Eco Park at Cibinong Science Centre

Sehari lepas Idul Adha, kami sekeluarga gak ada kerjaan, iseng-iseng saya mengusulkan mengunjungi pusat penelitian LIPI di Cibinong yang katanya disebut-sebut sebagai kebun raya bogor masa depan. Tapi ga bisa disebut gitu juga sih, soalnya ini adalah bagian dari taman konservasi  kebun raya Bogor Beberapa koleksi kebun raya akan dipindahkan ke Cibinong karena Kebun raya bogor sudah penuh.

Nama kerennya Eco Park atau gampangnya disebut Taman Ekologi. Letaknya di jalan Raya Bogor km 46.  Gampang kok aksesnya. Kalo dari Citayam hanya 10 km, naik motor sekitar 30 menit kondisi hari libur, kalo hari biasa itung sendiri ya :mrgreen: , dari Depok sekitar 20  km atau sekitar 1 jam kurang tergantung kecepatan mobilnya atawa tergantung sopir angkotnya ngetemnya lama apa engga :mrgreen: . DAri Jakarta kira-kira 46 km itu juga tergantung dari Jakarta mana 😆 Lokasinya tak jauh dari Pemda Bogor, jika dari arah Citayam atau Bojong gede, anda bisa lurus ke arah pemda sampai ketemu lampu merah, ambillah ke kanan arah jalan Raya Bogor. kira-kira 500 meter ada plang LIPI dan Bakosurtanal sebelah kiri jalan. Masuklah ke situ terus lurus sampe ke belakang. Taman ini terletak kawasan Cibinong Science Centre (CSC), merupakan kawasan penelitian LIPI, Bakosurtanal (Badan Koordinasi Survei dan Pemetaan Nasional), dan Eco Park. Selain mengoleksi beberapa tanaman, Eco Park juga memelihara beberapa jenis burung dan satwa lain. Hanya saja kami gak sempat menelusur karena sebentar lagi hujan akan turun.

Eco Park ini bisa dijadikan tempat hiburan alternatif  yang murah, cuma bayar uang parkir doank Rp 2.00o,00. Atau kalau anda baik hati ya kasih aja tuh bapak-bapak yang jagain parkir Rp 10.000,00 atau 20.000,00 . Tempatnya nyaman, romantis, bisa dipake buat prewedding lho. Usahakan datang pagi-pagi atau sore hari untuk menghindari panas mengingat koleksi tumbuhan besar di taman ini belum banyak, ya siap-siap aja kepanasan kek saya :mrgreen: . Buat yang haus atawa laper ada beberapa tukang makanan disitu, ada mi ayam, es cendol, ketoprak, minuman kemasan. Lumayanlah buat penghilang haus. Saya sempet beli es cedol 2 ribuan, rasanya lumayan, setidaknya gulanya asli enak.

Taman ini berisi koleksi beberapa tumbuhan dataran rendah. tingginya masih sekitar 1- 3 meter. Mirip dengan Kebun Raya Bogor, di tengah rerumputan dan pepohonan, di tengah-tengah terdapat danau buatan. Lalu di tengah danau ada jalan setapak buatan dari semen sengaja dibuat untuk menyeberang danau. Foto-foto di sini keren lho. ah, sayang kami datang waktu makan siang, gak sempat lihat sunrise atau sunset. Malahan kepanasan, haus, dan lapar.  Kawasan ini benar-benar nyaman buat piknik keluarga. Pantesan aja banyak yang mojok di sini. Nah, kira-kira blogger bogor bisa partisipasi ga nih buat “mengelola”  orang-orang yang mojok. Jangan sampai nanti taman ini menjadi tempat yang terkenal dengan mesumnya ketimbang prestasinya akan keindahan ribuan koleksi herbarium Indonesia.

Eh iya, jangan kuatir, Di kawasan CSC ini ada masjidnya lho. Letaknya dekat pintu masuk sebelum Kompleks Bakosurtanal. Jadi, libur murah? puas? mungkin kok. Sekali-kali bersahabatlah dengan alam. Nikmati energi dari alam untuk melepas penat. Selamat berlibur ya

keren kan?

mama sedang bersantai menikmati semilirnya angin

arah ke atas adalah pintu masuk sekalian parkiran

keren kan? danau “dora” nya? 😉

maksi haratis euy 😆

fettucini lada hitam bikinan my lovely sist, enak

Iklan

24 responses to “Eco Park at Cibinong Science Centre

  1. Salam Takzim
    Padahal setiap 2 minggu sekali lewat jl raya Bogor (bakosurtanal) kok belum tahu ya ada panorama di sekitar Bakos, hehehe maklum kalau lewat pake kacamata kuda..
    Terimakasih mbak, semoga ada waktu untuk menelusuri lebih dekat ECO PARK yang ada di Cibinong Bogor
    Salam Takzim Batavusqu

  2. Maap mau menjawab makna Batavusqu
    Batavusqu itu blog ini, diambil dari kombinasi sepeda onthelku yang bermerk Batavus dan Aqu sebagi pengendaranya, melaju dalam satu blog dengan wordpress sebagai mesin penggeraknya, Untuk menggowes diatas bumi demi menjaga negeri.
    He! jangan bengong simak lagi yuk di about
    Salam

  3. ehemm…gak ngajak2 nihhh..anak2 blogor ajak juga dunkk he.he.he.
    kan kita juga keluarga…keluarga blogor he.h.e.he. ^_^

  4. Bagus juga lokasi nya…
    emangnya boleh pergi awewek sana 😆

  5. @ zipoer : wah sayang tuh kalo eco park dilewatin gt ajah, enak jg buat ngumpul2 ato kopdaran, hehehe iya neh kurang lengkap baca profilnya :mrgreen:

  6. @ syam : kapan2 kita kopdaran disitu yah? nah agak susah buat yang naek angkot neh, soalnya masuknya lumayan dalem, sekitar 1 km an

  7. @ wempi : boleh-boleh asal jangan ngisengin orang hehe

  8. Salam Takzim
    Kemarin minggu kesana, kembali hanya lewat, so harus diburu dengan cuaca yang kurang bagus..
    Salam buat keluarga semoga senantiasa diberikan kedamaian
    Salam takzim Batavusqu

  9. @ uki 23 : silakan, ga ngupi2 dulu neh?

  10. Ping-balik: pasar kaget pemda cibinong « Lebih Dekat dengan Alam

  11. subhanallah ,,
    tempat’y indah banget .
    kebetulan saya beserta 3 sekawan ,bermukim didaerah sana .
    kami anak pkl asal tasikmalaya
    jadi tiap hari sabtu pagi rutin joging ke danau dora .
    hehe

  12. aku baru tau..padahal deket bgt..
    salam kenal ya mba 🙂

  13. inget mantan kalo ke danau dora 🙂

  14. danauny cii bgus , tpy sapah ajah bisa donk ksanah

  15. Kalo pake kereta turun dimana terus naiknya apa gan? Thanks

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s