Lemak-lemak itu telah pergi

Adakah hubungan antara lemak tubuh dan Ramadhan? ow, tentu ada, terutama buatku :mrgreen: . Hari pertama Ramadhan cukup berat ku lalui. Penyesuainan tubuh terhadap jadwal makan membuat tubuhku sempat ngedrop. Gejalanya menyerupai darah rendah dan hipoglikemia (kurang gula darah). Alhamdulillah hari pertama sukses. Memasuki hari ke-empat, badan rasanya mulai ringan dan terbiasa, tubuh sudah bisa beradaptasi. Makan 2 kali sehari dengan sedikit tidur (tidur malam rata-rata 3-3,5 jam). Porsi nasi dikurangi 1/2 bagian. Porsi sayur dan lauk ditambah 1/2 bagian. Berusaha untuk mengurangi meniadakan konsumsi santan dan minyak berlebihan karena terlalu banyak membuat asam lambung berproduksi lebih banyak. Udah hari ke-empat aku tidak memasukkan menu berbuka dengan kolak, apalagi es kolak yang lemak dalam santannya membeku karena es, sehingga memungkinkan terjadinya penumpukan lemak di tubuh. selain itu, es kolak sulit dicerna lambung, lambung membutuhkan waktu lama untuk mencernanya.

Yang kulakukan ketika berbuka adalah setelah adzan, ambil sedikit air putih untuk dikumur dan ditelan. Karena seharian gak makan otomatis bakteri dalam mulut yang seharian menumpuk di rongga mulut. Kondisi ini dapat dimanfaatkan untuk melancarkan pencernaan dengan cara berkumur dan ditelan.

Kedua, ambil minuman manis dan hangat seperti teh. Umumnya suhu tubuh naik karena seharian tidak minum air, maka aku memutuskan untuk menyesuaikan tubuh dengan minuman hangat dan manis yang mudah diserap tubuh. Kalori tubuh yang terkuras seharian dapat segera digantikan dengan kurma dan teh segelas manis.

ketiga, Sholat magrib. Segelas teh manis hangat dan kurma membuat perutku kenyang seketika. Gak baik kalo segera ditumpuk dengan makanan apalagi dengan karbohidrat kompleks seperti nasi. Sambil memberi kesempatan si lambung mengolah teh manis dan kurma menjadi kalori, aku memutuskan sholat magrib daripada bengong. Lagipula kalo buru-buru dikasih makanan seperti gorengan atau kue lainnya, ujung-ujungnya perut jadi penuh, sholat magribnya telat :mrgreen:

Setelah sholat magrib biasanya [erut sudah lumayan kosong. Saat seperti ini mulai deh diisi sama makanan lumayan berat seperti kue, gorengan, es buah, dll. Kalo aku sih tetep aja No Kolak :mrgreen:

Makan nasi kapan donk?

sekitar jm 8-an atau selepas isya. Kebetulan aku gak ikutan sholat tarawih di masjid. Biasanya aku tidur dulu. Baru tarawih lewat tengah malam. Memang sejarahnya kan sholat tarawih itu adalah sholat malam di bulan Ramadhan. Jadi ya aku pindahkan aja waktunya. Itu pun baru 3 tahun ini aku menjalaninya. Sebelum-sebelumnya sih di musholla atau masjid. Cuman aku sering ndak cocok sholat di musholla atau masjid itu tarawihnya ngebut. 100 km/jam, bahkan ada yang 120 km/jam. Jarang ada imam tarawih yang bacaanya dilambatkan dengan gerakan yang lambat pula. Yang ada cuman capek doank 😦

Daaan hubungan dengan lemak tadi, dengan pola makan dan jam tidur yang demikian, lemak-lemak di tubuhku pergi terutama di bagian perut. Ternyata Ramadhan merupakan bulan yang tepat untuk membuang lemak berlebihan dan detoks (mengeluarkan racun dari dalam tubuh). Coba aja kalo gak ada shaum Ramadhan, bisa-bisa tubuhku melar gak karuan. Alhamdulillah, inilah hikmah dari shaum Ramadhan. Tubuh jadi jiwa dan raga fresh kembali.

Jadwal mengajar tetep seperti semula dengan durasi waktu yang sama, tidak dikurangi. Justru malah nambah semangat. Selain itu aku lebih suka berjalan kaki menuju tempat mengajar. Sekalian olahraga sore. Biar ndak ngantuk, hehe.

Demikian curhat lemak seputar Ramadhan, semoga bisa diambil manfaatnya ya,

=============================

Tadi waktu mbaca teh manis, kurma, es campur, gorengan, da temen2nya, gak pada “banjir” kan?, awas tuh mulut penuh :mrgreen:

maap. gak bermaksud πŸ™‚

Postingan di atas berdasarkan pengalaman sendiri selama 3 tahun terakhir, sedangkan profesiku bukan dokter atau ahli gizi. Kebetulan dulu pernah ambil mata kuliah biokimia dan kimia organik, dari teori-teori tersebut coba aku manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari, maap ya kalo tidak sesuai dengan pengalaman pembaca. Seaandainya ada salah satu pembaca yang dokter atau ahli gizi, mohon tulisan saya diralat atau diberi masukan, terima kasih ya πŸ™‚

Iklan

40 responses to “Lemak-lemak itu telah pergi

  1. hoho. akhirnya ada bukti ilmiah bahwa tulisanku mengenai Gendut vs Puasa. hwehe…

    (^_^)v

    bener tuh, apalagi kalo berbuka pake kolak dan makanan bersantan lainnya. setahuku santan itu susah dicerna, sehingga akan sangat memberatkan organ pencernaan kita yang sudah seharian tidak bekerja langsung disuruh kerja berat.

    paling bagus berbuka pakai kurma, jus buah, atau air putih. itu agar racun yang mengerak pada dinding2 usus terangkat dan dibuang keluar dari tubuh.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ada donk bukti ilmiahnya, sering maen ke sini aja, :), gak enak kan kebanyakan lemak? mkanya itu, pola makan kudu dijaga, kalo terlanjur lemak dimana2 bingung sendiri deh :mrgreen:
    sesuai sunah Rasul berbuka dengan kurma πŸ™‚

  2. Ping-balik: Lemak-lemak itu telah pergi | Blog Batam Digital Island

  3. wah.. kalau aq saat berbuka usai azan langsung teguk sirup dingin sampai 2 gelas, habis haus banget sih… soal makanan aq gak da pantangan. aq paling suka buka dengan kolak.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    wew, beda banget donk sama aku,,,? ya selera masing-masing orang memang beda :), met berbuka

  4. waduh mbak baru berapa hari puasa nieh…….
    masak udah ilank lemaknya…..

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    alhamdulillah dapat karunia dari Allah, percaya atau tidak sehari saja puasa, lemakku sudah mulai berkurang, mudh-mudahan di akhir Ramadhan, kelebihan lemak bisa ilang πŸ™‚

  5. @ ma2nn smile:
    Loh, coba liat tu fotona, di pojok kanan atas.
    Kurus khan… πŸ™„

    Gimana gak ilang lemaknya baru 4 hari juga, wong gak ada lemaknya… :mrgreen:

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    eit mas Fath, tunggu dulu, tidak ada hubungan antara tinggi rendahnya kadar lemak dengan berat badan. Walaupun saya kurus tapi kelebihan lemak lho, waktu iseng tes lemak gratis oleh teman saya πŸ™‚

  6. gak banjir.. cmn ngiler dikit.. pinginnya yang banyak..hehe
    info ttg kesehatan itu cukup membantu saya..
    soalnya saya termasuk laki buncis.. alias buncit..hehehe kebanyakan dikantor.. gak sehat… naik lift.. AC.. dapet snack terus.. weleh2..

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    buncis? buncit sedikit, lemak banyak :mrgreen:
    wew snack nya buat saya aja dim, nanti tambah buncis lho hehe

  7. ngeledek 😦

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    maap, gak niat ngeledek, cuman berbagi tips :mrgreen:

  8. wakkkk.. beneran tuhh??

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ya iya lah, mau coba? bisa dicoba sama kucingnya dulu mbak, :mrgreen:

  9. iya mbak Yella bener tuh. Kalo menurut hadits jelas, Rasulullah buka puasa hanya dengan korma, kalo ga ada hanya dgn seteguk air. Brarti abis itu shalat maghrib. Tp emang susah nglakuin yg satu ini. Sifat balas dendam setiap mau buka susah buat dipadamkan hehehe
    Btw, bagus mbak Yella bisa tarawih sesuai tuntunan nabi saat dini hari. Betul emang begitu seharusnya. Di batam sini jg ada mesjid yg begitu. Kelar isya ya pulang. Balik lagi pas dini hari buat tarawih berjama’ah. Sayang gue msh belon mampu. Jam2x segitu biasanya molor dgn nyenyak hehehe :mrgreen:

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    nah itu, maslahanya udah beberapa tahun ini gw udah ngilangin sifat bales dendam. kaishan lambung gw,,, :D, yah batam lage, gw pengen ke sono neh, trs tarawih di mesjid ntuh, gratisin duonkz, :mrgreen
    :

  10. wah puasa vs galian singset neh critanya Mba? …btw, selamat berpuasa. mabruk deh

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    hehe, ya getu dah,,mau nyoba? gratis ko mas, thx dah mampis mas gus, lam kenal πŸ˜€

  11. Yella lemak ku masih banyakkkkkkkkkkkkkkkkkkk
    dah fitness tiap hari. susah juga perginya.
    aku juga ikut puasa tapi gak kuattt

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    belom pergi juga? aku yang usir mau gak? heheh
    fitnes oke tapi pola makan amburadul, ya sami mawon tho mas,,, :mrgreen:
    makanye kurangi ntuh makan laksa, creamer kopi, ganti sama buah dan sayur dalam porsi banyak, minum teh kesehatan,
    masalah puasa karena belom terbiasa aja, sebelum puasa ada niatnya, tujuannya untuk ngasih tau lambung supaya berhenti memproduksi asam lambung :D, coba lagi ya puasanya, bertahap, 3 hari puasa sampe tengah hari, 3 hari puasa nyambung (buka pada tengah hari dan nyambung puasa lagi), seterusnya 1 hari full, keep try yach, πŸ˜€
    SEORANG PEMENANG ADALAH orang yang tetap sabar dan terus mencoba…dan bangkit kembali walau sudah terjatuh

  12. hehehe ini tips untuk bulan puasa ya…

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    bisa untuk bulan selain puasa kok πŸ˜€

  13. ada teh yg bisa bikin langsing kan. coba yella ramu
    nanti kita jual ke pasaran
    hehehe

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    teh pelangsing buatan aku? ada kok, teh yang dibuat dengan kasih sayang, dijamin laku di pasaran, hahaha
    canda kaleeeeee πŸ˜€

  14. salam
    Insya Alloh saya lemaknya malah nambah klo puasa, karena makannya jadi teratur plus nyemil juga πŸ™‚
    He..he..ngomong2 soal tarawih akhirnya saya juga mutuskan mindahin waktunya, soalnya tarawih di sekitaranku betul2 patas jadi serasa berolahraga, bukan taraweh πŸ˜€

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    wa hahaha bener banget tuh, kalo yang saya rasakan tuh bukan patas tapi sprint :mrgreen:
    cuapeh dek pokoke

  15. Jamu penolat ndut ada ndak?? hehehhe

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ada mas danang, kagak usah makan seminggu, dijamin gak bakalan ndut πŸ˜€

  16. selamat tinggal lemak !!!!!!

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    babai lemax,,, πŸ˜€

  17. Diet ramadhannya berhasil dong… semoga tetap sehat.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    alhamdulillah mas kis, semoga lancar ya sampe akhir,, πŸ™‚

  18. Memang puasa banyak manfaatnya. Di samping lemak pada hilang hati dan pikiran jadi lebih tenang. Lebih tenang karena gak perlu lagi mikirin makan siang. kekeke…

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    jangankan makan siang, cemilan aja ndak dipikir :mrgreen: kantong pun sehat πŸ˜†

  19. Puasa nggak puasa sama aja. memang sianggnya nggak makan. tapi malammnya makannya banyak.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    wew, saya gak bisa makan banyak mas, saya biasa makan nasi :mrgreen:

  20. asyik tuh, solat yang 100km/jam. hahahha, pasti imamnya masih muda. Mbak, postingannya berbobot bgt. Dari kedokteran ya? atau ilmu gizi?

    saya juga kalo buka minum air putih dulu 4 hari ini…moga puasa kita kuat sampai penuh.

    main ke blog saya mbak

    salam kenal

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iya mas, kalo 100 km/jam naek mobil siy enak ya? lha ini pake kaki dan tangan je, cuapek hehe, thx dah mampir

  21. kalo gitu di bulan ini niatnya 2 donk…..
    -mencari ridho Allah swt
    -mengurangi bagian yg tidak penting di dlm tubuh(lemak dan kawan2)….

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sebetulnya niat cuman satu cuman efeknya jadi 2, hehe, thx dh mampir πŸ™‚

  22. Iya juga yah. Pernah denger juga katanya taraweh gak musti ada khutbahnya juga.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ada banyak hadits mengenai hal itu mas, rajin-rajin mencari ya?

  23. ah..biarin ah…mumpung msh bs makan yg enak2..hehe…habis, dunia ini penuh dengan makanan yang enak2…kurus cita2 ke sekian setelah kul n dpt kerja…*gaji nanti hbs di perwatan*..dasar..dasar… *nampar diri sendiri*

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    wew, ini neh ketangkep cewe yg suka jajan, heu-heu- ajak2 adonk :mrgreen:

  24. eheueuheue
    lemak saya g ilangΒ² mbak πŸ˜†

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    udah diusir belom? kalo diijinin tinggal disitu ya gak mo pergi :mrgreen:

  25. heheh yella ingatanya lama juga ya..
    masih ingat saya makan laksa…
    hehehehe ya tuh laksa emang banyak lemak. soalnya kuahnya dari lemak santan kelapa.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ya ingatlah, soalnya gak ditraktir siy :mrgreen:
    wah apalagi kalo kuahnya udah diangetin 10x, santannya udah ilang berubah menjadi minyak semua alias lemak jenuh 100%, bisa ngebayangin kan kadar lemak di tubuh?
    ganti menu deh πŸ˜€ , aku pernah masak sayur ikan asap bumbu kuning pake santan susu kedelai, enak juga kok. Santannya diganti susu kedelai. Tidak merubah rasa, lebih sehat πŸ˜€

  26. kalo makan nasi lemak gmn? :mrgreen:

    moga berkah Ramadhan menyirami qt semua.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    amin, semoga Allah melimpahkan Ridho-Nya, kalo makan nasi lemak ya berlemak-lemak :mrgreen:

  27. wah klo diriku kebalikannya mbak πŸ˜†

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    maklum akan kos πŸ˜€

  28. oh ternyata kaya gitu ya sejarahnya shalat tarawih.
    iya sih kalo ngikut yang di masjid kadang jadi eneg, abis makan trus badan di kocok2 gitu 😦
    nice inpo, thanks πŸ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama-sama mas, iya ntuh mas kasihan perutnya, kolaknya jangan kebanyakan mas :mrgreen:

  29. semoga nggak cuman lemak2 perut saja yg habis …

    tp juga lemak2 kedengkian, lemak2 kemalasan dalam beribadah juga hilang … πŸ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    saya berharap juga gitu mas afwan, amkasih ya diingetin, susah juga ya prakteknya πŸ˜€

  30. Itu maksudnya, airnya yang bekas kumur yang ditelan?
    Eh… tapi tipsnya ok loh…
    Makasih ya

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iya bu Nin, bener sekali, emang agak jorok, tapi itu ya itu berkhasiat melancarkan pencernaan, sama-sama Nin, sering mampir ya Bu Nin

  31. Puasa gak puasa…porsi makan gak berubah…cuma jadwal makannya aja yang ganti…he…he..

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    gak berubah ato nambah? kan selain makan nasi, makan kolak juga, makan gorengan, makan kue-kue lain, was put gendut ntar :mrgreen:

  32. Hmmm …
    Aku pun sama tercengangnya dengan ibu Nin …
    But … worth to try …

    Soalnya mbak Yella kan mengerti tentang kimia (lihat kategori tulisannya kalo gak percaya )

    Tidak ada salahnya bukan ? kita mencoba …

    BTW …
    Kalo buka … Aku minum teh, celingukan cari makanan apa yang ada di meja-meja teman sebelah … (hehehhe)(ada kue sikat kue ada gorengan sikat gorengan …).
    Gak bisa banyak-banyak …
    bukan karena perut menolak …
    tetapi karena urat malu yang menggelegak …
    (trainer gak modal …)

    Lalu habis itu biasanya … keluar angin … glegeen sendawa …
    (dan yaaa gitu deh )
    setelah angin habis baru sholat dan seterusnya …
    (halah panjang amat ini yak …)
    Maap mbak Yella ..

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    waaaa kalo ini kurang panjang PAk, lain kali bikin yang lebih panjang lagi ya Pak, saya fans blog Pak Trainer loh πŸ˜†
    bukan Trainer kalo gak koment panjang :D, Trainer senior begini punya urat malu toh :mrgreen: , komentnya aja berbobot gini apalagi trainingnya ya? πŸ˜†

  33. Kalo put gak makan kolak, mbak… (uniknya kami sekeluarga pun gak doyan kolak..he..he….)

    cuma sedikit goreng2an….
    habis sholat maghrib….langsung deh….santap malam he…he…

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    dislike kolak family ya,, πŸ˜† gak makan kolak, jangan2 makan duren lage :mrgreen:

  34. semoga ALLAH selalu memberikan Ramadhan yang luar biasa dari tahun ke tahun.

    rangkaian isra miraj (visi: syukur dan optimis), ramadhan (kapabilitas: ilmu & β€˜amal), qurban (akselerasi: berani dan berkorban) diakhiri dengan hijrah (eksistensi: merdeka dan mandiri) senantiasa setiap tahun kita lalui sebagai tarbiyahNYA.

    dan setiap hari kita do’akan dalam berlindung kepada ALLAH dari kecewa dan gelisah, bodoh dan malas, pengecut dan tidak mau berkorban, kesulitan ekonomi dan dominasi manusia lain.

    selayaknya seorang muslim akan membaik kondisinya dari tahun ke tahun. tapi kenyataannya…

    http://trendibandung.wordpress.com/2008/09/06/ruhiyah-dan-rupiah-di-ramadhan-penuh-berkah-2/

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sukron sudah berkunjung dan berkomentar disini, saya tunggu komentar selanjutnya di postingan terbaru saya, salam taaruf πŸ™‚

  35. Tahu aja, nih si mbak…he..he…

    Aturan mainnya gini, mbak
    “Sesuatu yang telah tersaji di meja makan yah kudu dimakan”

    Jadi…kalo ada kolak..tetap aja dimakan…cuma yah..bukan menu favorite he..he…

    Kalo durian mah beda… πŸ˜†

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    main? main kolak? tendang ke perut? πŸ˜†
    yaaaah brarti karung juga donk perutnya, apa aja masuk :mrgreen:

  36. Shaum adalah metode penurunan lemak paling menyehatkan πŸ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iya πŸ˜†

  37. jadi ceritanya sekaligus diet gituuuu πŸ˜›

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    yoi pacek πŸ˜†

  38. Waktu kul di yogya dulu, saya sempat heran juga, kok teman-teman atau orang-orang banyakan ifthor dengan kolak? Kalo menurut ilmunya, kolak kan termasuk makanan berat yg sulit dicerna di lambung. Mungkin memang kultur berpengaruh jg y πŸ™‚
    Btw, kalo di tempat saya, orang-orangnya lebih banyak ifthor dengan minuman non santan. Cincau yg paling banyak digemari. Selain mudah mengolahnya, menyegarkan n juga cepat menghilangkan panas πŸ™‚
    Lemaknya hilang, tapi kalo habis ramadhan ada sistem balas dendam, sama aza tho πŸ˜†

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama dengan orang padang yang tiap hari makan lauk yang penuh bumbu dan santan kental, ya karena kultur jadi lupa buat kesehatan. emang tempatnya dimana mas? enak tuh buka sama cincau, yo jangan dibalas tho mas, kasihan badannya :mrgreen:

  39. kalo ismi sih ga milih2, apa aja yg disiapin sama ibu dilahap sampe abis… hehe… kalo kurma dari kecil ismi ga doyan tuh… ismi ga suka buah yg dikeringkan kyk korma ato kismis gitu… hehe…

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    aaaaaaa, aku tau kok ismi pemakan segala :mrgreen:

  40. kalau kita puasa suhu badan kita lebih panas (dan lemak lebih cepat mecair), silahkan ukur kalau kita tidak puasa. metode diet malah merusak tuh!

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    diet yang bagaimana dulu, kalo diet yg ga pake aturan ya emang merusak, apalagi komposisi menunya ga seimbang, diet bukan ebrarti ga makan nasi, gak konsumsi lemak, ato sebagainya, semuanya tetap dimakan tetapi dalam posri yang terkontrol, setiap tubuh memiliki metabolisme yg berbeda. Contoh metabolisme tubuh saya agak lambat untuk jenis makanan berupa daging, susu dan produk susu, santan, jadi saya tetap mengkonsumsi itu namun porsinya saya kurangi. begitu mas. kalo semuanya ga dimakan lah sayang donk, padahal hobi saya makan :mrgreen:
    jadi kesimpulannya kenalilah tubuh anda, karena andalah dokter yang paling tepat untuk tubuh anda

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s