pencerahan sang murabbi

Betapa beruntungnya aku pernah mengenal seorang guru yang terangat amat sabar membimbingku. Saat aku jatuh, saat imanku luruh, saat segalanya menjadi gelap untukku. Aku datang padanya dengan segala resah. Tak pernah ada rasa keluh kesah di hatinya, di matanya terpancar rasa saling menyayangi setiap muslim. Marahnya begitu lembut, sampai aku malu, bila mendengar candanya yang sebenarnya perwujudan lain dari marah. Betapa segala urusan rumah tangganya membuatnya sibuk, namun beliau selalu melibatkan diri dalam urusan masyarakat. Kegemarannya membagikan ilmu membuatku kagum. Beliau adalah seorang istri, seorang ibu dari 3 orang anak, seorang pengurus yayasan pendidikan gratis, seorang pejuang di jalan allah, seorang teman dan sahabat yang menyenangkan, seorang yang pandai memasak dan mengurus rumah tangga, semua kesulitan seolah menjadi urusan mudah ditangannya, semua ada solusinya. Itu karena beliau menyerahkan hidupnya pada Allah. Murid-muridnya banyak sekali. Satu persatu orang dibimbingnya, mulai dari karyawan kantor sampai pembantu. Kata-katanya mencerahkan jiwa. Selalu mengajak pada kebenaran sejati. Beliau tidak pernah memaksakan keinginan, keyakinan atau sekedar saran. Dan tepat 1 hari sebelum Ramadhan, kami berkumpul di pagi hari yang cerah. Beliau mengumpulkan murid-muridnya untuk bekal Ramadhan. Satu kalimat yang membuatku tertunduk adalah “Ramadhan kali ini adalah Ramadhan yang terindah”. Ya tentu saja menjadi sesuatu terindah karena kita tidak tahu akankah kita bertemu Ramadhan lagi tahun depan. Akankah semua kelezatan Ramadhan, kita nikmati tahun depan? tidak tahu, semua rahasia Allah. Waktu ini tidaklah seperti roda yang berputar dan akan kembali. Waktu adalah sesuatu yang datar, kita tidak bisa kembali lagi ke waktu tersebut walau hanya sedetik. Makin banyak ulang tahun yang kita rayakan, semakin dekatlah kita pada kematian. Seberapa banyak “tabungan” yang sudah kita kumpulkan?

Guruku, terima kasih sudah mengingatkanku tentang tujuan kehidupan. Suatu saat aku ingin memberi sesuatu yang berarti untukmu. Walau aku tahu aku tidak bisa membalas semua jasamu. Tapi engkau telah menanamkan memori indah di ingatanku, guruku, murabbi-ku…

Semoga engkau selalu diberi kesehatan dan kekuatan agar mampu tegak menyelusuri terjalnya kehidupan ,,amin

xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

SELAMAT MENUNAIKAN IBADAH PUASA RAMADHAN 1429 H, semoga kita senantiasa mendapat-Ridhoi-Nya

Iklan

28 responses to “pencerahan sang murabbi

  1. Pertamax..
    Pertamax

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    selamat anda mendapat pertamax,,,

  2. “Akankah semua kelezatan Ramadhan, kita nikmati tahun depan? tidak tahu, semua rahasia Allah”

    bahan reunungan yang bagus..

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    makasih om Tri, co.cc-nya dah berez?

  3. Balik lagi…
    paragraph terakhir..
    Amin..

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    amin,,,,makasih dh mampir, salam buat bunhe, raras dan anggi

  4. iya yah, kita emang jarang skali mengingat kematian. Saat menjelang ajal baru nyadar kalo amalan kurang. Kadang takut juga.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iya mas sigit, manusia sering lupa, sekaranglah saat yang tepat menambah “tabungan” akhirat, πŸ™‚

  5. selamat menunaikan ibadah puasa

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sama-sama mas, thx dh mampir ya

  6. bahagianya punya seorang guru yang selalu mengingatkan arti hidup dan kematian!

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    alhamdulillah mas qizink, rezeki saya ketemu seseorang yang mau membimbing saya πŸ˜€

  7. ada buaya beli pulsa..gak terasa kini tlah puasa

    metik pepaya make galah..maapin gw ya? klo punya salah?

    ..jgn sampe ada dendam ye…

    maapin ane yee….

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ada buaya beli pulsa (yang punya konter takut ma buaya :mrgreen:)
    metik pepaya make galah (awas ntuh nti pepayanya benjol-benjol)
    ada udang mendem dikue (kue apa ya, dalemnya pake udang? KUE UDANG :D)
    dimaapin dah,,thx dh mampir πŸ™‚

  8. wa….. dapat pencerahan…..
    met menunaikan ibadah di bulan ramadhan…..

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    alhamdulillah man πŸ™‚
    sama2 man, semoga kita mendapat Ridho-Nya, amin

  9. tukeran link yuk…

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    yuks, udah tuch πŸ™‚

  10. yups,
    sebuah postingan yang bagus,
    buat sebuah renungan…

    met Ibadah puasa yach πŸ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    semoga bermanfaat ya mas, πŸ™‚
    makasih dh mampir, met menjalankan ibadah puasa, semoga kita mendapat Ridho-Nya πŸ™‚

  11. Ping-balik: pencerahan sang murabbi | Blog Batam Digital Island

  12. ‘sang murabbi’ ku, sudah pergi 😦

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    semoga bisa kembali lagi pak :), atau mencari sosok pembimbing yang lain πŸ™‚

  13. selamat menunaikan ibadah puasa,
    semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah πŸ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    amin, semoga kita mendapat Ridho-Nya πŸ™‚

  14. jadi kangen murrobi ku yg di bogor… hiks… jogja juga.. 😦

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    gak kangen ma aku mel?
    kesini aja hayu, nanti kita puter-puter di bogor, bantuin aku ngabisin makanannya bunda menyik :mrgreen:

  15. selamat berpuasa ya.. salam utk murrobi nya.. πŸ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    oke mbak, met puasa juga ya ?

  16. Enaknya punya murabbi πŸ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    enak donk :), punya juga kan?

  17. gimana puasanya lancar kan.
    menu buka besok apa neh?

    oh ya salam untuk guru yella yg telah sabar mendidik yella ya
    hehehe

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    alhamdulillah lancar :D, menunya seadanya nothing special, yang penting buatan mama :mrgreen:
    oke dah, iya nih guru saya sabar banget emang,,, :), apalagi guru dari Batam, sabaaaaaaaaaaaaaar bgt πŸ˜€

  18. Salam
    Amin ya rabbal alamin ya Mba. btw met ramadhan, maafkan lahir dan bathin yak .

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iyak sma-sama yak, semoga kita mendapat Ridho-Nya, amin, thx dah berkunjung πŸ™‚

  19. alangkah bahagianya seorang guru yang punya murid yang dengan tulus masih mau mengingat dan mendoakannya. dalam ranah keluarga, ia sering disebut birrul walidain, haks, *sok tahu* anak yang selalu berbakti pada orang tua. selamat menunaikan ibadah puasa, mbak yella, semoga lancar dan membawa banyak hikmah, amiiin.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    betewe guru saya ndak tau kalo beliau saya postingkan, makasih dah mampir Pak, hanya doa yang bisa saya kirimkan saat ini πŸ™‚ , met shaum Pak, semoga kita mendapat Ridho-Nya πŸ™‚

  20. Meski tak pernah lagi bertemu, murabbiku selalu ingat aku, sementara tak jarang aku melupakannya. Hiks, jadi malu…

    Iya, bisa ga ya, bertemu Ramadhan tahun depan??

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    manfaatkan Ramadhan ini sebaik-baiknya, begitu pesan guru saya πŸ™‚

  21. yupzzz.. setiap nikmat musti kita syukuri.. termasuk bertemu ramadhan kali ini.. karena umur manusia yang tau cuma Allah.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    bener masenchipz, thx ya dah mampir, met puasa πŸ™‚

  22. semoga lancar ibadah nyaaaaa….

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iya mba chichi, makasi ya,,,:)

  23. Ayo, mbak…Kapan, nih mo menjadi Murabbi…?

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    insyaAllah bulan Ramadhan ini dimulai πŸ™‚

  24. semoga ramadhan tahun ini menjdikan diri ini lbh baik dr tahun sebelumnya .. πŸ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    amin, semoga ya mas,,:D

  25. semoga masih bisa bertemu dengan Ramadhan tahun depan ya…amien….

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    amin ya robbal alamien πŸ™‚

  26. β€œRamadhan kali ini adalah Ramadhan yang terindah”.

    bener-bener indah, kalo kita mau menikmatinya….

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iya mas mierz…semoga Ramadhan ini menjadi yang terindah, thx dh mampir πŸ™‚

  27. yah, jadi teringat murabbiy-ku.

    (^_^)v

    enaknya ada orang yang selalu mengingatkan dan membimbing kita ke arah yang benar…

    bravo!

    ahja!

    semangat!

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    selama ada MR, pokoknya semangat lah!!! hidup MR!!!!! πŸ˜€

  28. SubhnAllah.. jadi kangen sama MR-MR sebelumnya..
    hoaaaaaa.. ummiiiiii i miss u so much… :((

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s