kue-kue tanpa dioven

Membuat cemilan atau kue gampang kok, ga selalu harus dimikser atau dioven. Bahkan dengan telur, tepung, dan gula saja kita bisa membuat aneka kreasi kue lezat. Sejak berkeluarga saya lebih sering dapet orderan bikin kue, siapa lagi yang ngorder kalo bukan suami. Kue-kue dadakan yang saya buat dan posting sebelumnya ada beberapa :

bakwan keju

roti bakar isi selai wortel

crepes isi selai apel

donat kentang salju

bakmi ayam

tempura brokoli

bola keju renyah

Namanya juga kue dadakan, jadi ya resepnya mendadak dibikin. Karena terdesak oleh perut yang nagih cemilan trus bahannya juga terbatas. Jadilah beberapa resep dadakan. Nah kali ini saya mau psoting 2 kue lagi yang sempat saya buat beberapa hari lalu. Udah u cicip oleh suami, katanya sih enak. Yuk ini dia resepnya

1. Wafel sorbet mangga

tau wafel gak? bukan wafer loch. wafel tuh mirip crepes hanya saja dicetak di cetakan wafel, dipanggang kering, biasanya dihidangkan bersama topping es krim dan buah-buahan segar. kayak gini nih gambarnya

ini nyomot dari sini http://cuisinecafe.wordpress.com/2009/05/08/wafel-cokelat/

nah berhubung saya hanya punya cetakan buat sandwich roti tawar, ya wafelnya saya cetak disitu, itung-itung memanfaatkan kado dari bunda menik ๐Ÿ˜†

bahan wafel :

susu cair tawar 100 ml

mentega 3 sdm cairkan

tepung terigu

3 telur kuning kocok lembut

2 telur putih kocok kaku

100 gram gula halus

caranya :

1. campur tepung dan gula halus

2. campur kuning telur dan putih telur aduk rata

2. masukkan campuran gula halusdan terigu, aduk, kemudian tambahkan susu cair

3. terakhir masukkan mentega cair

4. diamkan adonan 10 menit

5. panggang di cetakansampai matang

adonan dicetak >>> bun kadomu tak pake lho ๐Ÿ˜†

kalo ingin didapat wafel yang kering maka ambil satu sendok adonan, panggang sampai kering. SAjikan di piring, ambil 2 wafel yang masih panas, tambahkan coklat leleh, taburi keju parut dan letakkan sorbet di pinggir wafel. ini dia gambarnya

kalo ngiler saya ndak tanggung jawab loh, bikin seniri ya :mrgreen:

2. sorbet mangga

pada resep pertama memakai toping sorbet, temen-temen pernah denger sorbet? atau sudah pernah memakannya? sorbet adalah sejenis es krim tanpa lemah, dibuat dari buah-buahan segar. Hasilnya memang tidak selembut es krim. Ya iyalah es krim kan pake bubuk krim dan kuning telur. Cuman ya ada lemaknya. Sorbet cocok buat orang yang mengurangi lemak. Bikin sendiri aja, caranya gampang kok :

bahan :

buah mangga segar 2 buah pilih yang sedang, blender (buah dapat diganti sesuai selera)

gula pasir 200 gram

air 50 ml

Membuatnya :

1. panaskan air dalam wajan dan masukkan gula, aduk-aduk sampai larut (air gula jangan sampai dingin karena akan membentuk kristal alias gulali

2. campur buah mangga yang telah halus dan gula cair, mikser sampai lembut

3. masukkan ke dalam wadah tertutup, dinginkan

4. simpan ke dalam freezer tunggu sampai mengeras, keluarkan, mikser kembali. Ulangi proses ini sampai 3 kali hingga diperoleh tekstur yang lembut

5. sorbet siap dijadikan toping berbagai macam kue atau dimakan saja seperti es krim

3. keju goreng kering

kue ini udah pernah saya postingkan di bola keju renyah,ย  bahannya sama, hanya saya modifikasi dengan menambahkan coklat pada adonan. ini dia hasilnya

sayang neh kameranya ga mendukung padahal aslinya keliatan bagus loh, gpp wes yang penting wuenak

udah dolo yo..mau bikin cemilan lagi neh, yuk ke dapur ..

Iklan

17 responses to “kue-kue tanpa dioven

  1. Kirim donk bu.. he, he, blogor blogwalking.. ๐Ÿ˜€

  2. besok2 klo mas shiro kerja suruh dia bawa yah… mau juga dong coba…

  3. @ farijs : cari warteg terdekat :mrgreen:
    @ pencerah : segera ke dapur cari nasi atau cemilan hehe
    @ miftahgeek : kirim kemana neh? maen ke rumah aja deh
    @ uki : oalah ini sukri toh, tak panggil mbak, lha aku kira temenku yang namanya uki, maaf ya..kan mas syiro sering bawa bekal cemilan ke kantor, emang ga dibagi? kasihan deh klo gt :mrgreen:

  4. waahhh,, mbaa.. cocok nihh resepnya buat yang baru belajar masak…
    *likes this*

  5. Sebentar lagi hari Ibu, hadiahkan sebuah puisi untuk ibu dan ikutkan dalam Parade Puisi Cinta.

    โ€”โ€”โ€”
    Rasa cinta pasti ada

    Pada makhluk yang bernyawa

    Sejak dulu hinggi kini

    Tetap suci dan abadi

    Tak kan hilang selamanya

    Sampai datang akhir masa

    (Lagu Renungkanlah, ciptaan dan dinyanyikan siapa ya,lupaโ€ฆ)

    โ€”โ€”โ€“

    Apakah anda mempunya rasa cinta ? Jika ada tuangkanlah dalam puisi dan daftarkan pada acara PARADE PUISI CINTA di http://abdulcholik.com/acara-unggulan/acara-unggulan-parade-puisi-cinta

    Sahabat yang lain sudah disana semua,tinggal menunggu puisi anda. Hadiahnya menarik lho, maka segera ikuti acara unggulan ini.

    Salam hangat dari Surabaya

  6. Ping-balik: Sambil Menyelam Minum Air « Batavusqu

  7. Salam Takzim
    Mohon Izin menyampaikan titipan dari zipoer7 dijemput ya disini
    Terima kasih sebelumnya
    Salam Takzim Batavusqu

  8. @ mas ze : sini mas ke rumahku to
    @ celine : cucok bgt deh buat yang mau belajar, tar klo dah jadi ak pengen nyicipin donk ๐Ÿ˜†
    @ pakde cholik : makasih pakde infonya

  9. cie yang pengantin baru,, asik masak ๐Ÿ˜€

  10. @ zipoer : hehe :mrgreen:
    @ dedi : iya neh, mau ikutan masak juga ded? ๐Ÿ˜†

  11. Keknya enak nih …
    untuk ngemil sore-sore begini …

    Salam saya

  12. jiakakakakakaka ๐Ÿ˜†

    tapi aku yo ngiler ndelok kuenya ๐Ÿ˜†

  13. ga pake gambar juga pasti ngiler bayangin wkwkwk

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s