Pentingkah hits?

Ini problem umum yang terjadi pada blogger pemula. Awal-awal saya menulis postingan juga begitu. Rasanya gak enak banget kalo postingan yang kita tulis gak da respon sama sekali. Apalagi kalo ngintip hits tetangga yang selalu naik terus. Rasa-rasanya kok blognya gak laku ya? heheh kacian deh.

Kalau ingat itu jadi malas nulis postingan. Untungnya ada MR Satya SEmbiring yang selalu memompakan semangat bahwa yang penting bukan hitsnya tapi semangat nulisnya. Pada awalnya saya bikin blog hanya untuk mencari teman sebanyak-banyaknya. Postingnya pun yang ringan-ringan. Istilah saya gak berbobot. Berhubung saya punya hobi kemana-mana bawa buku catatan (saran ini saya dapatkan dari kakak kelas sewaktu kuliah, katanya sih ide-ide penelitian dapat muncul di sembarang tempat, bisa di jalan, di toilet atau lagi ngobrol-ngobrol). Tiba-tiba punya ide untuk menuliskan semuanya ke dalam blog.

Terkadang ide itu muncul begitu saja saat saya menunggu kereta yang belum datang (saya kemana-mana naik KRL-Kereta Rel Listrik -angkutan di JAkarta yang paling murah, cepat, dan anti macet), segera saya keluarkan buku catatan kecil dan pulpen. Mengalirlah ide dengan lancar. Tanpa jeda. Seperti ada yang membisikkan sesuatu lalu saya tinggal menuliskan.

Pernah juga waktu nunggu kereta Jakarta-Semarang, sempat-sempatnya saya buka buku agenda, membuat peta karir dan hal-hal yang saya inginkan mulai 3 bulan sampe 10 tahun yang akan datang. Begitu banyak ide dan solusi yang berdesakan di kepala. Segera ingin dimuntahkan, supaya gak mengendap kelamaan. Peta hidup memang harus dipunyai setiap orang. Supaya hidup terasa teratur dan bermanfaat, gak sia-sia menghabiskan hidup di dunia. (sama seperti Fahri-tokoh utama ayat-ayat cinta atau Pak Ayi dengan peta perpustakaannya). Kalau peta hidup tidak sesuai dengan kenyataan, bukan berarti sebuah pertanda buruk. Pasti Allah memiliki rencana yang lebih baik dari rencana saya.

Jadi hits bukan hal terpenting lagi dalam Ngeblog. Buat teman-teman yang baru join di WP, tidak usah berkecil hati dengan hits. Buat saya Hits adalah efek dari hasil karya kita, semakin tinggi hits makin banyak yang mengunjungi, makin banyak bermanfaat apa yang saya bagikan.

4 responses to “Pentingkah hits?

  1. yups
    yang penting semangatnya, bukan hitsnya..

  2. wah ada hangga lagi, selamat datang ya…
    sudah seger lagi neh keliatannya..
    koment nya itu loh, sigkat, padat, jelas, berwawasan, he

  3. hehehe,,,,,sama donk qt?
    makasih ya drjt dah mampir lagi..

Tinggalkan Balasan

