Teman yang menghangatkan di kala hujan

Jakarta-Depok-Bogor dan sekitarnya beberapa hari ini dilanda hujan deras disertai angin dan petir. Repot juga tiap pulang kerja, mau gak mau kehujanan. Padahal sudah bawa payung. Sampe rumah biasanya sih langsung ngeblog…(hehe ketauan deh). Tadi sempat ngintip warung tetangga yang jual nasi uduk, enak kayaknya makan nasi uduk yang gurih plus lalap, sambel, tahu-tempe goreng atau ayam goreng. Lagi-lagi rasa malas mencegah saya keluar. Habis harus antri dulu, belom lagi nunggunya, celana yang ikut basah. Ah, batal sudah keinginan makan nasi uduk. Hujan-hujan enaknya makan apa ya?

Saya coba cari-cari sesuatu di kulkas. Nyari-nyari sesuatu yang bisa disulap jadi pengisi perut. Setengah menit scanning, dapet deh…. Ada roti tawar, mentega….apel ???? wah gak ketemu, adanya wortel tuh…gak papa deh. Tak ada rotan akarpun jadi, maksudnye ora ono apel ra popo, wortel juga bisa…

Cara masaknya:

Kupas wortel dengan pengupas wortel, cuci pake air mengalir, iris kecil-kecil, blender dengan sedikit air.

Ambil wajan bersih dan kering, , masukkan blenderan wortel, panaskan, biarkan airnya agak berkurang, jangan sampai kering, apalagi gosong (nanti jadi selai areng,,,J )

Masukkan gula pasir, (kira-kira aja, kalau gak suka manis jangan kebanyakan, fungsi gula untuk memberi rasa manis dan membuat caramel, selai jadi kecoklatan)

Aduk-aduk sampai wortel berubah coklat, setelah air habis, matikan api

Roti bakar neh…

Ambil selapis roti, oles dengan mentega di kedua sisi, oleskan salah satu sisi dengan selai wortel, tutup dengan 1 lembar roti, panggang di atas Teflon atau wajan yang telah diolesi mentega.

Bolak-balik agar tidak gosong, kalau sudah kecoklatan, angkat deh tu roti

Dah siap disantap, bagi menjadi 8 bagian kecil

Kalo suka, tambahkan parutan keju dan susu kental

Si roti bakar siap menemani saat di luar lagi ujan deres. Eh, iseng saya tawarkan ke bapak ibu di rumah. Wah makannya lahap banget, gak tahu kalo selainya dari wortel. Coba kalo tau, bakalan gak doyan. Ini bias dijadikan trik untuk anak kecil yang gak suka makan wortel. Mau coba?

Oh Ya, roti bakar itu enaknya ditemani sama wedang sereh

cara buatnya :

Ambil 1 batang sereh, pipihkan pipihkan dengan uleg-uleg (supaya aroma serehnya keluar), rebus dengan air mendidih kurang lebih 6 menit, sajikan hangat dengan ditambah sedikit gula, seger banget (rasa wedang sereh ini seperti wedang jahe, bedanya jahe ada rasa pedas, sedangkan sereh tidak pedas, bener-bener seger. Khasiat wedang sereh : melancarkan peredaran darah, melemaskan otot yang kaku)

Siapa mau coba resep saya? biar lebih enak, makannya sambil lihat foto saya,,hehe,,

Iklan

6 responses to “Teman yang menghangatkan di kala hujan

  1. yg ini juga makanan
    juga ikutan makin lapar 😥

  2. Yach, khas akhwat bgt: posting soal makanan atau resepnya…
    Kaya’ adek saya ajah… *lha iya, sama2 akhwat, gmn siy* 🙂

    ooo gt ya? emang setiap akhwat identik sama masak ya? baru tau

  3. wortel?
    huek.. nda sukaaaaaaaaaaa….
    sele coklat aja deh..

    tinggal tuang pula.

    sereh? gw punya banyak. tuw td di beliin OB di pasar,
    seceng dapet se iket !

  4. Ping-balik: kue-kue tanpa dioven | Lebih Dekat dengan Alam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s