meredam demam dengan sari kacang hijau

Seminggu ini badan terkena virus yang bersarang di tenggorokan. entah virus flu atau bukan yang jelas jadi mengganggu sistem pernafasan dan daerah THT. Kali ini saya bertahan untuk tidak ke dokter. Saya coba upayakan mengobati diri sendiri. Karena penyakit ini berulang setiap 1 semester. Jadi dalam 1 tahun bisa 2 atau 3 kali serangan. Penyebab penyakit ini adalah stres yang bersamaan dengan pola makan sedang buruk, kurang minum air, dan vitamin.

Mula-mula demam selama 2 hari diikuti dengan sakit kepala. Saya konsumsi paracetamol dan obat sakit kepala yang dijual di apotik. Setelah keadaan membaik, saya hentikan konsumsi obat tersebut. 2 hari berikutnya demam kembali menyerang diikuti sakit kepala. Wah saya terpaksa minum obat itu lagi denagn dosis 1×1 selama 2 hari.

Tiba-tiba saya teringat kata-kata seorang teman lulusan fisioterapi. Dulu waktu eyang saya mau dioperasi pengangkatan batu empedu, teman saya ini menyarankan untuk digagalkan karena usia eyang beresiko untuk dioperasi, selain itu ketuntasan penyakit juga belum bisa dipastikan apakah dengan operasi batu empedu bisa diambil dan bagaimana kondisi pasca operasi. Akhirnya diputuskan operasi tidak dilakukan. Sebagai gantinya eyang dirawat dengan ramuan tradisional/herbal Indonesia. Prinsip penghancran penyakitnya adalah tubuh dikuatkan lebih dahulu dengan meminum sari kacang hijau setiap hari. Setelah tubuh kuat baru bisa dilakukan pengobatan. Bisa juga meminum jus buah bit untuk menguatkan kondisi tubuh. Namun rasa buah bit yang langu, tidak akrab di lidah. Untuk itu saya memilih kacang hijau saja yang harganya lebih murah dan mudah didapat. Nah ini dia resepnya :

MEMBUAT SARI KACANG HIJAU

bahan :

1. 4 sdm kacang hijau

2. 1 batang kecil gula merah (selera)

3. 250 ml air

Cara memasaknya :

masukkan semua bahan dan jerang di atas kompor sampai gula merah hancur. Di sini kita tidak merebus kacang hijau sampai lunak. Kita akan memanfaatkan zat gizi yang terkandung dalam air sebelum kacang hijau lunak. Sebab zat ini akan hilang bila kacang hijau telah lunak, lebih tepatnya zat ini tidak tahan panas tinggi. Waktu merebus dari mentah sampai gula merah hancur cukup 5 menit. Siap diminum

2 hari berturut-turut saya minum sari kacang hijau ini dan ternyata badan saya kuat untuk beraktifitas seperti biasa meski radang, pusing dan batuk saya masih ada. Pada saat meminumnya hangat-hangat kuku rasanya badan menjadi segar. Beberapa jam kemudian, demam dan pusing saya hilang. Alhamdulillah ternyata sari kacang hijaunya bekerja. Kondisi saya makin membaik. Hari berikutnya saya teruskan minumnya. Ternyata efeknya recovery tubuh lebih cepat. Biasanya sehabis sakit, tubuh menjadi lemas dan tak bertenaga. Dengan sari kacang hijau ini tubuh saya segera pulih. Aktivitas saya selama sakit pun tidak terganggu. Bahkan sedang sakit begini, masih bisa lembur untuk menyelesaikan tanggung jawab.

oh tidaaaaaaaaaaaaaaaxxx..kacang ijo ku. Tentara semut udah datang siap menyerbu, bahkan beberapa udah ada yang berenang. Udah dulu ya..mau ngabisin kacang ijonya neh..keburu diambil ma semut..gak disisaiinn

*Dan ternyata saya sukses meminum air sari kacang hijau, biar cepet langsung srotop dari mangkoknya aja..hehehe…oh ya dan ternyata kenapa kacang hijau bisa memulihkan tenaga karena kandungan protein kacang hijau cukup tinggi, asam lemak tak jenuh, vitamin, dan mineralnya tinggi. Ditambah dengan gula merah klop deh sebagai sumber tenaga *

ALhamdulillah

19 responses to “meredam demam dengan sari kacang hijau

  1. wah, nice inpo mbak
    siap dipraktekkan
    matur tengkyu

    sami-sami, semoga bermanfaat ya ๐Ÿ™‚

  2. waa.. patut dicoba.. soalnya sekarang gantian ne mba.. lani lagi batuk n pilek + migrain kadang kambuh..
    tapi.. kalo minum sari kacang hijau yang dijual dalam kemasan itu boleh ga mba?? biar ga ribet.. ๐Ÿ˜€

    kalo yang beli itu, kacang ijonya dah ancur, zat gizi yang dimaksud udah ilang, trs juga ada pengawetnya (tapi masih lebih mending daripada minuman laen). trs gak ada gula merahnya, di kacang ijo kotak itu pake pemanis lain, kandungan gulanya tinggi. efek hangatnya juga gak ada, padahal efek hangatnya bisa melegakan hidung dan tenggorokan. ya dipilih aja yang terbaik buat kesehatan kita, owkeh?
    istirahat lan, padahal kamis pagi mau aku ajakin liat panglima mentas di sekolah alam, hehe

  3. Mbak yeelll.. tolong mbikinin aku satu gelas… jus kacang ijo.

    wokewh, 100 ribu ya plus ongkos kirim, xixixi

  4. saya sukanya minum sari kacang hijau yang udah jadi, biasa beli yang kotakan ๐Ÿ˜€

    emm gt ya… :mrgreen:

  5. wah info yang bagus. Hari ini saya membuat bubur kacang ijo sebenernya, tapi baru tahu kalau bisa jadi obat (dengan cara memasak seperti disebutkan di atas). Kirain cuman bisa buat obat lapar doang, hehe.

    dan kacang ijo istimewanya tidak mudah rusak oleh pemanasan tinggi, ga kaya kacang lainnya, coba aja, gampang bikinnya

  6. kacang ijo…….saya penggemar beratnya mbak,,,,

    selamat anda orang yang beruntung hidup sehat ๐Ÿ˜†

  7. bikinin…
    *malesnya dateng.. manjanya kumat* ๐Ÿ˜›

    :mrgreen:

  8. wah kebetulan jual bubur kacang ijo, jadi ada tambahan ilmu memanfaatkan kacang ijo

    mau donk nyicip gratis :mrgreen:

  9. hhmmm …
    ilmu baru lagi …

    btw … sisanya menyik kasih ke aku ya Yell

    (hihihhihih)

    sipppp ommmm xixixi, emang bau jigongnya mba menyik gpp om :mrgreen:

  10. Bahagia rasanya membaca artikel di atas
    Kala mulai hilang resep-resep tradisional yang terkenal minim resiko, murah, dan manjur, ada insan yang berjuang mengkampanyekan terus.

    Salut,
    Salam

    makasi bu apresiasinya ๐Ÿ™‚ ini memotivasi saya untuk menulis artikel bermanfaat lainnya, saya tunggu kedatangannya :), itu sudah menjadi tugas saya dan kita semua untuk back to nature

  11. Minum sari kacang hijau, selain nikmat ternyata juga dapat meningkatkan vitalitas. Kacang hijau baik untuk siapa saja. Pantesan di pos yandu tempat saya ransum jatah ransum untuk balita setiap bulan selalui ada minuman kacang hijaunya.

    Semoga sukses…

    makasih kunjungannya ๐Ÿ™‚ banyak sekali hal2 yang alam telah berikan kepada kita, namun seringkai justru kita menutup mata dan lebih percaya pada obat-obatan kimia, padahal kesembuhan ada di tangan Allah ๐Ÿ™‚ semoga sukses selalu ya

  12. Baru tahu nih perlu dicoba

    silakan ๐Ÿ™‚

  13. makasih mbak ๐Ÿ™‚ saya suka hal-hal yang alternate gini ๐Ÿ˜€

    sama-sama ๐Ÿ™‚

  14. hem…lama ga kunjung ke blog ini..
    banyak yg berubah…
    sory2 kalo ga pernah kunjung2

    gak papa, saya juga udah lama ga berkunjung juga, selamat datang kembali

  15. Boleh coba tuh.

    silakan ๐Ÿ™‚

  16. Kacang ijo ini bisa dimakan?
    Kacang ijonya perlu direndam dulu gak ya? Soalnya ada yg bilang kalo ga direndam bakal ada zat pemecah protein yg mengganggu tubuh…

  17. bisa dimakan kok, kalo mau empuk emang direndem dulu, kalo enggak juga gak papa. saya udah coba gak direndam dulu, dan ternyata gak ada gangguan apa2. alhamdulillah

  18. tahan berapa lama unutk penyimpanan sari kacang hijau?

  19. demam ma enak minum bodrex sama kerubutan selimut ampe gerah
    tapi ni kimia nggak bagus juga ya..
    mungkin dengan itu saya bisa praktekkan kalau pas sakit…he

Tinggalkan Balasan

