tempura brokoli di sore hari

Minggu sore di rumah sendiri…eh udah seharian kok di rumah sendiri…orang rumah lagi sibuk di luar :mrgreen:. Gantian aku yang sibuk di rumah, bosen di luar  :lol:. Sebenarnya ada pekerjaan mengoreksi PR murid. Tiba-tiba kepala pusing. Ternyata setelah diingat2 aku belom makan siang, hahaha pantes saja. Tapi makan apa ya?

Akhirnya ngorek2 isi kulkas ketemu sama brokoli. Terus ngecek apa masih ada tepung maizena dan tepung terigu. Telur ada. Merica bubuk ada . Garam masih…waaaa cucok neh bikin tempura..

Bahan:

brokoli segar (atau sayuran lainnya seperti wortel, kembang kol, terong, dll) potong batangnya, cuci bersih

tepung terigu 3 sdm

tepung maizena 1 sdm

telur 1 butir

garam 1 sdt

merica bubuk 1 sdt

air dingin (bila ada)

Cara membuat :

1. campur semua bahan kecuali brokoli, aduk sampai terbentuk adonan encer

brokoli-tempura-adonan

2. masukkan brokoli, kemudian goreng sebentar dengan api kecil, brokoli akan rusak jika dimasak terlalu lama.

brokoli-tempura

Nah, sambil makan hasil karya sendiri sambil brosing seputar tempura. Maklum itu tadi resep kira2 aja sih, hihihi. Makanya tanya ke mbah gugel. Ternyata toh tempura itu mirip-mirip tempe mendoan cuman tempe nya diganti sayuran. Tempura disajikan dengan saus khusus yaitu Tentsuyu yang ditambah parutan lobak atau parutan jahe sebagai penyedap. Tentsuyu dibuat dari campuran katsuobushi, air, mirin dan kecap asin yang dimasak sampai mendidih untuk menguapkan alkohol lalu disaring. Tempura juga sering dinikmati bersama air perasan jeruk, garam dapur, atau campuran garam dapur dengan salah satu bahan sebagai berikut: macha (bubuk teh hijau), bubuk kari, bubuk kulit jeruk Yuzu, atau merica sichuan. Di beberapa daerah di Jepang, tempura juga dimakan bersama kecap asin atau kecap Inggris (Worcester sauce). Kalo aku sih pake saos tomat yang ada aja, nda repot, yang penting enak, masih diterima sama lidah indonesiaku,,hehe

Selesai sudah sepiring brokoli di sore hari tepat postingan ini terbit. Mau coba? gratis kok..hehe..resepnya nda usyah mbayar..boleh dicontek..halal

*********

gambar2 di atas merupakan koleksi mbah gugel yang baik hati..mas/mbak saya comot ya gambarnya :mrgreen:

Iklan

18 responses to “tempura brokoli di sore hari

  1. jah, mingin-mingini doang! kirim dong ke sini…

    v(^_^)

    hwehe

  2. kemarin minggu saya belajar masak “ayam garang asem pedas” rasanya maknyus !!

  3. @ rindu : wah mbak itu menu favorit keluarga saya 😆

  4. aduh…jadi laper nih….,salam kenyal aja deh….
    kasih gw kritikan ya mbak, thx
    ** ngacir cari camilan**

  5. @ arvernester : cangkrukan mas …
    @ gwgw : salam kenal juga ya..kritikan apa ya ?
    @ dinocerata : boleh, kapan?

  6. @ menik : silakan datang ke rumah ya 🙂

  7. terimakasih untuk resepnya, wah ternyata kalau digoreng terlalu lama tida baik ya?
    saya baru tau..

  8. @ rera: iya mbak, dalam brokoli terkandung vitamin c 2x lipat dari sayuran lain, juga terkandung bahan2 penting untuk nutrisi otak, bahan2 tersebut rentan terhadap panas. maka kalau memasak usahakan sebenar saja…makasih ya mbak rera udah berkunjung

  9. Ping-balik: kue-kue tanpa dioven | Lebih Dekat dengan Alam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s