Keajaiban Garam

Garam? Itu kan tempatnya di dapur, di meja makan juga ada. Saya jadi ingat ketika menikmati perjalanan Kudus-Surabaya. Di sepanjang jalur tersebut ada ladang garam sepanjang daerah Juwana-Rembang. Pekerjaan mengumpulkan garam sedikit sulit. Jika tidak ada panas, maka air garam tidak dapat menguap. Akibatnya, kristal garam tidak dapat terbentuk. Panas matahari sangat diperlukan mulai dari penguapan sampai panen. Petak-petak ladang yang sebagian airnya sudah menguap, tertinggal kristal garam putih. Garam ini dikenal dengan garam kotor. Proses pengumpulan dilakukan di setiap petak, lalu dikumpulkan membentuk gunung-gunung kecil. Apabila hujan turun, gunungan garam ini akan mencair lagi. Kadang saya berpikir, bagaimana ya petani garam bisa hidup makmur. Sudah susah payah, garam dijual dengan harga murah.

Selama ini kita hanya mengenal garam hanya sebagai bahan perasa asin saja. Pernahkah kita bayangkan seandainya di dunia ini tanpa garam?

Ternyata garam banyak sekali fungsinya, selain sebagai penambah rasa, garam juga berperan sebagai :

1. cairan pencuci hidung

garam dapat digunakan sebagai cairan pencuci hidung untuk penderita sinus dan alergi. Hidung pada penderita sinus dan alergi umumnya mengandung lendir yang dapat mengganggu pernafasan hidung. Lendir ini dapat ditarik dengan cairan garam. Caranya larutkan 1 sendok garam pada 200 ml air hangat, tuang pada pot neti. Cuci hidung menggunakan cairan garam. Miringkan hidung, masukkan perlahan cairan garam ke dalam hidung. Cairan akan keluar dari lubang hidung yang lain. Lakukan bergantian

2. pembuat es krim tradisional

setelah adonan es krim dicampurkan, untuk mengeraskannya maka adonan dimasukkan ke dalam alat khusus yang di sekelilingnya ditaburi garam dan es batu. Garam berfungsi menjaga suhu es agar tetap rendah dan tidak mudah cair. Sifat molekul garam yang unik ini dikarenakan unsur Natrium dan klorida pembentuk garam memiliki sifat berlawanan. Gaya tarik yang salik menolak antar molekul garam membuat garam berfungsi sebagai bahan penahan

3. membersihkan saluran bak cuci

saya menggunakan garam untuk membersihkan saluran bak cuci dari lemak-lemak yang mengeras. Saat mencuci piring, semua lemak dan minyak hanyut terbawa air dan mengendap dalam saluran pembuangan. Untuk membersihkannya, taburkan satu bungkus garam yang sudah dihaluskan masukkan ke dalam lubang bak cuci lalu siram dengan air panas. Lakukan setiap 3 atau 4 minggu.

4. larutan pengganti cairan

Larutan gula garam sangat baik untuk mengganti cairan tubuh. Sel-sel tubuh kita tidak hanya mengandung air tetapi kandungan sel tubuh adalah cairan garam. Sedikit saja kekurangan cairan garam, tubuh akanmengalami dehidrasi.

5. mengurangi rasa asin pada ikan asin

saya biasa menggunakan air garam untuk mengurangi rasa asin pada ikan asin. Prinsip yang digunakan adalah osmosis yaitu membuat lingkungan lebih asin dibanding sel yang direndam. Masukkan 3 sendok garam pada 100 ml air biasa lalu rendam ikan asin. Konsentrasi cairan perendam yang lebih tinggi akan mengeluarkan garam pada ikan asin yang konsentrasinya lebih rendah.

6. pengusir ular

biasanya untuk mengusir ular saat camping, di sekitar tenda ditaburkan garam agar ular tidak berani mendekat

Iklan

27 responses to “Keajaiban Garam

  1. G nyangka y, klo garam manfaatnya banyak gitu…salut dech bwt garam…tp bener nich garam bs lindungin dr ular? Soalnya Q phobia bgt deh sm hwn melata yg satu ntuh… bayanginnya aj malas Tp koq bs ular g suka garam? Gmn crtnya y?

    # soalnya ular gak suka sama yang asin-asin, contohnya kalo sarah camping gak usah mandi, nanti kan ularnya gak kan
    mendekat..he

  2. Wah lengkap sekali penjelasannya tentang garam. Memang sesuatu yang kelihatannya sederhana sebenarnya mengandung potensi yang luar biasa.

  3. ceritanya panjaaaaaaaaaaaang bgt. apalagi kalo judulnya ngebayangin cerita dikejar ular..terus kabur. he

  4. Mbak Yella, sekedar saran, daripada repot bolak-balik ngasih aprove komentar, mending moderasi komentarnya di non-aktifkan aja.

  5. oke pak, itu yang saya butuhkan. saran dan masukan plus caranya..hehe
    saya masih belom mahir otak atik
    saya tunggu saran berikutnya

  6. masih banyak yang ingin saya paparkan mengenai garam, nanti jadi kuliah kimia anorganik deh…kuliahnya pindah ke blog
    hehe

  7. Ok. Caranya mbak Yella log in dulu kemudian pencet menu ‘options’. Setelah menu options terbuka, pilih menu discussion. Setelah menu discussion terbuka akan muncul beberapa pilihan. Nah, di opsi ‘Before comment appears’, hilangkan semua tanda centang, kecuali tanda centang untuk pilihan ‘Comment author must fill out name and e-mail’. Demikian, semoga bermanfaat.

  8. # rafkirasyid
    wah saya senang sekali mas rafki mau membantu saya.
    sudah saya aplikasikan. terima kasih mas atas bantuannya

  9. Bukan cuma buat ular, tapi juga buat siput dan cacing yang notabene makanannya ular. Mungkin itu sebabnya ular jarang mendekat tempat yang ada garamnya. Bukan semata-mata karena ia takut garam (tidak selamanya mempan), tetapi karena disitu tidak ada makanannya. Ular pergi ke tempat yang ada makanannya.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    ooo gt ya mas, thx bgt mas. infonya mencerahkan, thx dah mampir, lam kenal ya ? 🙂

  10. Yg tips no 1 dari Dr. Oz ya di Oprah?hahaha

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    waaa bener bgt, gara2 itu jadi bukin psotingan ini :mrgreen:
    nonton juga yah ? 😆

  11. wah saya kurang setuju am yang no 6

    klo untuk menghindari lintah itu saya setuju

    ular tuh takutnya ama bau yang menyengat seperti bensin n minyak tanah. (udah pernah nyoba)
    CMIIW

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    selain pake garam, lintah juga bisa diusir pake tembakau, jeis ularnya lain kael ya, gak semua bisa diusir pake garam. Kebetulan aku pernah nyoba

  12. 4.larutan pengganti cairan

    Larutan gula garam sangat baik untuk mengganti cairan tubuh. Sel-sel tubuh kita tidak hanya mengandung air tetapi kandungan sel tubuh adalah cairan garam. Sedikit saja kekurangan cairan garam, tubuh akanmengalami dehidrasi.

    —————————————————————————–
    sepertinya bukan deh mbak, soalny yg pernah saya denger kejadian2 diLaut.

    Kalo nyasar ditepi laut dan belum makan dan minum, dilarang untuk meminum air laut, dikarenakan air laut yang kadar garamnya tinggi itu hanya akan membuat badan makin dehidrasi, dan dapat mengalami halusinasi2 yang aneh2.
    Sumbernya gw belom bisa dapet, karena gw inget perkataan temen gw yg hobby banget baca-baca info dimana aja.

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    halo dhita, makasih infonya ya 😆

    gini ya dhita, cairan garam dalam tubuh itu tidak sama dengan cairan garam di laut. Ada ratusan jenis garam di bumi, dalam kimia yang disebut larutan garam yaitu larutan yang terdiri dari ion negatif (anion) dan ion positif (kation). Dalam ilmu kimia, garam adalah senyawa ionik yang terdiri dari ion positif (kation) dan ion negatif (anion), sehingga membentuk senyawa netral (tanpa bermuatan). Garam terbentuk dari hasil reaksi asam dan basa. Natrium klorida (NaCl), bahan utama garam dapur adalah suatu garam. Larutan garam dalam air merupakan larutan elektrolit, yaitu larutan yang dapat menghantarkan arus listrik. Cairan dalam tubuh makhluk hidup mengandung larutan garam, yaitu pada sitoplasma dan darah. contoh garam yang lainnya yaitu KCl, MgCl2, Na2SO4, K2SO4, MgSO4, CaCl2, CaSO4, Na2SO4, dll. jenis garam lainnya klik link berikut
    http://www.smapgii1.sch.id/hidrolisis%20final/jenis_jenis_garam.htm
    Reaksi kimia untuk menghasilkan garam antara lain
    1. Reaksi antara asam dan basa, misalnya HCl + NH3 → NH4Cl.
    2. Reaksi antara logam dan asam kuat encer, misalnya Mg + 2 HCl → MgCl2 + H2
    sel tubuh membutuhkan ion Na+ dan ion Cl dari garam NaCl, serta ion K+. ion lainnya dibutuhkan hanya sedikit. PAdahal dalam air laut mengandung garam yang lengkap seperti contoh di atas bahkan bisa lebih. Makanya jangan meminum air laut karena beberapa ion yang tak terpakai di tubuh dalam jumlah banyak dapat mengakibatkan dehidrasi. gitu mbak, beberapa hal yang saya dapat dari kuliah, thx dah mampir, lam kenal ya

  13. makasih mbak…infonya membantu sangat…

  14. thank berat nih, atas infonya..

    artikel yang bagus

    sama-sama

  15. apakah ada pengaruh garam terhadap lemak? apa pengaruhnya? garam2 yang mana saja yang mempengaruhi?

    contoh kasusnya dulu apa?

  16. ass mbak saya anak kelas 2 sma mau nanya nih mengapa ketika kita melakukan percobaan osmosis pada kentang yang pakek kentang yang di rendam pada 2 tmpt yaitu air biasa dan air garam kok lebih lenturan yang di air garam?tolong jwbnx dikrim di mail saya trimakasih

    • wass. mbak nasirotul
      terima kasih pertanyaannya
      air garam dan air biasa tentu berbeda. air garam mengandung ion-ion yang sangat polar yaitu ion positif Na+ dan Cl-, sehingga peristiwa osmosis dapat diamati melalui cairan garam. osmosis terjadi karena perbedaan konsentrasi. pada awalnya kentang bermuatan netral. setelah direndam dalam cairan garam, konsentrasi ion masuk ke dalam kentang dan air yang ada dalam kentang keluar. nah, sekarang konsentrasi ion di dalam dan di luar kentang sama. peristiwa osmosis dibuktikan dengan wujud fisik kentang yang lentur. jadi yang menyebabkan kentang lentur adalah masuknya ion-ion garam ke dalam sel kentang.
      semoga jawaban saya memuaskan.

  17. Salam Takzim
    Kalau garam yang dipergunakan pada aquarium kandungannya seperti apa ya
    Salam takzim Batavusqu

  18. Mengapa orang dehidrasi tidak boleh diinfus dengan aqua destilata steril(H2O)atau air murni tetapi boleh diberikan lewat oral (minum)

  19. @ zipoer : kandungan garam akuarium berbeda, ada garam dari laut MgCl2, CaCl2, BaCl2, dll.
    @ ria : pada dasarnya infus diberikan untuk seseorang yang tidak bisa memperoleh nutrisi dari makanan lwt oral. infus berisi sari2 makanan dan diberikan infus agar langsung diedarkan darah. bukan tidak boleh diberikan lewat infus. namun air dapat langsung dikonsumsi melalui mulut.

  20. Bener nih bisa buat penderita sinusitis??

  21. Tp benerkn garam bs mengusir ular soalny td q hbis liat ular kobra trs masuk ke semak” samping rumah q …

  22. mngapa dalam perendaman kentang pada larutan garam terjadi selisih sesudah perendaman?

  23. peristiwa apakah yang terjadi pada kentang yang direndam air garam 10%

  24. apa yang akan terjadi pada tubuh kita jika mandi di laut ??, apakah berat badan akan bertambah ,berkurang ataukah tetap ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s