Presiden Didesak Sertakan Calon Internal BI

Presiden didesak segera menyiapkan pengganti calon gubernur Bank Indonesia. “Dalam waktu yang pendek Presiden harus menyiapkan calon alternatif,” kata Ekonom Senior BNI Ryan Kiryanto dalam diskusi mengenai Peranan Bank Sentral dalam Kebihakan Stabilitas Moneter Indonesia di Front Row Cafe.

Ryan menilai Presiden harus mengikutsertakan calon dari kalangan internal BI. “Munculnya kandidat internal akan lebih baik,” katanya.Munculnya calon internal justru dinilai Ryan akan memacu kinerja BI. Selama ini menurutnya posisi paling tinggi yang bisa dicapai pejabat karir di internal BI adalah level direktur. “Munculnya calon internal akan memberikan peluang bagi mereka,” katanya.

Keuntungan calon internal juga bisa diperoleh karena mereka sudah bersenyawa dan kompak dengan jajaran internal BI sehinga langsung bisa kerja.

Ditambahkanya, penolakan DPR terhadap dua calon yang diajukan Presiden harus menjadi pembelajaran bagi Presiden bersama. “Presiden harus bisa mencari yang lebih baik dari kemarin, sehingga proses pemilihan tidak mengalami deadlock,” katanya.

Ryan memberikan kriteria cagub BI harus mengerti soal moneter,punya rekam jejak baik, diterima pasar, memiliki leadership, kredibel dan berwibawa. “Yang terpenting bebas dari afilasi kekuatan politik manapun,”.

Sementara itu, Kepala Ekonom Danareksa Research Institute Purbaya Yudhi Sadewa menilai kegagalan dua jago Presiden karena ngotot menyodorkan calon eksternal. Untuk itu, Purbaya menyarankan hal ini harus dijadikan pelajaran bagi Presiden untuk memberi kesempatan calon internal ketika mengajukan calon lagi.

“Dewan menolak karena menginginkan calon dari dalam, jadi ajukan saja satu calon dari dalam,” katanya menjawab Tempo.

Menurutnya dari awal penolakan terhadap kedua calon sudah muncul dari namun anggota dewan tidak mau langsung menjatuhkan wibawa Presiden sehingga mereka mencari cara penolakan melalui uji kelayakan.

Sebelumnya Agus Martowardoyo dan Raden Pardede ditolak menjadi Gubernur Bank Indonesia setelah melewati uji kelayakan di Komisi Keuangan dan Perbankan DPR.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s