Panci gosong

upss,,judulnya agak aneh, tadinya mo dijudulin pantat panci ko ya ndak sopan. Nemu deh judul yg pas,,PANCI GOSONG. Ceritanya ya apalagi selain panci. Panci yang bawahnya gosong bagian luar kena sisa pembakaran tungku, pastinya gosong dan sulit dicuci. Postingan ini terinspirasi dari buku SPIRITUAL KITCHEN. Buku itu ditulis oleh seorang wanita peneliti LAPAN (Lembaga Antariksa Nasional) dengan sudut pandang aku sebagai seorang ibu rumah tangga, hidupnya sederhana dan tinggal di kampung.

Teknologi masih jauh menjangkau desanya. Memasak masih menggunakan tungku api berbahan kayu bakar. Mencuci menggunakan tangan. Dengan kesederhanaan si tokoh aku, keterbatasan teknologi justru membuat aku berpikir tentang hikmah dibalik penciptaan. Di sini kita bisa melihat bahwa di dapur pun ada banyak inspirasi. Termos, bumbu, cucian, sampah, tungku, sayuran, dieksplorasi menjadi sebuah tulisan mengagumkan. Belajar memahami Allah dan ciptaan-Nya melalui Tadabur dapur kemudian penulis menghubungkannya dengan ayat di Al-Qur’an.Bab yang masih kuingat jelas salah satunya tentang karbon hitam.

Sambil mengerjakan pekerjaan dapur “aku” berpikir mengapa karbon itu hitam, seandainya karbon itu putih lalu bagaimana pengaruhnya terhadap proses memasak?

Makhluk hidup tersusun dari karbon dan hidrogen. Apabila dibakar akan menghasilkan karbon (jelaga hitam) dan uap air. Contohnya kayu bakar yang digunakan pada tungku. Jelaga hitam itu sesungguhnya adalah unsur karbon. Prinsip kerja ini mirip dengan perokok aktif. Perokok yang menghisap asap rokok meninggalkan karbon hitam di paru-paru. Semakin lama waktu merokok paru-paru akan makin tertutup oleh karbon hitam sisa pembakaran.

Balik ke panci lagi, apabila memasak menggunakan kayu bakar atau kompor biasa, kayu atau minyak hasil pembakaran menghasilkan jelaga hitam. Jelaga ini menempel pada bagian bawah panci yang makin lama makin keras. Ternyata ada manfaat yang diperoleh dari mengerasnya jelaga pada panci. Warna hitam menyerap semua suhu dan warna di sekitarnya. Jelaga yang berwarna hitam menyerap suhu panas dan dingin lebih cepat dibanding warna lain. Sedangkan warna putih memantulkan suhu dan warna. Jadi kalo di tempat dingin pakailah pakaian warna putih jangan hitam. Hawa dingin akan terserap lebih cepat pada pakaian hitam.

Hubungannya dengan panci gosong adalah makin gosong panci makin banyak jelaga yang menempel maka jelaga berfungsi menyerap panas dari api sehingga air atau masakan dalam panci akan cepat matang. Subkhanallah saya terkesan dengan bab karbon tersebut. Biasanya saya sering menggosok pantat panci yang gosong supaya mengkilap kembali. Rupanya ada hikmah dibalik gosongnya panci. Apa jadinya jika jelaga berwarna putih? tentu masakan di panci akan lama matang. Subkhanallah saya kagum dengan penulis yang bisa mengambil hikmah pada sebuah peristiwa, sungguh penulis telah dikaruniai Allah sebuah bakat luar biasa yang mengajak kita untuk tadabur. Kesederhanaan beliau semakin meyakinkan saya bahwa sesuatu besar berasal dari hal sederhana yang sering dianggap sepele.

Iklan

32 responses to “Panci gosong

  1. Hmm postingannya banyak yang Back To Nature ya
    akhir-akhir ini …
    emmm, makasih Pak trainer jadi pengamat setia blog saya ๐Ÿ™‚

  2. Kerreen dech postingannya yg ini..heheh….I Love Nature… ๐Ÿ™‚
    let’s back to nature ๐Ÿ™‚

  3. subhanallah
    dan andai saja kita bisa menulis
    dan kita bisa menulis seindah mereka ๐Ÿ™‚
    semoga,

  4. gosong, itu memang gak selamanya buruk…
    bener banget :), ada hikmah di setiap peristiwa

  5. nice posting mba:)

    segala sesuatu pasti ada hikmahnya….^_^
    wez dalem banget ya mba,,pasti ada hikmah, terkadang yang kita lihat hanya buruknya saja

  6. waw..subhanallah.

    ada hikmah dibalik panci gosong.
    hehe. gosongin panci yuk,,,

  7. wah, panci gosongnya keren… pinter, bisa bikin air lebih cepet mendidih… ๐Ÿ™‚
    awalnya, kirain panci gosong itu malah ga keren sama sekali…
    aku salah duga…
    sering menduga yang salah ya? ๐Ÿ™‚

  8. wah..ditempat aq panci yang gosong dah dijual tu perkilo.
    di jual ke bloger WP laku ko mas hehe,,

  9. Panci gosong….hm.m..m waktu baca judulnya aja aku sempet berfikir….kira-kira apa yang pengen diulas didalamnya…
    Sempet teringat waktu itu ( pertengahan bulan Juni 08 ) Istriku lagi masak didapur dan…….pet…pet..pet..bluk
    Gas Elpiji abis….. dan…masakan belom matang benar…langsung deh pake kompor minyak….dan akhirnya…
    wajan jadi item….hitam kena api kompor… ( kok malah jadi kompor yang dibahas….nglantur).
    Tapi ada hikmah juga dari warna item gosong ya wajan/panci/ya perabot dapur…biar item tapi punya fungsi juga…sbg penghantar kalor/panas yang baik…..salut…

    irfan dan keluarga
    walau pakai gas tetep sedia alternatif lain ya, biar ga gosong banget
    itu pantat panci olesin sama sabun colek, nanti yang gosong sabun coleknya, bukan pancinya, so lebih mudah dicuci kan?

  10. jadi inget masa kecil di desa……
    masiy make tungku and kayu bakar …..

    keep bloging
    oke, keep mampir ya,,

  11. panci gosong sampe bolong saya pernah mbak…
    saking lamanya sampe bolong deh pancinya…
    kok bisa bolong? dibuat bikin ki rebus sampe gosong ya? hehe

  12. oh ya jadi mbak sekarang gak nyuci pantat panci dong…
    semakin item semakin mantap..
    yah ketauan deh, malu jadinya

  13. jadi inget ‘luweng’ alias tungku-ku di kampoeng. pantat panci, item diluar tapi dalem-nya tempat sumber energi kita dimasak
    enak tu nasi yang dimasak di atas tungku

  14. hehehe jadi penen pulang kampung. liat tunggu mbahku ๐Ÿ™‚
    pulang kampung dih nti ak nitip oleh2 ya

  15. oia ia bener hitam itu menyerap panas..
    baru terpikir..

    keren..keren..
    saya suka banget, bisa mengambil hikmah dan inspirasi dari segala hal..
    saya ingin seperti itu..
    perlu belajar banyak lagi ๐Ÿ˜€
    bukan perlu lagi, harus belajar apa saja dengan siapa saja, ๐Ÿ™‚

  16. jadi inget masa kecil dlu ๐Ÿ™‚ ๐Ÿ™‚
    emang masa kecilnya sering gosongin panci ya? ๐Ÿ™‚

  17. oh sy baru tahu juga kalau kebiasaan melap bawah panji itu tidak hemat energi. Makasih, bikin lebih banyak yg sejenis dimana rutinitas sehari hari namun ada sisi sainsnya ๐Ÿ™‚
    iya nih, saya dalam rangka mempopulerkan sains, saya butuh dukungan teman2, semoga lwt blog ini sains jadi makin populer ๐Ÿ™‚

  18. ayo…..
    bapak – bapak
    ibu – ibu
    yang punya anak
    ataupun ibu bapak guru yang punya murid…………..
    daftarin anak n muridnya tuk ikut
    KOMPETISI MATEMATIKA NASIONAL 2008
    DI JOGJA
    HADIAH UTAMA SEPULUH JUTA (10 JUTA)
    PLUS BEASISWA KULIAH…
    sayang kalau dilewatkan..
    info lengkapnya
    mampir ke blog ku ya????
    hehehehe
    sekalian promosi gituw…
    :p
    ๐Ÿ™‚

  19. wah .. kange tempat nenek eung … dulu di kampung masak tuh pake tungku a.k.a hawu .. paling nikmad beleum peda sama peteuy .. ditambah nasi anget & sambel terasi ..

    bisa nambah 4 kali .. hehehe ๐Ÿ˜€ (doyan pa gembul ?)
    wealah mas enak lagi ditambah telor dadar emmm,,glek

  20. tapi kalo disuruh bikin api di tungku kayu, angkat tangan deh aku….
    angkat lempung aja mba, tingal dibentuk tunggu nanti keras sendiri, gampang kan?

  21. kenapa masalah panci gosong ini dibahas ama LAPAN? Jangan2 si ibu2 penulis itu, dapet wangsit dari alien pas lagi neliti luar angkasa…. wow
    chanx jangan2 pas ambil sampel di bulan ibu2 itu liat panci gosong trus dijadika obyek penelitian ya?
    ๐Ÿ™‚

  22. ow gitu ya, malah di jogja arang dimasukin ke kopi alias kopi joss…
    wew

  23. kirain td ceritanya kemping ^^

    sayang ya, skrg pancinya teflon smuwa…
    teflon juga bagus ko neng ๐Ÿ™‚

  24. Sebuah panci gosong pasti memiliki sebuah arti ๐Ÿ™‚
    emm dalem banget ya

  25. Salut, penelitiannya sampai pantat panci segala.
    harus donk,,biar ilmu ga sia-sia ๐Ÿ™‚

  26. hmm baru tau dirikuhhh ๐Ÿ˜€
    sekarang dah tau kan?:)

  27. berarti semakin hitam seseorang pun semakin manis ??

    *halah ga nyambung* :mrgreen:

    *siap2 bawa perut kosong buat besok La…* ๐Ÿ˜†
    bun, jangan narsis, sip bun, kite siapin karung guede ya ๐Ÿ™‚

  28. kapan ya bisa masak tanpa kompor dan listrik. Hemat BBM dan sumber daya listrik. (mikir)
    sekarang juga bisa,,gasah mikir udah ada yang bikin arang briket dari sampah :), jadi bisa memanfaatkan barang sisa jadi bermanfaat

  29. ini namanya gosong membawa berkah ya?
    gosong tidak selamanya merugikan,,

  30. panci gosong lebih baik dibandingkan dengan dapur yang tidak ada asapnya.
    masih ada orang yang nggak mampu untuk memasak.
    bener banget tuh, makanya kita mesti pinter bersyukur, apapun yang kita dapat itulah yang terbaik ๐Ÿ™‚

  31. panci pembawa inspirasi…
    bener banget aya,,dah lama aya ga mampir,,,

  32. oh jadi makin gosong pancinya makin cepet panas n artinya menghemat bahan bakar yah? hm.. apa gak usah nyuci pantat panci aja ya biar gosongnya gak ilang.. ๐Ÿ˜€
    mending ga usah dicuci aja pancinya sekalian, lagian tar juga kotor lagi kan? ๐Ÿ™‚

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s