Terima kasih dan maaf

Betapa berharganya ucapan terima kasih dan maaf. Terkadang kita menganggap sepele ucapan terima kasih dan maaf. Padahal dengan ucapan tersebut seseorang merasa dihargai. Ucapan terima kasih layak kita berikan untuk orang-orang yang telah membantu dan berarti untuk hidup kita. Saya memiliki seorang teman yang selalu mengucapkan terima kasih di setiap akhir smsnya. Memang hanya beberapa huruf, namun efeknya sangat luar biasa.

Ucapan terimakasih adalah suatu penghargaan yang tulus ke orang lain dan tidak dapat dinilai dengan uang. Mengucapkan terimakasih tidaklah perlu memandang ke siapa kita berterimakasih. Ucapan terimakasih secara tulus laksana air minum yang menyejukkan tenggorokannya di tengah padang pasir. Suatu hari seorang ibu mengeluh kepada saya, bahwa anaknya susah sekali diatur sampai-sampai si ibu tidak sanggup lagi mengurus anaknya. Kemudian si ibu meminta saya untuk menemani anaknya belajar. Setelah saya berdialog dengan anaknya, rupanya ada permasalahan yang menurut si anak sangat penting namun tidak dianggap penting oleh ibunya. Anak ini benar-benar haus penghargaan. Si anak ingin dihargai, dianggap dan diperlakukan sebagai orang dewasa.

Saya coba lakukan terapi terima kasih dan maaf. Saya selalu mengucapkan terima kasih untuk perbuatan baik yang dilakukannya, mengucapkan maaf jika menegur kesalahannya, mengucapkan maaf apabila saya melakukan kesalahan. Saya sungguh terkejut, rupanya setelah saya meminta maaf dan berterima kasih sikapnya langsung berubah drastis. Si anak yang tadinya emosional berubah menjadi anak yang manis.

Apa yang bisa kita petik dari kejadian ini? begitu berharganya terima kasih dan maaf yang tulus. Cobalah ingat-ingat kapan terakhir kali kita mengucapkan terima kasih kepada Allah untuk segala nikmat-Nya, kepada teman lama yang telah menemani hari-hari kita, ato kepada orang-orang rumah yang setiap hari memberi kebutuhan rohani dan jasmani kita? ato bahkan kepada sopir angkot, tukang becak, pengangkut sampah yang telah melancarkan urusan kita?

Mulailah dengan ucapan terima kasih, ucapkanlah maaf walau hanya ketidak sengajaan kita menginjak sandal milik orang lain saat kita berdiri di kereta. Mungkin dengan itu emosi orang yang sedang naik oleh kenaikan BBM akan sedikit reda. Terima kasih kepada seluruh pembaca budiman yang telah meluangkan waktu mampir di blog saya dan maaf jika tulisan saya tidak berkenan di hati.

Salam sejahtera

33 responses to “Terima kasih dan maaf

  1. per..
    per..

    pertamaxxx!!!!
    ๐Ÿ˜›

    iya g, ya?
    *ngarep.com*
    pertamax lagi langka presty, mah halll…..

  2. ge ge ge ๐Ÿ˜†

    yupz, pertamax ternyata..

    maaf ya yang lain..
    makasih mba, yella..
    ๐Ÿ˜›
    dibilangin ko tetep ngeyel to nduk,,,

  3. maaf, ya…. mbak
    terima kasih….

    *tuuh kan, langsung mengamalkan isi artikel blog*
    berarti postingan saya bermanfaat,buktinya langsung dipraktekkan,,:)

  4. maaf, yaโ€ฆ. mbak
    terima kasihโ€ฆ.

    Ikutan dunk…
    sama-sama,,ko ikut2an? kereatip dunkz

  5. bnr mbak…entah brp kali dlm sehari aQ mngcpkn kt “maaf” sampai kelu rasanya lidahQ ini…
    weh,,,,salut deh

  6. betul sekali; pengalaman saya bekerja dengan org luar (abroad) sepertinya mereka santun, kata excuse me or pardon me, thank you, biasa diucapkan !
    trims
    kita kebanyakan ikut gaya-gayaan ala barat, tapi sikap yang baik ko belum ditiru ya? seperti didiplin, say thanks or excuse,,,:(

  7. terima kasih td pagi udah ngajakin aku konfo dan maaf aku ga bisa ikut ๐Ÿ˜ฆ
    gpp fokus aja ke yang penting dulu,,,:)

  8. kalo gitu diriku minta maaf
    dan berterima kasih sudah menjadi saudara yg baik
    sama-sama hangg

  9. maaf ya mbak, saya mo nyampah disini…
    nyampah…pah…pah…pah…
    nyampah…pah…pah…pah…
    nyampah…pah…pah…pah…
    sekali lagi maaf ya mbak….
    makasih…..
    :mrgreen: piss mode : on
    beresin tu sampahnya,,,

  10. mbak fotonya bagus 2
    kok kalo saya yang foto jelek ya??

    oya mohon iji blog nya saya link ya….
    ok dah saya link

  11. emang dahsyat kedua frase itu. terima kasih dan mohon maaf.

    (^_^)v

    cuma jangan terlalu sering minta maaf kek Mpok Minah di Bajaj Bajuri. hwehe…

    ucapkan terima kasih setelah diberi “pelayanan”, misalnya setelah membeli sesuatu di warung.

    ucapkan maaf kepada seseorang yang bertanya alamat kepada kita di tepi jalan sedangkan kita tidak tahu.

    (^_^)v
    sering beli indomi di warung ya?

  12. makasih atas postingannya mbak… ๐Ÿ™‚

    Maaf, boleh nitip nempel link dan naruh link nya di blog ku :mrgreen:

    Terima kasih ^^
    ok deh,,siap laksanakan:)

  13. TERIMA KASIH mbak karena tlah ingatkan itu, dan MINTA MAAF karena terlambat ngabsen disini.
    sesama anak bangsa saling mengingatkan,,

  14. TERIMA KASIH dah celoteh di gubugku.., dan MAAF bila aq juga terus celoteh disini…? (emank qm pantas dicelotehin) hehehehee
    sama donk

  15. maaf…

    numpang lewat dulu..

    mau magribh…

    komennya sesok wae …

    *pulang*
    ealah terserah bun2 wes

  16. Saya haturkan banyak-banyak terimakasih atas kesempatannya untuk isi ruang komen ini.
    sama-sama sering ke sini ya,,,,

  17. Salam
    Maaf ya kalo commentku ndak mutu, setuju banget kata maaf dan terimakasih ini sangat sederhana tapi effeknya besar banget je.. sekali lagi trims dah mampir di gubukku ๐Ÿ™‚
    mutu gak mutu nyang fenting koment,,hidup koment

  18. terimakasih buat tulisan yang mengingatkannya… maaf buat ketidakmampuan menambahkan kata kata lagi karna sudah cukup jelas nampaknya olehmu ^_^
    wah mba natazya merendah ne,,gak kebalik? diriku yang harus belajar banyak darimu jeng

  19. terima kasih. dua kata yang bernilai tanpa perlu mengeluarkan uang. mungkin kalo uang diganti ucapan terima kasih, tidak ada istilah mata duitan tapi mata terima kasih.
    terima kasih mbak mau nampung komen yang gak mutu ini.
    walah semua koment jelas bermutu, tenang aja,,disini keranjang sampah ko

  20. Ass.. aloo salam kenal..
    blognya bagus…

    tamatan kimia ya??? sama dunk..
    kunjungi blog angkatan kami ya.. di http://www.amazonic.wordpress.com

    salam..
    salam balik deh,,sudah saya kunjungi,,tenang saja, saya sudah nyampah di sana,,he,,he

  21. maaf, telat memberi komen terhadap tulisan yg bagus buat introspeksi diri ini. terima kasih.

    maaf mbak yella, saya jadi ketularan model komen-komen di atas. terima kasih.

    tuh…, aduh. maaf… hah…!
    telat itu biasa kan Pak,,daripada tidak sama sekali

  22. liat komen arda di atas..
    ternyata tukang nyampah di mana-mana..
    maaf yaa mbak.. kalo ikut-ikutan nyampah ๐Ÿ˜†
    silakan neng gratis ko

  23. maaf lagi.. salam kenal, baru dateng ko udah nyampah..
    maaf ya.. ๐Ÿ˜†
    hehe,,doyan nyampah ya

  24. bener banget tuchh,, terima kasih cinta,,, maaf kalau aku tak setia ๐Ÿ˜†
    gak papa, cinta laura kan?

  25. ya saya terima ucapan maaf dan terima kasihnya ๐Ÿ˜€

    Semangat terus dalam berkarya!
    ok

  26. selain 2 kata maaf dan terima kasih ada 1 kata yg efeknya cukup luar biasa..yaitu “tolong”. Apalagi klo disuarakan dengan semangat 45..pasti efeknya sangat luar biasa..:D

    Hai.. salam kenal.. artikel2nya bagus..:D
    oh ya itu dia saya sampe lupa, makasih ya masukannya, makasih berkunjung, sering-sering ke sini ya

  27. maaf ya saya baru koment, dan trimakasih klo comment ini d approve ๐Ÿ˜€
    saya gak pake moderasi ko, tiap koment pasti langsung keliatan,,tanpa editan,

  28. “Terima kasih” dan “maaf” merupakan ungkapan kata yang digunakan untuk pemanis obrolan.
    sipp

  29. kedua kata ini paling sering sy ucapin….
    semoga efeknya bisa meresap ke hati ๐Ÿ˜‰
    semoga

  30. maaf baru bisa mampir untuk komen…

    Makasih… ๐Ÿ˜› ๐Ÿ˜› ๐Ÿ˜›

    *ngasih senyum paling manissssssssssssss* ๐Ÿ˜†
    ehemmm

  31. Hiks….hiks…mbak,apa artinya salut sm aQ…duh, yg ada maksdQ sebenrny, gr2 dlm sehari aja, aQ bs ngelakuin banyak kesalahan…:( Makanya, cm bs nyebut “maaf”…melulu….
    asal ndak diulang2 aja,,:)

  32. Wah tulisannya terasa ngresep….. salam kenal bu.
    salam kenal juga,,ngresep koyo pepes ya?enak tenan

Tinggalkan Balasan

