Awas parcel produk china!!!!

Menjelang lebaran tiba, permintaan pasar terhadap produk makanan pabrik (permen, susu, coklat, biskuit, dll) menigkat cukup tajam baik untuk keperluan parcel atau suguhan di hari raya. Hal ini cukup membuat jeli mata para produsen makanan. Segala cara mereka lakukan supaya produk mereka laris manis meski resiko membahayakan kesehatan konsumen di depan mata. Contohnya adalah beredarnya produk-produk cina yang mengandung melamin. Melamin yang ditemukan oleh seorang ahkli kimia Belgia tahun 1907 membuka pintu gerbang berdirinya industri polimer di seluruh dunia. Penemuan polimer mutahir ini awalnya digunakan sebagai bodi pesawat telepon generasi pertama. Seiring waktu berjalan, melamin digunakan untuk peralatan makan, gelas, mainan, kursi, meja, tempat tisu, dll.

Kabar terbaru datang dari Kepala BPOM pusat mengenai beredarnya produk makanan China yang mengandung melamin. Bahaya melamin sama seperti bahaya logam dan produk sintetis lainnya. Akibatnya tidak dirasakan langsung oleh si konsumen, melainkan efek jangka panjang akan dirasakan belasan bahkan puluhan tahun kemudian. Tak heran sekarang ini seringkali muncul penyakit-penyakit degeneratif yang sulit disembuhkan. Saya tidak hendak menakut-nakuti pembaca mengenai produk china tersebut, namun sebagai seorang konsumen baiknya kita lakukan langkah pencegahan. Jadilah konsumen bijak dan cerdas. Terutama makanan untuk anak-anak, ibu hamil dan orang tua yang rentan terhadap zat sintetis.

Berikut daftar dari Badan POM berisi produk-produk yang ditarik dari peredaran karena mengandung susu dari China:

1. Jinwel Yougoo susu fermentasi rasa jeruk,
2. Jinwel Yougoo aneka buah,
3. Jinwel Yougoo tanpa rasa,
4. Guozhen susu bubuk fullcream,
5. Meiji Indoeskrim Gold Monas rasa coklat,
6. Meiji Indoeskrim Gold Monas rasa vanila,
7. Oreo Stick Wafer,
8. Oreo Stick Wafer,
9. Oreo Coklat Sandwich Cookies,
10. M&M’s kembang gula coklat susu,
11. M&M’s coklat susu,
12. Snicker’s (Biskuit-Nougat lapis coklat),
13. Dove Choc kembang gula coklat,
14. Dove Choc,
15. Dove Choc,
16. Natural Choice yogurt Flavoured Ice Bar,
17. Yili Bean Club matcha Red Bean ice bar,
18. Yili Bean Club red bean ice bar,
19. Yili Prestige Chocliz,
20. Yili Chestnut Ice Bar,
21. Nestle Dairy Farm UHT pure milk,
22. Yili High Calcium low fat Milk Beverage,
23. Yili High Calcium Milk Beverage,
24. Yili pure milk 205 ml,
25. Yili Pure Milk 1 L,
26. Dutch Lady Strawberry Flavoured milk,
27. White Rabbit creamy candy,
28. Yili Choice Dairy Frozen yoghurt bar (kembang gula)

Saat ini BPOM di seluruh Indonesia telah melakukan sweeping terhadap produk-produk tersebut. Bekerja sama dengan masyarakat maka peredaran produk china berbahaya ini dapat diatasi. Caranya dengan tidak membeli produk-produk tersebut.Β  Produk yang dimaksud adalah produk impor dari China bukan produk Indonesia. Jadi Oreo buatan pabrik lisensi di Indonesia dan di China lain. BPOM tidak menemukan oreo mengandung melamin yang diproduksi di Indonesia.

Cara membedakan produk luar dan dalam negeri untuk produk lisensi yang sama, misal Oreo :

LIHAT KODE PRODUKSI PADA KEMASAN :

BPOM R MD 12275……………. >>>> MD menunjukkan kode produkdalam negeri

BPOM R ML 13456…………….. >>>> ML menunjukkan kode produk luar negeri (impor)

Sekali lagi, produk-produk yang dimaksud adalah produk buatan China. Jadi buat teman-teman pecinta cemilan bikinan pabrik bisa lebih teliti sebelum membeli. BPOM telah menjamin kemanan pangan dalam negeri, silakan tetap dilanjutkan ngemilnya πŸ˜†

**********************************************************

buat pecinta cemilan buatan pabrik :

*bahaya menumpuknya kalori tetap ada :mrgreen: >>>>> bisa diatasi dengan perbanyak aktivitas yang menghabiskan kalori

**serta bahaya gigi rusak/keropos siap menghadang, periksa ke dokter gigi 6 bulan sekali ya, πŸ˜†

Iklan

33 responses to “Awas parcel produk china!!!!

  1. hahaha.. membakar kalorinya dengan apa mbak? dengan menghentikan camilan dan digantikan dengan susu, sekali teguk langsung keyang, biar gak makan cemilan lagi..hehehe

    wah serem oreo ada melaminnya..tidaaakkk dah makan berapa biji yah? 😦

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    kalo ga terlalu sering makan siy ga papa, telen aja lagi :mrgreen:

  2. Ping-balik: Awas parcel produk china!!!! | Blog Batam Digital Island

  3. waduh untung gue uda lama ga mau beli produk import kalo belanja di supermarket. Tau gini kykya nama cina bakal makin terpuruk nih di pasar. Abis imagenya bener2x cuman murah tp ga berkualitas.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    salut ma mas sigit, pecinta pdoduk2 dalam negeri, hati2 produk jadul alias kadaluarsa :mrgreen:

  4. aku ga suka beli produk makanan china. tapi siapa yang nyangka ‘bahannya’ ada yang dari china.
    untungnya (dasar orang jawa, untung terus) dari sederet daftar tsb aku cuma pernah beli yang no 7 dan 8 (eh 7 dan 8 kok sama?). itu juga udah lama banget. mudah2an yang aku beli yang MD.
    kalo ML ma suami aja deh… lho wah ngaco…

    thanks infonya ya la…

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ssssssssst, jangan bahas ML itu disini mbak, belum cukup umur πŸ˜†

  5. padahal saya pernah beli juga tuh, abis beredar bebas di pasaran sih.
    terima kasih informasinya,

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama2 mbak

  6. yang perlu di perhatikan lagi adalah tgl kadaluarsa

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    penting tuh πŸ™‚

  7. thank infonya bener2 harus lebih ati2 deh sekarang terutama produk dari china

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iya lho bener, selain makanan, juga mainan dari plastik daur ulang

  8. Untung saya bukan orang penting, jadi kayaknya ga bakal ada yg akan ngirimin parcel (lebaran) buat saya… πŸ˜€

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    bukan masalah orang penting ato enggak pak, masalahnya itu racun, orang ga penting juga kalo keracunan kan repot πŸ‘Ώ

  9. gue jadi ngeri ama yang begini2an 😦
    jadi over protect buat ngasih apa2 ke kaka

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    anaknya juga harus dikasih tau kalo ga setiap makanan itu aman, percuma ngelarang doank :mrgreen:

  10. ngecek di kulkas..
    jeng oreo yang kemaren kita makan itu darimana ya ? πŸ™„

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    kita? bunda kale πŸ˜†

  11. Allahu Akbar 3x Walillahhilhamd
    Taqobballahuminna waminkum Taqobbal ya karim.
    Selamat Iedul Fitri 1249 H.
    Mohon maaf lahir dan bathin.
    Semoga sukses

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama2 mas, makasih dh mampir, semoga sukses juga ya πŸ˜†

  12. waduh aq barusan makan makanan yang ada di daftar atas…..gimana donk….
    mohon maaf lahir batin ya mbak…..
    kapan2 mampir ke surabaya

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    gpp seh, udah terlanjur, asal jangan sering2 ya, sering ke surabaya kok, tapi ko ndak ketemu sampeyan ya? πŸ™„

  13. Nih makanan produk cina yang kedaftar lho…..
    yang belum masih banyak mba’…..
    salam kenal dari mbrebes….

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iya mas, sya pernah praktek di BPOM kok, emang banyak,cuman kadang ada pihak terkait (Depkes) yang bergeraknya lambat menyebarkan informasi 😦

  14. MD= Makanan Dalam
    ML=Makanan Luar

    apa harus samapi segitunya ya. mencari untung tapi mengorbankan anak anak. itu sama saja meracuni namanya
    pengusaha pengusaha yang begini biar di kutuk jadi sapi aja.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    keenakan kalo jadi sapi, nanti susunya bisa diperah terus dikasih melamin, terus dijual lagi, malah meracuni bayi-bayi enaknya jadi onta gimana? kan harus hidup di tanah egrsang dan kering, mengantar orang bepergian di padang pasir dengan beban berat, hehe

  15. saya rasa masih banyak jenis makanan lainnya yg berbahaya
    baik dari luar maupun dari dalam.
    pantas aja orang orang sekerang ini umurnya gak panjang
    karena tiap hari komsumsi racun terussssssssssssssssssssssssss.

    sayur aja ada pestisida
    apa lagi makanan yg di olah secara kimia…
    gimana itu dek yella
    sebagai orang kimia?

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    itulah, back to nature paling aman, sayur buah tanam sendiri, tempe tahu buat sendiri, kecap dan saos buat sendiri, sakit obatnya pake herbal, itu yang bis akita lakukan πŸ™‚

  16. betul sekali kita harus hati2 , wong untuk kita sendiri kok…
    πŸ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    lha iya bener tu mas πŸ™‚

  17. skrg ini kmn banyak yg aman y untuk bangsa Indonesia..kasiaaan amat… 😦
    Lama2 g ada lg yg layak di konsumsi…udh mending Qta ke luar negeri aja, atw ke planet lain aja yuk mbak…cpk dech

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    enggak ah, ga punya duit sebanyak itu untuk ke bulan ato mars, di indonesia kita masih bisa bertanam dan berusaha kok, masih banyak yang bisa dimakan, kita tanam sendiri, kita panen, lalu kita masak, kembali pada masa nomaden ya,, πŸ™‚

  18. makanya yang cewek harus pinter masak, hahaha. biar gak beli melulu, kan bisa bikin kukis di rumah…

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ya donk, harus itu πŸ˜†

  19. teh, parcel dari teteh lom nyampe2 ke tempat farijs, nih. hwehe.

    (^_^)v

    cina, cina. lagi2 produk dari cina bermasalah. entah nanti barang ‘tiruan’ apa lagi, ya?

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    manusia tiruan alias manusia palsu? πŸ˜†

  20. dari cina? kualitasnya banyak yg jelek. murah kadang, tapi kualitasnya jelek dan berbahaya

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    nah itu dia pak, makanya kita harus teliti dan waspada πŸ™‚

  21. untung aku nggak suka ngemil (soale nggak pernah nyempatin beli :d)

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    wew, ga sempet beli apa gak ada yang beliin, hihihi :mrgreen:

  22. heyy jeunggg..lama akau tak main kerumah muuu πŸ™‚
    kangennnnnn

    hihihi

    met lebaran yaa
    minal aidin wal faidizin

    dari yessy, suami..dan little Tangguh Muchtar

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    oh ya mbak yes, ramadhan ini alhamdulillah sibuk, pulang udah capek, abis di luar udah jalan2 blogwalking jadi males, hehe, sama2 mbak, mohon maaf atas segala yang salah ya, salam tuk keluarga πŸ™‚

  23. Itu baru makanan dgn bhn dasar susu yg mengandung melamin.. Gimana yg mengandung bhn2 lain ya ?

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    yaaaaa, gitu deh pak,, 😦

  24. mbak………..ada PR lg ah di blogQ….

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    udah ntuh dikerjain, tuh liat postingan terbaru πŸ™‚

  25. wah bahaya yah China ini, kenapa yah bisa kayak gitu ? kebanyakan warga negara nya kah ? sehingga tidak terkontrol ?

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    emmm, bukan, mereka lebih berorientasi pad aharga bukan kualitas, itu saja intinya 😦

  26. he eh kudu ati2, untung bulan orang terkenal jadi ga ada yg kirim parcel πŸ˜‰

    makaci ya πŸ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    wew, orang terkenal juga banyak yang gak dapet parcel kok, masalahnya ini di produknya bukan parcelnya πŸ˜†

  27. **serta bahaya gigi rusak/keropos siap menghadang, periksa ke dokter gigi 6 bulan sekali ya πŸ˜†

    kok dicoret mba?!?

    oreo ada juga yach? alhamdulillah udah jarang makan.
    tapi ponakan saya suka banget sama oreo, tapi bukan yang wafer πŸ˜€

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    gak masalah produknya apa, yang penting dicek buatan mana πŸ™‚

  28. ya harus hati2…
    Jangan beliproduk yang berlamin saja dan tidak halal

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ya lah, harus itu πŸ™‚

  29. Hmm,
    maaf klo isi comment keluar dari materi postingan yach…

    i just want say’ :

    Taqabballallahu Min A Wa Minkum Shiyamanaa Wa Shiyamakum Kulluia Amin Wa Antum Bi Khoirin,
    Met Idul Fitri Yach,
    Mohon Maaf Lahir dan Bathin, atas semua kreasi postingan & comment gw yang salah…
    wasalam.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama-sama mas, namanya juga manusia, tempat alpa dan lupa serta salah, impas ya mas, πŸ™‚

  30. Terimakasih infonya, dan sangat menolong.
    Selamat Idul Fitri, mohon maaf lahir dan batin

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama2 pak, minal aidin wal faidzin, makasih dah mampir πŸ™‚

  31. aduuuuuh china ini memang nyeremin deh. makasih ya udah diposting daftarnya

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama-sama mba dian, kemungkinan produk cina ini sudah tersebar dis eluruh dunia, waspadalah!!!!!!!!!

  32. melamin yah?

    tw ga sis, di piring yang biasa kita makan juga mengandung melamin loh πŸ˜›

    nice info awa jadi harus extra hati2 kalo dikirimin parcel πŸ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    hya bener, itu berasal dari bahan yang sama, melamin itu polimer dari plastik, bedanya dengan plastik biasa, melamin itu tahan terhadap panas tinggi sehingga tidak mudah meleleh dan pemanfaatannya lebih luas

  33. Sekarang makanan apa sih yang aman ?

    Pernah gw nonton di salah satu tayangan tv swasta Ayam dikasih minum obat sakit kepala,dikasih garam biar minum yang banyak, lalu dipotong terus diformalin deh….

    Blum lagi ayam tiren (Mati Kemaren)

    Ikan diformalin biar seger,

    Susu dimelaminin,

    Buah disuntik pemanis,

    Beras dikasih pemutih,

    hm… yang aman tuh nanam mangga sendiri, pelihara ayam sendiri,nanam padi sendiri, perah susu sapi sendiri, eh jadi petani deh… hehehe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s