Persahabatan antar pulau

Aktivitas ngeblog menjadi trend di dunia maya saat ini (maaf mba Maya ato Maia, lagi ngomongin sampeyan nich,,hehe). Beberapa orang bahkan menjadikan ngeblog Sebagai sebuah “ritual” setiap harinya entah itu bales koment atau sekedar BW (Blog Walking bin jalan-jalan baca postingan orang, hatrix sambil ngakak senyum sendiri). Tak sedikit blogger yang terdaftar di beberapa website penyedia blog gratis, walou akhirnya blog-blog barunya malah gak keurus, sepi pengunjung, kurang promosi, akhirnya dibiarkan lumutan. Memang tidak dipungkiri ngeblog menjadi alternatif baru sebagai hiburan atau mengembangkan hasrat kemampuan berbahasa lewat tulisan. Setidaknya dari ngeblog kita belajar menulis, mengolah kata, mengolah perasaan, merespon sesuatu yang sulit dilakukan oleh lambe mulut. Blog akhirnya menjadi sebuah catatan harian yang merekam setiap peristiwa menurut sudut pandang si blogger. apalagi bagi lelaki yang udah dari sononye tak terbiasa curhat en nulis buku harian. Ngeblog merupakan tempat curhat paling enak. Emmm…Sebuah fenomena baru.

Apapun yang ditulis si blogger, tentu mengundang pro dan kontra. Kadang ada pula blogger yang memasukkan syarat bahwa sebuah postingan haruslah bermanfaat. Tentu saja ini dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan, wawasan, dan keinginan si blogger. Pernah juga sih ngintip rumah tetangga sebelah (sebut aja rumahnya blogger B), ngeliat para komentator berlaga di bawah postingan si blogger. Kasihan amat tu blogger, dah capek-capek bikin postingan, bersemangat nulis apa yang ada di hati, eh ada yang komentar bahwa postingannya gak bermanfaat. Haruskah postingan itu bermanfaat?

Suka-suka yang nulis ya? sebenarnya kan memang tidak ada aturan khusus menulis postingan, maksudku asal tidak menyinggung Sarah SARA, tidak membuat keributan bahkan perpecahan, anti menggunakan kata-kata kotor tidak sopan. Nah kalo postingannya tentang curhat kan boleh saja kan. Di blog kita bebas berekspresi, bermain dengan kata, mencampurkan bahasa sehari-hari dengan bahasa Indonesia. Sesuatu yang tidak mungkin kita lakukan ketika membuat karangan di sekolah atau di menulis laporan di tempat kerja. Bahasa daerah kerap kali mewarnai sebuah posting. Ini menjadi ajang ampuh untuk mengenalkan bahasa daerah kepada suku lain. Si pembaca dan komentator jadilah bertambah wawasannya.

Nah yang paling menarik adalah bagaimana aktivitas ngeblog menjadi sesuatu yang positif. Dari postingan, komentnya di blog tetangga, para komentator tamu-tamunya, pengunjung setia si blogger, kita bisa melihat kepribadian empunya. Nah, biasanya mereka-mereka yang memiliki hobi sama berlanjut ke chat YM sampe tuker no kontak segala. Terbentuklah satu komunitas baru yang terdiri berbagai suku dari penjuru negeri. Satu hal yang mungkin agak sulit dilakukan bila tanpa ngeblog. Terjadilah sebuah hubungan baru, PERSAHABATAN ANTAR PULAU. Sekarang kita ga perlu lagi beralasan bahwa Indonesia yang pulaunya banyak akan sulit disatukan. Perpecahan akan sulit dihindarkan. Semua itu kembali pada diri blogger masing-masing.

Jika tujuan kita baik -walau belom bisa posting yang bermanfaat- lanjutkan saja. Niat kita yang tulus untuk menjalin silaturahim dan persahabatan dengan teman di lain pulau suatu saat akan menghasilkan efek yang baik pula. InsyaAllah. Siapa bilang blogger jadi tukang sampah? Blogger kurang kerjaan? yang penting niatnya friends,,,

salam blogger,

Awas jangan dibaca,,,

(pada bandel ya,,,masih juga dibaca)

Ditulis oleh seorang blogger manis dari Lembah Citayam, heu-heu-heu, yang ogah dengerin pendapat miring tentang aktivitas ngeblog, skali lagi yang penting niatnye friends,,

Iklan

22 responses to “Persahabatan antar pulau

  1. Tergantung niatnya,… ๐Ÿ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    yups,,makasih kakanda sudah berbagi koment di sini ๐Ÿ™‚

  2. Ping-balik: Persahabatan antar pulau | Blog Batam Digital Island

  3. saiaa udah pernah merasakannya mbak..
    disemarang emang parah…

    saia tinggal di PRPP deketna pantai marina…
    tau kan??

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ya tau lah, walah marina itu kan panas bgt, kok betah siy, makasih dah koment, ssering mampir ya?

  4. mari budayakan nge blog. saling berbagi.
    ya sebenarnya postingan itu tergantung kepada pemilik blog. soal suka tidak suka. itu urusan masing masing.
    bagi yg gak suka ya tidak usah di baca-
    kalo suka silahkan mampir tiap saat.
    kan gitu aja….

    tul kan dek

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    yoi mas, kadang2 aja juga orang aneh yang bilang postingannya sok romantis, ato sok apa gt ya, dia sebel tapi dia tetep aja tuh datang dan ngasih koment,,hehe (sapa ya)

  5. Kasihan amat tu blogger, dah capek-capek bikin postingan, bersemangat nulis apa yang ada di hati, eh ada yang komentar bahwa postingannya gak bermanfaat. Haruskah postingan itu bermanfaat?

    ya paling tidak si penulisnya mendapat manfaat dari postingan tersebut. manfaat belajar menulis. hoho.

    (^_^)v

    ayo semangat ngeblog!

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ayooo!!! (lho? ko semangat sendirian?)

  6. yang penting terus semangat ngeblog…sambil menyelam minum teh…hehehhehe. banyak pelajaran yang bisa kita ambil manfaatnya

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sambil minum teh sambil menyelam,,,hehehe, makasih dah mampir ya, salam kenal

  7. Yang penting kita semua bisa saling berbagi

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    bagi duit doooonk, hehe, makasih dah koment ya,,,thx bgt

  8. “Aktivitas ngeblog menjadi trend di dunia maya saat ini (maaf mba Maya ato Maia, lagi ngomongin sampeyan nich,,hehe).”

    ga baik lho ngomongin orang.. hehe..:lol:

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    gak papa, ini kan lagi ngomongin yang baik2,,,gak papa kan?
    buktinya geiztia ikutan,,hehe

  9. “Terjadilah sebuah hubungan baru, PERSAHABATAN ANTAR PULAU.”

    setuju mbak.. setuju… jd inget chatingan kita kemarin.. hihihi..

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    wah,,jangan buka aib chatingan saya di sini, malu,,,nanti ketauan,,hehe,,

  10. hehhehe..klo begitu bagaimana klo nyoba kopi di tempat kami..

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    wah ada tawaran ngopi dari seorang teman dari suatu tempat terindah, boleh2,,kapan saya disuguhi kopi terbaik dari persahabatan kita? salam kenal ya

  11. Ping-balik: Dicari: gadis “penjual susu” « Kakanda Berbagi

  12. makin banyak sahabat kan makin betah hidup. ya gak??
    dunia ini sepi kalau gak ada sahabat.
    salam kenal mbak yah
    http://www.kawasah.co.cc

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    wew saya dapet sahabat baru dari kegiatan ngeblog, dapet lagi nih satu sahabat terbaik, makasih ya dah mampir, salam kenal naff, sering ke sini ya

  13. benar.. saya dapet teman dari batam, bandung dlll ๐Ÿ˜€

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iya kan? dapet temen jauh2 asik juga ya, bisa tuker pengalaman.,,,sapa tau bisa kopdar,,

  14. yah, kamu bener, dari blog kita bisa punya teman banyak, salam kenal dan salam persahabatn ๐Ÿ˜‰

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    wah mantafs nih koment, makasih dah mampir ya,,

  15. ini ngomongin saia bukan ya ??? ๐Ÿ™„

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    hah? siapa ya?
    *purs-pirs gs knl*

  16. Sesama blogger kan bersaudara. Hehehe…

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    iya, kalo yang berlebih boleh membagi dengan yang lain, bagi2 duit juga boleh,,hehe

  17. yak setuju, aku juga berpendapat ngeblog itu bebas…
    terserah bermanfaat atau tidak…
    layaknya orang bikin lagu, bebas aja, terserah bermanfaat atau tidak, liriknya bagus atau enggak, terserah lah…
    kalo ada yang suka ya monggo, nggak suka ya monggo…:D

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ya maksudku juga gitu, kalo ndak suka sama postingan seseorang ya ndak usah dikomentari, kalo mau ngajak bikin postingan ya caranya yang baik. Jangan kasar dan emosi, ya ndak mas jiban? matur suwun dah mampir. BTW mampir ke sini dulu toh? pantesan ketinggalan pesawat :))

  18. saya asal posting aja apa bermanfaat bagi yang baca atau tidak ya udah entar khan bisa di nilai sendiri ๐Ÿ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    setuju banget bos,,,sep dah,, ๐Ÿ™‚

  19. baca beginian kaya baca SURAT DARI SAHABAT ๐Ÿ˜†

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    sahabat yang mana bun?

  20. weks ? ๐Ÿ˜ฏ

    apa tuh di kalimat terakhir ?

    ada ember ??? :mrgreen:

    the girl from citayam ini memang sip lah ๐Ÿ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ember bocor ditambal pake plastik bekas bun, tetep aja bocor… ๐Ÿ˜€
    makasih, tumben2na dipuji,, :))

  21. hehe iya nih ngeblog bisa nambah temen dr mana2x. Tp koq kadang2x krasa aneh jg ya hubungan di dunia maya jadi berlanjut di dunia nyata.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    gak juga sih, asalkan gak ada kebohongan yang disembunyikan, layaknya kenalan sama temen di dunia nyata aja,,cuman anehnya temen yang kenal dari dunia maya terus ketemuan itu rasanya aneh banget. Kaya kenal tapi kok baru ketemu, kaya sahabat tapi ko baru ngeliat wajahnya,,BTW asik ko, seru bgt, thx dah mampir

  22. Usul, deh…Kalo mo pake bhs daerah sedia-in translate-annya, dunk..soalnya yang ‘orang Indonesia’ asli seperti saya (cuma tahu bhs Indonesia sbg bhs ibu, meski ngakunya orang Palembang-Jawa..he..he..) ngerti gitu…

    Saya setuju, mbak..
    Nge-blog itu …menurut saya sama dengan jurnal harian..bedanya jurnal yang ini bebas dibaca semua orang…:D

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    tenang aja, sejauh ini aku belom ada postingan bahasa daerah, tapi nanti ada translatenya kok,aku sih bisa ajarin km bahasa jawa, tapi kalo palembang aku ndak tau,,taunya pempek kulit itu enak,,hahaha

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s