaman doeloe.

alamatsarmi sarmi2

diambil dari facebook pecel sarmi

(0291)445782

Jumat libur,  buka setiap hari jam 09.00-16.00

 

sekian kuliner enak versi saya… sampai jumpa di Kudus :mrgreen:

 

 

 

 

 

Iklan

2 responses to “wisata kuliner kudus

  1. Eciye yang ngeblog lagi… 😀

    Ngiler aku mbak liat poto gado-gadonya.

    Tahu telor kudus tuh beda ya ama tahu telor surabaya atau tahu telor malang?

    Duh, pecel pakisnya juga keliatan menggiurkan. Hadeuh…

  2. Besok di coba kalo lewat kudus, tapi oleh oleh khas kudus apa ya??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s