Ancaman si permen gila YABA

Musuh utama bagi generasi penerus bangsa itu adalah narkoba. Terlebih, peredaran barang berbahaya itu mengalir semakin deras. Kini, anak muda di Indonesia mendapat ancaman baru dari dunia drugs. Obat terlarang itu bernama permen YABA.

Asal usul YABA

Yaba diproduksi diambil dari bahasa Thailand yang artinya kira-kira crazy medicine alias obat edan. Diproduksi di wilayah yang terkenal sebagai segitiga emas peredaran narkoba internasional, yakni di perbatasan Thailand-Laos, dan Myamar.

Orang yang pertama kali membuat yaba adalah ahli kimia berkebangsaan Jerman, atas pesanan Adolf Hitler. Pesanan khusus ini dibuat untuk tentara Nazi di PD II. Obat ini yang diberi kode D-IX. Proses penciptaannya dimulai November 1944 di Sachsenhausen, dekat Berlin , Jerman dan kemudian diuji cobakan pada manusia, terutama para tahanan dikamp konsentrasi Saehsenhausen. Ada 18 tahanan yang diberi D-IX, kemudian dipaksa berbaris dan mengelilingi lapangan. Pundak mereka diberi beban seberat 20 kg. Selama berjam-jam mereka berbaris sambil bernyanyi dan bersiul mengelilingi lapangan tanpa istirahat. Kalau dihitung, jarak tempuhnya mencapai lebih dari 90 km. Hal yang mustahil dilakukan jika dalam keadaan normal.

Namun, setelah 24 jam pertama, keampuhan obat ini membawa bencana bagi pemakainya. Mereka langsung ambruk berjatuhan dan meninggal. anehnya, dokter-dokter Nazi kala itu sangat terkesan dengan hasil percobaan D-IX. Mereka dengan antusias merencanakan program untuk menyuplai seluruh tentara Jerman dengan pil ini. Untungnya, perang keburu usai sebelum obat D-IX ini dibikin secara massal.

Ciri-ciri YABA

Yaba berbentuk tablet, ukurannya tak lebih besar dari penghapus di ujung pensil. Seperti ekstasi, tablet ini juga berwarna-warni, seperti merah, orange, dan hijau. Untuk mengenalinya, di permukaan tablet obat tersebut terdapat logo R atay WY. Yaba merupakan jenis obat terlarang yang dikonsumsi dengan cara diminum. Para sindikat narkoba internasional biasanya memberi rasa pada yaba. Hal itu untuk mengecoh para remaja agar tertarik mengonsumsinya. Dengan warna mencolok dan diberi rasa, seperti rasa anggur, jeruk, dan vanila, rasa yaba seperti rasa permen.

Kandungan YABA

Merupakan kombinasi dari 25 – 35 mg methamphetamine dicampur dengan 45 – 65 mg kafein dan kandungan bahan lain berupa oplosan garam, cairan pembersih rumah, sulingan obat batuk, dan lithium baterai kamera.

Kerja methamphetamine ini menghamhat fungsi hormon serotonin dalam tubuh saat memberikan informasi ke otak kalau perut kita lapar atau tubuh kita lelah. Jika digunakan pada saat yang tepat, methamphetamine memang memiliki kegunaan yang positif. Sementara amphetamine ditemukan pertama kali tahun 1887 di Jerman. Tujuannya untuk mengobati bermacam penyakit seperti ayan, schizophrenia, kecanduan alkohol, migren, dan hiperaktif pada anak-anak.

Efek penggunaan YABA

Yaba akan membuat pemakainya mengalami halusinasi, insomnia,
detak jantung bertambah cepat, tekanan darah menjadi lebih tinggi yang dapat merusak pembuluh darah kecil di otak. Jika hal itu sudah terjadi, maka pemakai yaba dapat terkena serangan stroke, radang pada saluran darah di jantung. Penggunaan obat yang berlebihan alias over dosis dapat menyebabkan hypertermia (naiknya suhu tubuh) dan kematian.

Secara psikologis, pengguna yaba bisa mengalami fase perubahan perilaku. Orang yang mengonsumsinya bisa berubah menjadi kasar, paranoia (takut berlebihan), resah, bingung, dan insomnia atau susah tidur. Meski sebagian besar pengguna mengonsumsi yaba lewat mulut. Namun, ada pula orang yang menggunakannya lewat jarum suntik. Bagi pengguna yaba dengan cara suntik terancam pula terkena HIV (human immunodeficiency virus), hepatitis B dan C, serta virus-virus lain yang terbawa lewat darah.

Peredaran

Sekitar 400 juta pil diselundupkan dari wilayah segitiga emas itu untuk diedarkan ke seluruh dunia setiap tahunnya. Di Amerika Serikat, yaba sangat popular di kalangan komunitas orang Asia, terutama di California. Kabar terakhir, peredaran YABA akan diseludnupkan di Indonesia. Peredarannya khusus di kalangan anak-anak SD dengan harga semurah permen karet warna warni. Narkoba dengan harga murah? believed or not?

Iklan

9 responses to “Ancaman si permen gila YABA

  1. makasih informasinya ya mbak . berguna buat kita generasi muda untuk berjaga
    makasih ya sudah sering3 silaturahmi di blog saya
    semoga nda bosan ya

  2. sama-sama mas said. makasih bgt dh mampir. Dari kemaren sepi koment. hehe
    tp gpp ko. saya seneng bisa silaturahmi menjalin persatuan dan kesatuan walau hanya lewat blog..

  3. wah wah wah
    hati2 ma sekitar
    *lirik kanan lirik kiri lirik depan lirik belakang*
    takut ada yg ngasih yaba :mrgreen:

  4. ya neh…ati-ati ajah…biasanya dikasih gratisan, bilangnya vitamin. nti kalo dah nyandu, kantong baru dikuras abis.

  5. hai mba…….

    baru sekali ini mampir….

    wah baru tahu kalo ada METH dibikin permen……..

    *jadi inget metrotv program* “the most dangerous drugs in earth”

    btw kalo bahan dasarnya METh…….berarti permen itu bentuk lainnya /varian dari shabu toh…? alias cristal meth.

    informasi ttg “peredaran YABA akan diseludnupkan di Indonesia” baiknya diteruskan saja ke BNN….meskipun saya yakin mereka sudah punya info itu, mengingat beberapa bulan terakhir tangerang dan pantai indah kapuk “diserbu” pedagang XTC dari malaya dan HK.

    salam

  6. halo bayu, selamat datang ya, met gabung…
    iya, saya tahu pertama kali 2 tahun lalu ketemu dosen kimia ngajakin join proposal penelitian membuat “ramuan kimia” untuk mendeteksi permen tersebut.
    beliau sangat peduli tentang masalah ini, saya sudah sempat mengumpulkan bhn proposal namun karena ada penelitian yang lebih mendesak dan saya email berulang kali tidak terkirim akhirnya bahan tersebut gak jadi dijadikan proposal.
    BNN dan kepolisian sudah antisipasi dengan menjaga ketat 139 pelabuhan di Indonesia, soalnya Singapura udah menggagalkan penyelundupan 16.000 butir Yaba.
    Yaba sejenis ekstasi, terima kasih sarannya, sering mampir ya…

  7. hati-hati untuk yang punya keponakan dan adik kecil, apalagi yang suka makan permen

  8. nnchyy% , [url=http://forums.rpghost.com/member.php?u=53577]propecia[/url] jtrkkjg , [url=http://forums.rpghost.com/member.php?u=53578]buy wellbutrin[/url] tredgf , [url=http://forums.rpghost.com/member.php?u=53579] order zyban hydrocodone order frdrdrd , buy adipex gtuvnhj 84&^ , generic ambien jff , ativan generic lkm66 , ephedra jff , buy oxycodone TVG gg, xanax online gtfFT , cheap alprazolam frdrdrd , diazepam

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s