postingan Lanjutan

Memang hidup itu penuh liku. Setiap tingkatan kehidupan memiliki permasalahnnya sendiri. Pada saat seperti itulah bagian tubuh yang bernama otak menjadi sangat penting. Otak menjadi energi utama untuk mencari solusi permasalahan.

Semua ini dimulai dari krisis ekonomi yang melanda keluarga. Justru karena krisis ekonomilah perjalanan hidup menjadi berwarna. Aku dilahirkan dari sebuah keluarga Jawa yang sederhana. Orang tuaku seorang guru dan wiraswasta. Meski PNS, gaji orang tuaku masih kurang untuk memenuhi kebutuhan. Segala upaya dilakukan untuk menghemat pengeluaran dan menambah pemasukan. Untuk uang saku, sejak kecil masing-masing anak mencari tambahan sendiri, caranya dengan menjual apa saja ke teman-teman sekolah dan teman bermain. Jenis barang yang dijual seperti kelereng kartu ucapan lebaran, produk avon, nasi goreng, sandal, dll. Itu semua dilakukan tanpa ada paksaan.

Waktu itu kita sekeluarga membangun usaha sendiri-sendiri. Ibuku menjual baju. Aku dan 2 kakakku menjual apa saja. Berawal dari mencari pendapatan sekarang malah jadi hobi. Sejak mulai kuliah aku pun lirik sana sini nyari sampingan. Salah satunya aktif di paduan suara fakultas MIPA, lumayan abis manggung ngiring wisudawan/wati dapet honor. Bantuin penelitian kakak kelas, asisten penelitian dosen, asisten praktikum, asisten perpustakaan, asisten analisis sampel, translate text book (ingg-indo), jagain rental, order ngetik tugas, bantuin kasir warung makan, jualan baju dan tas, perantara sewa mobil. Apa sih rahasianya kok bisa dapet semua pekerjaan itu? ini dia:

1. sholat dhuha

2. prinsip “modal bibir bisa jadi duit”

3. up grade kemampuan (caranya banyak : aktif di organisasi, ikut seminar, partisipasi program kampus, ngobrol ma dosen, dll. Dengan begitu cara ngomong kelihatan lebih PD)

4. promosi kemampuan

Yang penting promosi kemampuan bukan mengemis pekerjaan. Itu sama sekali lain. Jangans sekali-kali mengemis, apapun bentuknya. Sekali kita memelihara sifat itu, selanjutnya akan membuat kita ketagihan bergantung sama orang lain. Repot kan?

Aku merasakan kemandirian itu sangat penting. Kita gak melulu bergantung sama orang lain (perusahaan/instansi pemerintah) untuk bekerja dan berpenghasilan. Efeknya kita jadi kreatif. Tidak cepat khawatir dengan grafik statistik yang kenyataannya mencari kerja itu sulit. Gak terlalu sulit jika kita mau mandiri dan menciptakan peluang. Sekarang saatnya menciptakan sesuatu, bukan menunggu.

Sejak lulus kuliah aku sempat mengajar di SMP negeri dan bimbel. Sambil menjalankan bisnis keluarga yang berumur 20 tahunan. Kali ini usaha yang off line mulai di online khan, baru beberapa minggu sih. Kebetulan kontrak pun sudah habis. Sambil ngajar privat saya bantu-bantuin usaha busana muslim dan sewa tenda. Ada juga personal frenchise yang aku rintis dari 2006 sampe sekarang. Enaknya freelance bisa kapan saja ngurus keluarga, kalaupun ada urusan keluarga bisa ijin sewaktu-waktu. Saya hanya seorang perempuan yang ingin lebih care dengan keluarga. Mungkin lain lagi dengan teman-teman blogger. selama mengajar freelance saya gak pernah mematok harga perjamnya. Bahkan kalau murid saya sulit diatur, saya tidak mau dibayar jika tidak ada perubahan. Saya lebih suka dibayar sesuai kemampuan dan service yang saya berikan. Alhamdulillah saya selalu dapat bayaran lumayan. Sangat enak bekerja dengan sepenuh hati, orang membayar pun dengan sepenuh hati pula. Kata Mario Teguh “Kita bekerja untuk dibayar sesuai kemampuan kita, bukan bekerja untuk mendapat uang, apalagi mengejarnya, alangkah lelahnya”

Kalau saja saya mau mengejar karir, tahun lalu saya sudah terbang ke kalimantan mengajar di sekolah swasta di Bontang. Selain mengajar saya juga mengelola laboratorium sekolah. Gaji dan tunjangan yang ditawarkan cukup tinggi menurutku. Sekali lagi, hidup memang pilihan, apapun itu kita harus siap menaggung resikonya termasuk resiko sukses. Karena banyak orang silau dengan sinar kesuksesan yang akhirnya membawa musibah. Semoga saja kita senantiasa dalam bimbingan-Nya. amin

Salam perubahan

๐Ÿ™‚

Iklan

12 responses to “postingan Lanjutan

  1. duh perjuanganya benar benar berat
    saya yakin dari sejarah karir dan kehidupan Yella
    mampu untuk sukses
    tatap semangat dan majur terus
    heheheh…

    semangattttttttttttttttt
    biasa aja, tadinya berat,,tapi sekarang biasa saja,,,:) tetap semangat maju bareng yuk?

  2. kalo kmaren kamu ke Bontang… mana bisa kenalan sama diriku yang imoed inih :mrgreen:
    bisa aja bun,,kan kita kenalnya di WP? kalo mo ketemuan tinggal naek pesawat..sekalian pulang ,,,sok yeee:)

  3. yella ini memang luarrr biasaaaaaaaaaa ๐Ÿ™‚
    luar biasa gilaaaaaaa ,,hehehe

  4. Salam perubahan juga…
    salam kenal yaaaaaa,,,,

  5. patut di contoh,
    entar siapa tau bakal masuk kick andy lho… :mrgreen:
    masuk kick andy dapet duit gak ya? *ngarep banget ;))

  6. masuk lageeeee,

    barusan dari http://www.distributor-pakaian.com/
    kalo boleh mengkritik nih, tuh gambarnya sebaiknya dipasangin ke patung baru di photo ato lebih bagus lagi pake in dulu ke anak-anak ato sepupu ato siapa lah yang kamera face trus photo di luar seperti di taman atau pantai, biar lebih kelihatan hidup githu lho……

    ini kok dilantai ada terpaan sinar dari jendela lagi. :mrgreen:
    terima kasih sudah berkunjung ke http://www.distributor-pakaian.com, saran dan kritik diterima dengan senang hati, bocoran khusus wempi ajah ssssssssssstttt cerita itu yang fotoin buru-buru mau ke kantor, pagi-pagi gitu, padahal mah yang fotoin fotografer, berhubung beliau masih sibuk banget ngurusin kerjaan kantor yang deadline terus, jadi untuk yang ini baru tahap sementara, tunggu tanggal mainnya wemp,,,terima kasih ya
    lihat deh blognya yang gak keurus hihihihi ;)) http://awalmotret.multiply.co
    betewe kapan neh wempi mo ikutan ngembangin bisnisnya? beli donk,,ta tunggu kabarnya ๐Ÿ™‚

  7. waaakkksss yella hebaaattt!!salute euy ๐Ÿ˜‰

    >>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>>.
    pasti gara-gara tadi ya abis chat ma bun-bun ;))

  8. Kisah hidupnya Mbak Yella bisa dijadikan contoh untuk kita semua.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    wah Pak RAfki bisa saja , jadi malu nih,alhamdulillah kalau kisah saya menginspirasi ๐Ÿ™‚

  9. jadi terharu membacanya. tapi memang, secara eksistensial manusia harus berani memilih sesuai dg hati nuraninya. ok mbak yella, sukses selalu.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    waaaa? ada yang terharu,,,Pak Zul segitunya,,
    setiap orang pasti harus memilih Pak,,makanya milih yang enak-enak saja ya ๐Ÿ™‚

  10. modal bibir bisa jadi duit. Jadi inget tukul arwana yg bibirnya sering jadi bahan lelucon itu hehehe..

    thx ya mbak yella atas sharingnya. Bisa buat bahan perenungan.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    alhamdulillah kalau postinganku bermanfaat,, sama-sama ya,,kita saling merenung ๐Ÿ™‚

  11. ๐Ÿ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    udah selesai hiatusnya? selamat datang di dunia cyber ๐Ÿ™‚

  12. yup
    salam semangat ๐Ÿ™‚

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    semangat teruuuuuuuuuss!!!!! ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s