Sukses presentasi

Mungkin sebagian dari kita tidak menyukai presentasi. Apa boleh buat, suka atau tidak suka suatu saat kita akan melakukan presentasi. Presentasi bertujuan untuk mengumumkan sesuatu kepada publik tentang suatu proyek atau gagasan. Kalau diingat-ingat, sejak sekolah kita sudah kenal yang namanya presentasi. Ingat gak kalau guru memberikan tugas kelompok lalu diminta untuk memaparkan hasil kelompok masing-masing. Grogi saat presentasi? Wajar. Orang yang berpengalaman pun seringkali grogi saat mulai presentasi. Bedanya, orang yang sudah sering presentasi memiliki lebih banyak cara untuk mengatasi rasa grogi. Banyak cara dilakukan agar presentasi anda sukses. Berikut saya sajikan tips sukses presentasi yang dapat dipakai untuk pelbagai jenis presentasi seperti ujian skripsi, presentasi bisnis, presentasi siswa di depan kelas, presentasi seorang guru atau dosen dalam mengajar, presentasi ke calon mertua (hehe,,,kali aja ada yang mau nikah), dll. Silakan anda menyimak paparan ini, semoga bermanfaat.

1. Latihan presentasi sebanyak mungkin

Sediakan waktu dan energi untuk persiapan dan latihan, khususnya pembukaan presentasi karena inilah yang menentukan sukses tidaknya presensi. Biasanya rasa grogi muncul pada awal presenttasi. Kita dapat mengurangi rasa grogi sebanyak 75% dengan cara melakukan banyak latihan presentasi. Mula-mula lakukan sendiri di depan cermin, jika sudah lancar cobalah kumpulkan anggota keluarga atau teman minimal 3-5 orang. Lakukan presentasi seperti presentasi sungguhan. Lakukan dengan percaya diri seolah anda berada di depan banyak orang. Setelah itu mintalah evaluasi dari mereka.

2. menaklukkan rasa grogi

tarik nafas dalam-dalam dan tahan selama 4-5 detik. Keluarkan dengan hembusan perlahan dan terkontrol. Lakukan 3-4 kali dengan langkah yang sama. (awas ya jangan dikeluarin lewat bawah, kasihan kan nanti ada yang keracunan? Hehe J)

3. mulai dari sisi kiri

mendekati bagian depan ruangan adalah hal penting. Setiap mata yang ada di ruangan akan tertuju hanya pada kita. Setiap orang mengawasi, membangun opini, menciptakan asumsi, dan mencari cara untuk membenarkan persepsi atau pemahaman awal. Masukilah ruangan dari sisi kiri. Presentasi yang dilakukan pada sisi kiri mengakibatkan mata dan kepala bergerak ke sisi kiri. Apa yang terjadi? Gerak mata ke kiri akan merangsang otak belahan kanan – bersifat tidak menghakimi- untuk bekerja. Dengan tidak aktifnya kemampuan analisis belahan kiri untuk sementara waktu, peserta presentasi akan lebih bersikap terbuka dan menerima.

4. berkonsentrasi terhadap materi bukan rasa grogi

kendalikan suara negatif di benak kita, jejali pikiran dengan afirmasi-afirmasi (perkataan yang diulang-ulang) positif yang dapat memberikan kekuatan dan keyakinan.

5. percakapan lewat mata

presentasi memliki kesamaan dengan hubungan manusia. Orang akan merasa senang bila seakan-akan kita berbicara hanya kepada mereka. Saat presentasi, lakukan kontak mata dengan satu orang peserta selama 3-5 detik, kemudian lihat wajah yang lain dan sepasang mata lain. Tataplah mata mereka. Dengan cara ini menunjukkan kesiapan dan antusias kita terhadap peserta. Seorang pembicara yang menatap jauh melampaui kepala peserta mengisyaratkan ketidaksiapan dan atau sikap mementingkan diri sendiri. Libatkan peserta dengan kontak mata, hal ini menimbulkan rasa percaya diri kita dan sikap penerimaan mereka.

Demikian tips yang bisa saya sajikan, masih banyak cara-cara mensukseskan presentasi. Cobalah resep di atas, semoga dapat mengatasi kesulitan saat presentasi. Selamat mencoba

15 responses to “Sukses presentasi

  1. wah, bagus tuh tipsnya. //wat presentasi ke calon mertua, euy ^_^)//

    ini keknya aku pernah baca, di buku yg dulu bgt aku beli.

  2. iya drjt. anda ternyata melek buku, informasi dan berita ya. selalu mengikuti perkembangan zaman.
    emang itu saya resume dari buku dan hasil kelas presentasi di Greenleaf entrepreneur school sekolah calon pengusaha muslim.
    yang paling saya ingat adalah poin 3, saya sudah coba di kelas, hasilnya memang benar…mengajar jadi aktifitas yang mengasikkan
    makasih dah hatrix ke blog saya

  3. makasih informasinya ya mbak , semoga berguna buat saya kelak
    o iya nanti ya saya siapkan biodatanya , maklum saya baru selesai diklat hari ini
    makasih

  4. makasih kunjungannya hari ini ya mas said…terus main ke blog saya ya…selesaikan saja urusan yang lebih penting mas. masalah itu bisa diatur lah. selamat ya sudah sukses melewati hari yang berat. btw ujiannya gimana?

  5. kayany mbak yella jago presentasi ya ❓
    besok2 ajarin diriku tuk presentasi seminar ya :mrgreen:

  6. heheh maloe neh (muka langsung merah)
    jago sih enggak, cuma bagi2 rahasia saja…
    semoga siapapun bisa sukses presentasi.
    sering-sering presentasi aja, nanti seminarnya sukses kok

    Untuk seminar skripsi, di ruang sidang akan terasa nyaman kalo kita rileks..

  7. soal hasil ujiannya , silahkan liat di postingan saya yang terbaru
    makasih

  8. # realylife
    ok…saya akan hatrix blog mas said seperti biasa,,heheh

  9. alhamdulillah selama ini berjalan mulus ketika tlah tebiasa melakukannya

  10. aku suka banget dengan point ke 3, ilmiah bgt
    thanks yak n so far aku emang routinely to do presentation…

  11. boleh copas dan sertakan alamat blog saya agar and aterhindar dari pembajakan hehe, thx

  12. Terima kasih mas,
    Ilmu yang bermanfaat. Hal-hal yang diluar teknis ternyata sangat penting dipersiapkan. Tips presentasi biasanya bagaimana membuat tampilan menarik dan komunikatif. Tetapi sisi yg mo presentasi jarang dibahas. Terima kasih.

    ajiek

  13. mas ajiek : terimakasih suda merespon positif tulisan saya, kebetulan saya pernah dapat materi ini di club jaringan pengusaha 🙂

Tinggalkan Balasan

