Bikin donat kentang ah,,,

Rabu sore diriku berkunjung ke rumah kakak kedua, niatnya mau numpang ngenet, soalnya net dirumah eror mulu. Gak bisa blogwalking, bales koment, ato posting. Ternyata kakakku malah pulang kampung ke rumah mertuanya, di Majalengka. Deuuuuh sepi amat sih, udah sendirian dirumah, gak ada makanan yang bisa digigit.

Untung masih ada persediaan kentang mentah. Ngecek di lemari masih ada tepung cakra dan gula halus. Mentega ada. Ahaaaaa, apalagi kalo gak bikin donat kentang. Lumayan, cemilan buat nemenin diriku yang kesepian. —-> ceritanya bener2 dirumah sendirian, kacian deh.

Bikinnya gampang, gini caranya :

1. kupas kentang, potong-potong, rebus sampai matang (lebih baik lagi dikukus), haluskan

Setelah Halus dinginkan kentang sebelum dibuat Donat. Kalau tidak dalam keadaan

dingin…raginya langsung mati

2. sambil menunggu kentang dingin, siapkan :

300 gr tepung terigu cakra (tambahkan sedikit-sedikit sampai adonan tidak lengket)
7 gr ragi instant
50 gr gula psir
75 gr mentega
ยฝ sdt garam
1 btr kuning telur

3. Campur jadi satu kentang halus, tepung terigu, ragi, dan gula pasir

4. Aduk sampai membentuk adonan setengah kalis, masukkan mentega, uleni sampai kalis.

Ingat aturan bikin roti, ragi gak boleh ketemu garam dan atau mentega ya. Nanti raginya

mati, gak mau mengembangkan adonan. Garam dan mentega masuknya setelah adonan

setengah kalis.

5. Tutup adonan dan istirahatkan selama 30 menit

6. Keluarkan adonan dan uleni kembali, Bentuk adonan dan diamkan sebentar, goreng kentang sampai

kekuningan (sisa adonan donat yang belum digoreng dapat disimpan dalam kulkas, tahan 2 hari)

7. Kentang siap diberi topping coklat, minichip warna ato gula

Sudah dulu ah, mau ngelanjutin goreng donat lagi, masih ada beberapa, lumayan buat ngemil sambil nonton asian food channel, sambil nunggu yang punya rumah dateng,,,

ssssssst,,ada yang mo nemenin saya makan?

oh ya minumnannya sama cappucino hangat,,,plus choco granule diatasnya,,,,mantapppp,,,yummy

Iklan

36 responses to “Bikin donat kentang ah,,,

  1. ge ge ge ๐Ÿ˜†
    dapet pertamax di postingan donath..
    :mrgreen:

    suelamat anda dapat hadiah senyum dari diriku

  2. hukz hukz hukz…
    ngomong doang….

    mau!!!!
    ๐Ÿ˜ฆ

    besok klo jadi k solo, ajarin ya, mba!!
    kita bikin yang banyak,,
    g usah bagi2 yang lain
    :mrgreen:
    Siapa sih, siapa yang ngom-do? ngomong doank-wong diriku cuma posting, ndak ngomong2

  3. mau donk
    Mau? nih tak lempar satu,,,,,awas kena pala

  4. fotonya kaya donat yg di J-Co… :mrgreen:

    *pulang lagih*
    *ngerampok donat buat dimakan bertiga sama ayah dan Kaka*
    bikin donk bun, kan dah ada resepnya tuh?

  5. wah , saya nanti langsung menuju ke dapur dan mempraktekkannya
    dapur yang mana nih?

  6. Aduh laper…
    dr siang gbs kluar mkn coz ujan… ๐Ÿ˜•
    walah, mesakke to mas cacinge ra diopeni,,,

  7. Yang diposting resepnya doang sih…donatnya ngga bisa ya?
    Hikz
    bisa kok, sudah diwakili lewat gambar

  8. onde mande, lamak rasonyo. kapan saya bisa dikirimi mbak?
    bisa dikopi resepnya Pak, nanti yang buatkan istri tercinta, lebih enak pastinya daripada bikinan saya

  9. a…. jadi pengen pulang ke kampung…. ummi, bikinin donat kentang yg kek gini….

    (^_^)v

    yah, mbak. bikin ngiler aja. kirim dong.

    (^_^)v
    wah nanti basi kalo dikirim

  10. ragi gak boleh ketemu garam dan atau mentega

    maksudnya ghimana, mba?

    ya kan ntar di adonan jg ktmu?

    maksudnya jgn dimasukkan sama2….

    bingung, g bisa masak ๐Ÿ˜‰
    maksudnya urutan pengolahan diperhatikan, kalau mau ragi duluan, mentega dan garam jangan dicampur, tunggu adonan agak kalis baru masukkan mentega dan garam. gicu?dah jelaz?

  11. Adududuuuuuduuuuhhhh…..
    KrKCRCKekrKrkkeeerrr…– bunyi prut —
    tuh khan jadi laper lageee….
    pinter amat sih masaknya
    boleh dunkz attuuuu….eh limaaa ajah….
    hehehehe…….klo saya laper mampir ajah kesini kale yauch hehehehehe……:D
    boleh2 nti tinggal bayar di kasir ya?

  12. weh…semacam ribet bikinnya…
    gak terima delivery?
    bisa kok, delivery resep.

  13. wah jadi laper ๐Ÿ™‚
    mau? ke citayam aja, ajak si kerudung mere,,,:)

  14. Wah makan enak lagi nih. Nyam…nyam…nyam :mrgreen:
    mmm yummy

  15. pagi_pagi maem donat,, lumayan buat ganjel pyut

  16. siap menerima kiriman donat..
    gak usah banyak-banyak sekotak martabak aja cukup lah..
    ini kayaknya maksa deh ๐Ÿ˜ฆ

  17. @Mb. Presty
    belum bisa bikin aja udah pelit ๐Ÿ™„

    @BundaMenik.
    jangan dibawa semua dong.. ini jg pengin neh.. ๐Ÿ‘ฟ
    wieeeew presty dimarahi Pak Tri,,,
    Bunda dilarang rakus,,,
    gak ikutan ah

  18. bisa bikin donat ?
    boleh nih di online kan
    ini dah online, lam kenal kakanda

  19. TUh khan bener banyak yang lepeer…:O
    hehe,,,makanya ikutan kopdar BlogGor 2 ya,,biar bisa maem donatku,,informasi menyusul

  20. pesen atu donk sekalian ya di kirim ke tempat kuw . xixixixi
    tempatmu dmn?

  21. Yella belajar bikin donat dari mana
    bisa bisa saingan sama JCO
    belajar melihat kakak membuat donat, terus minta resep, terus praktek sendiri,,,bisa ya saingan ma jCO, bikin donat dengan toping es krim enak kali ya? kaya itu loh burger es krim dari ubi ungu,, enak kali bang

  22. bukak warung yel… saingin tu JCo yang donatnya kapes-kapes!! ๐Ÿ˜‰
    wow, bisa jadi ide bisnis nih!

  23. wah enak tuh donatnya…

    Asw.
    salam kenal ya..
    mdh2n ruang maya bs mnjdikan kita untuk mengikatkan diri dalam tali silturahim baik secara spiritual maupun intelektual..

    oke, lam kenal juga ya

  24. maauuuuuu satu, hehehe &yummy..sllluurrppp ๐Ÿ˜€
    makan di sini gratis mas, tapi sebelom pulang bayar dulu yaw,,hehe

  25. kayaknya enak donutnya. aku hobi masak tapi belum pernah bikin donut, boleh juga resep, ntar tak cobain.
    silakan praktekin, nanti kalo udah jadi kabari saya

  26. lagi menunggu postingan barunya
    mana ya ?
    mana
    hehe, sabar mas said, saya lagi sibuk, seminggu mungkin meninggalkan blog,,
    nanti deh cerita2 lagi,,oke?

  27. jelas, nunggu kalis ya…

    yg blom jelas

    kpn ya, nyicip donat kentang mb yeLa?:)
    wuih ini nih yang bisa bikin alasan buat kopdar,,,tapi???mendingan bikin sendiri deh ya,,secara ongkos bikin donat lebih murah daripada ongkos kopdar ma diriku ๐Ÿ™‚

  28. jeng mau minta ijin nyontek resepnya ya, tapi itu kentangnya berapa gram ya beratnya ?
    boleh jeng rina,,kentangnya cukup 2 biji yang sedang saja,,selamat mencoba ya

  29. Assalamu ‘alaikum wr. wb.
    Mba, minta resep bikin donat, kalo trigu nya 1 Kg. makasih ya….

  30. waalaykumsalam wr wb
    bahan2 yang lain tinggal dikalikan empat mba,
    sama2 mba mariah ๐Ÿ™‚

  31. rhaqomr : boleh, masukkan sumber websitenya ya

  32. cara bikin donat yang punya kadaluarsa lebih dari 1 minggu

  33. Mba gimana cara bikin lobang ditengahnya?

  34. Ping-balik: kue-kue tanpa dioven | Lebih Dekat dengan Alam

  35. Ping-balik: Laporan Liburan | Lebih Dekat dengan Alam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s