“Kenapa sAya jadi Guru…”

Alhamdulillah, akhirnya kelar juga deh ngajarnya.ย  Malam ini anak2 bikin tantangan keknya nantangin gurunya neh :mrgreen:, lha biasanya jam belajar berdurasi 2 jam, kini berdurasi 3 jam..Ada apa ini? ko mereka malah semangat

Wah buat saya sih, ini malah berita gembira,ย  soalnya anak-anak tuh seringnya males belajar, makin dikejar-kejar suruh belajar makin ga mau. Tapi kalo kita punya sesuatu yang menarik mereka, baru mereka mau belajar dengan kita.

Sekarang profesi guru memang sedang naek daun ulet donk, dimana2 dibuka lowongan guru mulai dari guru di sekolah sampe guru ke rumah ๐Ÿ˜† , berbondong-bondong ngajar di sekolah biar bisa ikutan PNS mungkin itu cita-cita banyak orang. Nah bagaimana dengan saya?

saya bukan seorang guru sekolah, melainkan guru ke rumah dan guru yang di datangi murid di rumah.ย  Saya justru belom berfikir ingin ngajar di sekolah. Cita-cita yang belom kesampaian ya itu jadi guru homeschooling. Entahlah, saya kurang begitu menyukai sekolah formal walau saya sudah berhasil menyelesaikan pendidikan sampai di perguruan tinggi. Apapun itu,ย  saat ini saya hanya menguatkan motivasi untuk mengajar.ย  motivasi ini berasal dari niat, Niat itu yang nantinya akan menimbulkan rasa ikhlas berinteraksi dengan murid,ย  sehingga mereka juga bisa menerima pelajaran dengan baik. Jangan salah lho, murid-murid juga membaca emosi kita, akan ketauan kalo kita mengajarnya gak ikhlas, alias terpaksa, apalagi dengan setengah hati, jengkel atau marah. Yang penting ngajar, dibayar, beres. Beda lagi kalo kita keliatan senang berinteraksi dengan mereka. Mereka akan lebih memperhatikan apa yang kita sampaikan.

Ada sebuah rahasia dibalik sebuah niat. Mulanya saya mengajar hanyalah wujud empati saya melihat anak-anak banyak yang kesulitan mengikuti pelajaran di kelas. Semakin kesini permasalahannya semakin kompleks. Ngomong-ngomong tentang niat, suatu hari saya teringat sebuah kata-kata indah :

“Apabila manusia meninggal dunia, terputuslah segala amalannya, kecuali dari tiga perkara; shadaqah jariyah, ilmu yang bermanfaat atau anak shaleh yang mendo’akannya.” (HR. Muslim)

ketiganya dilakukan sebelum orang bersangkutan meninggal. Waktu kita hanya 24 jam. Seperti saran Rasulullah, waktu dalam sehari hendaknya dibagi untuk 3 bagian. 1/3 bagian untuk bekerja,ย  1/3 bagian untuk ibadah, dan 1/3 untuk keluarga dan urusan dunia lainnya seperti makan, tidur, beristirahat, dll.ย  Saya akui sulit juga membagi waktu seperti itu, sedangkan saya berpacu dengan waktu sementara jadwal meninggal pun saya tak tau :mrgreen:.

Mengikuti saran guru spiritual saya, hendaknya setiap pekerjaan kita niatkan karena Allah, hal itu dapat memunculkan sikap ikhlas. Akan lebih baik lagi jika kita bisa memilih pekerjaan yang nantinya akan menjadi saluran untuk mengalirnya amal setelah kita meninggal. Setelah mendengar nasihatnya, saya semakin yakin dan mantap akan pekerjaan saya sekarang.

Saya jadi inget kata-kata seorang teman

” Dari ketiga hal itu, aku memilih ilmu bermanfaat daripada kedua hal lainnya, kenapa? karena amal jariyah yang dimaksut adalah shodaqoh jariyah yang ikhlas dan tersembunyi alias hanya Allah yang tau. Sedangkan dari masalah ikhlas saja, derajatnya haruslah yang tinggi, Allahu ‘Alam. Sedangkan mendidik anak menjadi shaleh pun tidak semudah membalik telapak tangan. Jadi kupilih jalan yang paling mudah saja yaitu melalui ilmu bermanfaat.”

Dari hanya sekedar niat, lalu pebuatan kita dapat dihitung ibadah dan insyaAllah menjadi amal. Bagaimana dengan saudara? apakah niat itu juga penting dan mempengaruhi produktifitas kerja?

47 responses to ““Kenapa sAya jadi Guru…”

  1. Ah,akhrnya.. :mrgreen:
    Hm,koment seriusnya ntr y mba’.. Coz ni cm dr hape.. ๐Ÿ˜‰
    Yah,insya Allah deh ๐Ÿ™„

  2. Hehe,pertamax bnr.. ๐Ÿ˜Ž *OOT lagi :mrgreen: *

    akhirnya..selamat mendapat pertamax…sesuai pesanan ๐Ÿ™„

  3. mo jadi bu guru nya wempi gak. udah lama nih putus sekolah ๐Ÿ˜€

    boleh ๐Ÿ™‚ gantian ya,,wempi jadi pak gurunya saya ๐Ÿ™„

  4. pendidikan itu sepanjang hayat..
    keknya aku memang ga berbakat
    lebih berbakat dirimu ๐Ÿ˜†

    kapan2 ajarin gue tentang hidup lagi ya Buuuuu ๐Ÿ™‚

    hidup? bisa bu,,caranya ambil nafas dalam-dalam, trus kalo udah rajin-rajin maem, minum, jangan lupa tidur cukup, jangan lupa cemilannya ya bu ๐Ÿ˜†

  5. saya seneng mbak kalo disuruh ngajarin anak2 kecil
    capeknya jadi ilang… :mrgreen:
    *padahal ngajarnya cuma pas kkn, itu aja bentaran doank ๐Ÿ˜†

    waaaa, bu guyu juga ya,, kapan2 ke yogya ah, minta diajarin sama bu wen ๐Ÿ˜†

  6. HHmmm …
    Tulisan ini seakan mewakili perasaan saya …
    begitulah yang ada didalam hati saya …

    dan terus terang ini memerlukan proses yang sangat lama … 10 tahun … sebelum saya menemukan kebahagiaan bekerja …
    bekerja sebagai Trainer …

    alhamdulillah om, proses itu memang ada yang cepat dan ada yang lambat. Masih mending om setelah 10 tahun, ada orang yang seumur hidup tidak merasakan nikmatnya bekerja. rasanya gimana ya? :mrgreen:

  7. ibukku guru…

    budeku guru…

    tanteku guruu..

    bojoku juga guruu..

    dan sekarang koncoku juga guruu…

    Ooomaayyygoodd.. aku kapan dadi guruu??

    dadi guruku ngeblog saiki kerso mboten mba? ๐Ÿ˜†

  8. Guru…
    dan amal jariah

    mbak yella sungguh ‘cerdik’ melihat ‘peluang’ ๐Ÿ˜€

    alhamdulullah put, Allah memberiku kesempatan yang tidak dimiliki orang lain ๐Ÿ™‚

  9. Hmm..
    Jadi inget keteladanan Pak Harfan dan Bu Mus di Laskar Pelangi..
    Moga akan muncul 1000 orang-orang seperti Pak Harfan dan Bu Mus di bumi Indonesia ini..
    Amiin..

    amin ya robbal alamin, ato mba yuan ikutan juga donk, biar ramen neh ๐Ÿ˜†

  10. Saya juga sekarang sedang belajar jadi guru
    Tahu gak, tadi jam 8 pagi saya dah ngajar
    Ternyata seru juga ya ๐Ÿ˜€

  11. weee aku ki jek ajaran ngeblog jee.. durung iso nggawe template dewee..

    btw, alamatku mengko tak smske bubun wae yaa… kapan mau dolan. dadi tak cepak2 mbak…

    ngundang dangdutan nggo nyambut njenengan..!!

  12. Pekerjaan yg disertai dgn niat yg baik, biasanya akan memberi hasil yg baik juga.

    Btw, kata si Presty, mbak Yella hari ini lagi ul-tah ya. Selamat ya. Mudah2an hari2 mbak Yella makin terasa menyenangkan.

  13. @ owner:
    On a respon to Yuan, you wrote:

    …ato mba yuan ikutan juga donk, biar ramen neh…

    Hehe… ๐Ÿ˜€
    Yuan itu lelaki.. ๐Ÿ™„
    Tmen n sodara sy skampus dlu.
    Kalo “ramen”, itu makanan favoritnya Naruto… ๐Ÿ˜†

  14. …bah!
    Kurang huruf “d”.. ๐Ÿ˜•

    @ mb Yella:
    Lum bisa nulis artikel.., nunggu kelas 3 UNAS dulu… ๐Ÿ˜

  15. kenapa saya jadi tukang ketik?
    nggak tau hihihihi

  16. @ hyorinmaru
    mksh Mas atas klarifikasinya.. ๐Ÿ˜€

  17. Ilmulah yg mnempa akal, hngga kita tau ttg baik dan buruknya sesuatu. Kita tau sadakah jariah dan doa bagi org tua adalah krn ilmu itu. Apa kabar sobat? Lama gak mampir ke tmpatku.
    ” slamat ulang tahun ya..” moga panjang umur, bahagia n sukses slalu. Amin.

  18. pengen merasakan jadi guru sebenarnya? turunlah dari padepokan kota. susuri sekolah yang jauh letaknya di pelosok, yang untuk mencapai tempatnya butuh perjuangan ekstra. bila sudah demikian baru boleh berbangga diri, apalagi bila anak-anak yg diajar sukses.

    salam mbak. salam sesama guru

  19. Niat adalah penentu dari amal ibadah. Benar nggak bu guru? ๐Ÿ˜€

  20. dan sekecil apapun bentuk amal ibadah itu, msekecil zarah sekalipun. Allah akan memberikan balasan atas amal yang kita lakukan. mengajarkan ilmu yang bermanfaat, mendo’akan kedua orang tua, dan bershodaqoh jariyah. kita memiliki kesempatan untuk melakukan itu semua. karena mereka bukanlah sebuah pilihan, tapi kewajiban. dan pada akhirnya, keikhlasanlah yang menentukan diterimatidaknya amal ibadah kita. wa Allahualam.

  21. selamat ulang tahun ya buguru ya..
    semoga tambah sukses bu….

    makasih pakde, sama-sama,, ๐Ÿ™‚

  22. Yella …
    It’s Gonna be OOT …
    Aku mau beli lilin nih …

    Yella butuh lilin angka dua dan angka berapa ya …

    Hehehe …
    Semoga Bahagia dan Sehat Selalu …

    Salam dan Doa Saya
    NH18 – The Trainer

    subhanallah om inget tanggal lahir saya, terharu neh jadinya..amin amin amin ya robbal ‘alamin, makasih om doanya semoga om juga sukses jadi trainer ya — salam dari saya —- the teacher ๐Ÿ™‚

  23. bu Muslimah…. ya saya sependapat
    dan lagi didunia ini hanya ada dua profesi yaitu guru dan bukan guru
    viva pendidikan
    amal jariah menunggu Anda

  24. absolutely dong… setiap kerja itu harus ada niat… btw..mau jg dong jd guru…

  25. merasa jadi ade yang durhaka gue soale jarang nyamfah di sini.. :mrgreen:

  26. jane aku ki yo pengen bgt jadi guru privat

    tapi aku ya mesakke karo bocah2e ngko..
    ๐Ÿ˜†

  27. Seandainya semua guru2 itu seperti Yella ๐Ÿ™‚

    tentu ini akan jauh lebih baik lagi untuk merubah bangsa ini ๐Ÿ™‚

    Salam ๐Ÿ™‚

  28. Mudah-mudahan aku bisa kaya mba yel ๐Ÿ™‚

  29. Wah.. memang amal yang mulia.. Semoga sukses ya ๐Ÿ˜€

  30. Salam kenal
    aku ga pernah berfikir untuk jadi guru, tapi pada kenyataannya sekaranh stelah menjalaninya malah sangat….dan sangat menyenangkan. apalagi ngajar di SD

  31. Gak tahu ya, kemarin daftar PNS dan diterima, terus nunggu SK turun, gitu aja….

  32. Saya juga masih proses mencari, menikmati pekerjaan mengajar.

    Sabar aja yaa..

    sesuatu yang ditekuni dengan keikhlasan dan kesabaran semoga akan menjadi kesuksesan ๐Ÿ™‚

  33. ibu bener2 wanita yang baik…walaupun saya cwo,doakan semoga saya bisa menjadi seperti ibu…berjuang untuk dunia dan akhirat..^^

    makasih pak/mas kus atas kunjungannya, semoga apa yang saya bagi bisa dimanfaatkan seluas-luasnya :), ayo kita sama2 berjuang di jalan kebenaran ๐Ÿ™‚

  34. hi there! i believe in what are u saying. semua dtg dgn niat. salam dari sy di malaysia!

  35. @ wan fara : kapan sampe ke indo? ๐Ÿ˜†

  36. saya cari google “kenapa jd guru” then keluar result your blog

    oo gt ceritanya…tertarik jadi guru kah? ato sudah jadi guru? ๐Ÿ˜†

  37. Ping-balik: menyiapkan diri menjadi seorang guru « Semangat Persaudaraan

  38. ok, saya juga lagi cari alasan kenapa saya jadi guru, atau lebih tepatnya apakah alasan saya sudah benar menjadi guru, thanks buat tulisannya, salam……….

Tinggalkan Balasan

