dunia tanpa syair

saya, perempuan usia 27 tahun. Pendidikan saya hanya sampai SMA, itu pun sudah alhamdulillah. Lulus SMA, saya bekerja di pabrik roti. Mengangkat loyang-loyang besar sudah menjadi keseharian saya. Saya terpaksa berhenti bekerja dikarenakan pabrik harus melakukan perampingan karyawan. itu terjadi 4 tahun lalu. Selama beberapa bulan terakhir, saya mengajar disebuah TPA (Taman Pendidikan Al-Qur’an) yang berada di lingkungan kampung. Sebenarnya gaji yang saya terima belum bisa membahagiakan orang tua. Terkadang kami semua makan tanpa lauk. Ini karena saya yang tak bisa diandalkan. Seharusnya ini menjadi kewajiban saya. Ya Allah, tolonglah hamba-Mu yang lemah ini. Masalah lain pun datang tatkala sampai saat ini belum ada pendamping, mengingat umur sudah menginjak 27 tahun. Suara-suara miring mulai terdengar di telinga, mereka menyalahkan saya karena terlalu memilih laki-laki. Mereka mungkin lupa bahwa jodoh ada di tangan Allah. Mereka hanya sibuk menyalahkan. Berikan mereka petunjuk ya Allah. Mereka juga lupa bahwa saya butuh dukungan. Untung saya memiliki teman-teman yang bisa diandalkan di saat sulit. Di keheningan malam saya tersedu dalam sujud dan dzikir, kesalahan apa yang telah saya lakukan sampai Allah memberi cobaan yang begitu berat. Ya Allah ampuni dosa-dosa hamba, mungkin selama ini hamba sedikit memberi sesuatu untuk orang lain.

Yang terpenting saat ini adalah fokus bagaimana supaya anak-anak senang belajar mengaji. Untuk menambah penghasilan, beberapa pekerjaan lain saya lakukan seperti membuat souvenir dan berjualan pakaian. Kalau saya ada rezeki lebih, ingin sekali melanjutkan pendidikan guru untuk anak-anak TK. Soal jodoh serahkan saja sama Allah. Allah Maha Mengetahui yang terbaik buat hamba-hambaNya. Semoga Allah berkenan mengirimkan laki-laki hanif yang pas di hati. Yang akan menerima saya apa adanya. Saling menjaga komitmen dan janji setia. Mendidik anak dengan sebaik-baiknya. Merangkul dua keluarga besar menjadi sebuah keluarga yang memelihara silaturahmi dan kasih sayang. Saling membantu dan peduli. Semoga saja. Semoga terwujud. Amien

hidup ini seperti dunia tanpa syair, setiap lagu mengalun apa adanya, lagu sedih, lagu senang, lagu gembira, lagu kecewa, lagu bahagia. It’s life

diilhami dari diskusi mingguan, sesama jomblo yang sedang mencari pendamping hidup :

Iklan

18 responses to “dunia tanpa syair

  1. aduhhh lagu tampa musik tepatnya. suara nya berdentum dalam hati indahnya ritme hanya kita yang rasakan orang lain hanya bingung karena bibir selalu tersenyum

  2. # hanggadamai
    iya tuh,
    tiap malem minggu saya ngumpul di kelompok pengajian
    (kalo orang-orang ngedate ma pacarnya, ini malah ngedate
    sama guru ngaji), abiz itu kita lanjut silaturahmi di salah
    satu teman, nongkrong di sana diteras rumah. sambil
    ngobrolin macem-macem, sabtu kemaren ngomongin soal
    jodoh. hehe.

  3. # satyasembiring
    ehemmm,,,pengalaman pribadi yah? (pasti sering
    senyum-senyum sendiri, terutama kalo baca komentar
    postingan,,heheh). itu saat termanis yang
    kita alami. masing-masing orang merasakannya. indah ya??

  4. tiada yang indah , selain syair yang kita ciptakan dalam kehidupan kita , dan kita jalani bagai dawai2 seirama , biarkanlah mengalir dalam hati , jangan ada yang patah karenanya , jangan ada dunia tanpa syair , tak akan terasa indah , percayalah

  5. # realylife
    so sweet…
    terima kasih penghargaannya, puisi dibalas dengan puisi.
    tetap semangat dan optimis ya mas,,,chayo

  6. Salam……
    numpang komentar dikit…di rumah ini..
    Sy terharu membaca apa yg Njenengan tulis, smoga bs menjadikan pelajaran kpd yg mau belajar dari org lain.
    Semoga apa yg diinginkan, terkabul, aamiennnn..

    Maaf, tdk merayu, tapi sy lihat namax ciamik soro…RINDu akan ASMARA, (MAAF…tanpa bermaksud apapun, jadi jgn tersinggung ya Mbakyu..).

    Bahasax jg terkesan SHAKTI mandraguna (bukan Mandra yg lain lhooo…).

    Trims yaa….kapan2 sy mau mapir lg aaaahhhh…
    salam

  7. Salam……
    numpang komentar dikit…di rumah ini..
    Sy terharu membaca apa yg Njenengan tulis, smoga bs menjadikan pelajaran kpd yg mau belajar dari org lain.
    Semoga apa yg diinginkan, terkabul, aamiennnn..

    Maaf, tdk merayu, tapi sy lihat namax ciamik soro…RINDu akan ASMARA, (MAAF…tanpa bermaksud apapun, jadi jgn tersinggung ya Mbakyu..).

    Bahasax jg terkesan SHAKTI mandraguna (bukan Mandra yg lain lhooo…).

    Trims yaa….kapan2 sy mau mampir lg aaaahhhh…
    salam

  8. Sabar ukhti…
    Allah lebih tahu kapan saatnya.
    Kalo dah tiba saat yang tepat, dia akan hadir tanpa disangka-sangka.
    So.. Enjoy aza 😉

  9. # ANGGORO
    MET GABUNG YA. salam kenal juga,iya gak papa, disini bebas
    ngomong apa aja kok, asal terkendali,,hehe, saya ndak
    tersinggung. malah senang ada orang yang perhatian sama
    nama blog saya, komentar banyak atau sedikit ndak
    masalah, itu jauh lebih baik daripada gak koment,,,karena
    gak setiap orang bisa koment, sering-sering ke sini ya,
    jangan kapok

    #oliveoil
    iya terima kasih dukungannya, nanti saya sampaikan ke
    teman-teman, kisah yang saya tulis adalah kisah-kisah
    mereka

  10. Salam…
    He, he, he…Ungkapan/tanggapan utk sy, rasax pernah sy ‘dengar’, itu adalah kalimat yg keluar dari Syaidina Ali RA. (Hampir sama, tdk persis sih…)…
    Kira2 begini….****maaf klu salah, silakan di ralat..****

    “JANGAN SEKALI-KALI MALU MEMBERI WALAU SEDIKIT, SEBAB TDK MEMBERI SAMA SEKALI LEBIH SEDIKIT NILAIx…”.

    Makasih tanggapanx yaaa…

    yengky delta three uniform juliet…..standbye..73

  11. # delapanjagad
    de javu kali ya? berarti sampeyan melek informasi, suka baca
    buku, ketemu banyak orang, ,,,yang saya suka dar komen
    sampeyan itu panjang dan bermakna…sarat dengan
    nilai-nilai. sering mampir yo

  12. Ah, terlalu memuji sampeyan mbakyu…he, he, he, jadi malu nih mau comment banyak, he, he, he…
    Insya Alloh, sy akan berusaha mampir…(mungkin reka yg baca ini sambil mencibir…Mampir karepmu ora mampir yo karepmu…he, he, he,…)
    Sy ingat jg ungkapan seorang yg arif….”Siapa pula yg banyak bicarax pasti sdkit (banyak?) pula kesalahanx. Dan siapa pula yg menggunakan akal pikiranx, KEBENARAN akan tampak nyata bagix…”
    ah udah, entar dikira ceramah lagi…he, he, he…

  13. Oiya, sdikit ralat:
    Sy baru belajar kok mbakyu, jadi jk ada komentar sy yg tdk ada faedahx, monggo di delete sj. Maklumlah, namax jg tahap belajar..
    Klu org lain sdh pd ke bulan, sy mah masih beli terang bulan…he, he, he, he…Tp, gakpapa kan, biar bs bulan andung2…

    Info kecil:
    Sy tertarik mampir di “rumah” sampeyan krn ada 1 kata : TPA.
    Sy jg gak tahu mgp, yg jelas, sy pernah mengelola TPA 2 tahun. Ah udah ah…sy mau ke “rumah” sy dulu…
    Mangan gandum karo klamet2,
    Andum selamet…..

    Salam

  14. # Delapanjagad Anggorokasih
    yang tertulis gak bisa di delete tuh,,, piye jal?sudah ada niat
    belajar itu bagus,, daripada gak da niat sama sekali…segala
    sesuatu berawal dari niat lho,,,menurut ilmu motivasi,,,niat
    itu sudah 50% keberhasilan,,,sisanya usaha
    ooo begitu ya..berarti sampeyan dah tau seluk beluk TPA
    ya,,,wah bagus itu,,,buat postingan donk di blog nya,,,saya
    juga mau tanya-tanya,,boleh ndak?

  15. Waduh!! He, he, he,..rokokku sampai jatuh nih, habisx ketawa/wi baca sampeyan punya tanggapan.

    Maafkan sy mbakyu, pengalaman sy sgt dangkal sekali kok, jadi kayakx kurang pantas klu sy membuat “diskusi” di forum.
    Sy lebih suka menjadi penonton yg baik.

    Dulu mmg sy punya rekan2 seperjuangn, ada 12 org yg berjuang demi kelangsungan anak didik kami di sebuah desa di Kediri. Sdgkan di rumah, malamx sy jadikan ‘sarang’ pengajian kecil2n.
    Sy mecoba mengamalkan apa yg sy peroleh sebisa mungkin
    Sy hrs membagi wktu, pagix sy belajar mengajar di TK & sorex di TPA/TPQ
    (ha, ha, ha, ha, sy jadi ketawa nih…krn teringat ketika sy BELAJAR MENGAJAR..// ya ngajari senam de el el…semua dgn niatan ibadah sj, lain2 tdk! ).

    Sdh menjadi rahasia umum, guru TK kbnyakan adalah wanita, namun sy belajar mengajar jg sebenarx awalx krn “terpaksa”. Mgp? Krn seringx aktif di TPA, sy dimintai tolong utk mengajar di TK yg lokasix jg tdk jauh dari TPA yg biasa sy ‘kelola’. (maaf, ralat..bukan mengajar, tapi belajar mengajar…)

    Dua tahun berjalan, namun sy terpaksa meninggalkan anak didik sy dgn tetesan airmata, krn sy hrs menjalani test lisan & langsung terbang ke sebuah University di Madinah al Mukaromah..bla bla…bla…

    Ah, knp sy jadi ke asyikan nulis nih, beribu maaf, terlalu puannnnnnnnnnnjang…kayak surat tagihan aja yaaa…he, he, he,
    ( abis sy pengalaman di tagih hutang sih…).
    Nt sy sambung, sy mau cari pacar di dunia maya dulu….ha, ha, ha, ha, ha, ha,….

    yengki delta three uniform juliet…………daaaaaaagdamu gak rata..cerioooooo73..

  16. Ada yg tertinggal mbakyu…
    Komentar yg njenengan terima BISA di delete kok, masuk aja di admin.
    Maaf klu sy terkesan menggurui, Njenengan tanya yg pengalaman di wordPress, krn sy kan baru belajar…

    Sy jg suering dpt komentar spam, langsung sy delete all.
    Nyuwun gunging pangapunten, komentar sy yg terlalu ‘seronok’..delete aja yaaaa…???
    Kpn2 sy mau baca semua tulisan di sini, nt klu ada yg kurang, sy boleh menambahi kan ??? He, he, he, he,…sok tahu lu !! He, he, he,…

    Klu ada yg ditanyakan, KALAU SY KEBETULAN BISA, akan sy usahakan menjawab…
    bukankah al muslim akhul muslim ??? So, santai aja….lewat email jg boleh kok, delapanjagad@gmail.com
    Sdgkan nomer hp sy dua2x ada di blog sy…
    Sy mau ‘laporan’ dulu, mumpung belum fajar, sekalian nunggu adzan..

    Ingat angka 8,
    Pastix hrs ingat Delapanjagad…
    Ingat kasih ibu sepanjang jalan,
    Jelasx yaaa..kudu ingat Anggorokasih…
    Weleh2…
    Ketawa jungkel2….ha, ha, ha, ha….
    salam2n krues2….bye 7 & 3

  17. assalamu’alaikum….
    salam kenal ya….! saya kepengen punya lagu2 untuk TPA/TPQ, sebab saya sedang mengajar di TPA/TPQ dan ingin ada variasi dalam mengajar.
    kalo punya kirimin lagunya ya…. ke maildenmas@gmail.com
    stukron katsiron….
    wassalamu’alaimum…

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s