efek sakarin

Mula-mula saya tertarik dengan kemasannya yang eye catching. Sempat melumerkan air liur saya. Bahan dasar industri minuman bersoda adalah gula yang dibuat menjadi karamel. Selain menimbulkan rasa manis, karamel juga dimanfaatkan untuk zat warna. Warna coklat kehitaman dari minuman cola berasal dari karamel. Coca dibuat dengan mencampur karamel dengan air berkarbonasi untuk menimbulkan rasa segar. Bahan tambahan lain digunakan kafein yang berfungsi untuk menimbulkan rasa ketagihan (seperti pada rokok). 

Saya penasaran juga dengan kompisisinya. Beberapa waktu lalu saya secara tidak sengaja mampir ke salah satu supermarket. Kesempatan ini saya manfaatkan untuk melihat komposisi cola. Saya coba beli satu. Ternyata memang benar gak pake gula. Tahukah anda apa yang digunakan untuk menggantikan gula? TENTU SAJA sakarin. Ngomong-ngomong saya sudah mencicipi sedikit dari minuman COLA ZERO, rasanya agak pahit dan lebih encer. Ini merupakan efek dari sakarin.

Sakarin adalah zat pemanis buatan yang dibuat dari garam natrium dari asam sakarin berbentuk bubuk kristal putih, tidak berbau dan sangat manis. Pemanis buatan ini mempunyai tingkat kemanisan 550 kali gula biasa. Oleh karena itu sangat populer dipakai sebagai bahan pengganti gula.

Dalam perdagangan dikenal dengan nama Gucide, Glucid, Garantose, Saccharimol, Saccharol, dan Sykosa. Harga sakarin paling murah dibanding dengan pemanis buatan lainnya. Sakarin dapat menghemat biaya produksi. Harga pemanis buatan jauh lebih murah dibandingkan dengan gula asli. Pemanis buatan hanya sedikit ditambahkan untuk memperoleh rasa manis yang kuat.

Bahaya penggunaan sakarin yang berlebihan :

Pemanis buatan banyak menimbulkan bahaya bagi kesehatan manusia.

1. migrain dan sakit kepala

2. kehilangan daya ingat

3. bingung

4. insomnia

5. iritasi

6. asma

7. hipertensi

8. diare

9. sakit perut

10. alergi

11. impotensi dang gangguan seksual

12. kebotakan

13. kanker otak

14. kanker kantung kemih

Tikus-tikus percobaan yang diberi makan 5% sakarin selama lebih dari 2 tahun, menunjukkan kanker mukosa kandung kemih (dosisnya kira-kira setara 175 gram sakarin sehari untuk orang dewasa seumur hidup). Sekalipun hasil penelitian ini masih kontroversial, namun kebanyakan para epidemiolog dan peneliti berpendapat, sakarin memang meningkatkan derajat kejadian kanker kandung kemih pada manusia kira-kira 60% lebih tinggi pada para pemakai, khususnya pada kaum laki-laki. Oleh karena itu Food and Drug Administation (FDA), AS menganjurkan untuk membatasi penggunaan sakarin hanya bagi para penderita kencing manis dan obesitas. Dosisnya agar tidak melampaui 1 gram setiap harinya.

Sakarin diambil dari sumber :

1. Jurnal “Karsinogen Kimiawi dan Mikokarsinogen”oleh DR. Iwan T. Budiarso DVM., M.Sc * Staf Pusat Penelitian Penyakit Tidak Menular Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan, Departemen Kesehatan R.I, Jakarta

2. Kompas Cyber Media “ Si Manis yang Perlu Diwaspadai”


*maaf ya komentar ditutup, sudah masuk koleksi tuilisan pribadi saya, bukan untuk perdebatan, tulisan ini akan menjadi salah satu tulisan  yang akan saya pergunakan untuk keperluan yang akan datang mengenai efek sakarin. Kalo tulisan ini menyinggung orang lain, saya mohon maaf, itu karena saya masih belajar menggunakan bahasa tulisan untuk menyampaikan ide. terima kasih

Iklan

10 responses to “efek sakarin

  1. kalo aku sebenernya sama sekali ga tertarik produk zero sugar, lha wong aku udah kurusnya kaya gini, kalo kurang gula tambah jadi kaya apa… aku penasaran aja apa yang dipake si coke ini buat gantiin gula. kl tidak salah pake aspartam juga ya. pernah baca tapi lupa detilnya, aspartam juga efeknya ga bagus buat tubuh…

    *berusaha mengurangi konsumsi minuman bersoda*

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    siip dech mba,,posting saya ini tujuannya supaya konsumen lebih berhati-hati terhadap segala produk, produsen sama sekali tidak memikirkan pengaruh negatif produknya, jadi ya kita lah yang pinter2 menjaga diri sendiri dari serangan produk gak jelas,,
    untuk pemanis yang digunakan tiap negara berbeda ada yang pake sakarin ada yang aspartam
    lengkapny ada di sini
    http://en.wikipedia.org/wiki/Coca-Cola_Zero

  2. emang ditulis di kalengnya ada sakarin ? koq aku gak baca ya ? ah, tapi gak suka coca cola dan soft drink lainnya juga. sukanya air putih.. 😀

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    coba lihat ingredientsnya ya, pemanis tetap saja digunakan selain sakarin adalah aspartam tergantung negaranya coba lihat di http://en.wikipedia.org/wiki/Coca-Cola_Zero, di Indonesia yang saya temukan emngandung sakarin, beruntunglah yang suka air putih, thx ya dh mampir

  3. Hello mba.. baru liat tulisan tentang Coca-cola Zero…

    aku punya pandangan sedikit berbeda…
    Memang betul coca-cola zero sugar benar-benar zero sugar.. jadi yang membuatnya manis pastilah pemanis bukan gula.
    Jenis pemanis bukan gula emang banyak.. ada aspartam, sakarin, dll.

    Sakarin memang pemanis murah.. itu sebabnya juga harga coca-cola zero ga jauh beda dengan yang biasa. dan setauku aspartam lebih enak dari sakarin (menanggapi rasa pahit pada COCA COLA ZERO).

    Tapi sebenarnya coca-cola zero kan ditujukan buat orang-orang yang ingin menikmati coca-cola namun tidak ingin kalorinya (terkait kesehatan or anything)..

    kalau mengenai efek samping, aku pikir setiap sesuatu ada ambang batas, penggunaaan berlebihan akan ada efek negatif…

    xxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxxx

    good comment 🙂 , kemaren barusan saya cek di komposisi coca cola zero pakai pemanisnya jenis garam natrium dari sakarin dan siklamat yaitu natrium sakarin dan natrium siklamat, pemanis sakarin, siklamat dan aspartam khusus untuk orang diabetes, dan bukan orang normal. Jika dikonsumsi penderita diabetes agaknya tidak bermasalah, nah masalahnya kalo dikonsumsi orang normal justru akan mengganggu gula darahnya. Walaupun berdalih ini itu namun minuman bersoda tetap tidak baik bagi kesehatan. ASPARTAM MEMANG LEBIH ENAK DARI SAKARIN. salah satu sebabnya aspartam tingkat kemanisannya 200x manisnya gula sedangkan sakarin 500x dan siklamat 30x. Itulah sebabnya sakarin lebih pahit, untuk industri minuman dan permen seringkali dipakai aspartam.

  4. VERY DANGEROUS…..
    BUAT ORANG INDONESIA MATI GARA-GARA MINUM COCA-COLA…..
    BUAT DUNIA….KAPITALIS COCA-COLA UNTUNG GEDE……
    KHUSUS PALESTINA….
    PENDUDUK PALESTINA SYAHID KARENA PELURU ISRAEL DAN USA YANG PABRIKNYA DI BIAYAI COCA-COLA….
    COCA-COLA = NO MUHAMMAD NO MECCA….

  5. keren bgt materi yang dibahas,,,lumayan nih buat nambah pngetahuan,,,apalagi besok presentasi ttg sukrosa,,,thx bwt infox…

  6. thanxs…………….thanxs…………………bgt

    pokoknya thanx berat deh…..

  7. menarik topiknya..dan yg paling penting adalah komposisi bahan2nya karsinogenik..memacu pertumbuhan sel2 kanker..

    aneh..kenapa banyak yg suka ya..coba dibuktiin..sepertinya minum cocacola jauh lebih berbahaya daripada minum air comberan..ada yg ingat kejadian di amerika beberapa waktu yg lalu..juara I kontestan lomba minum cocacola terbanyak..langsung mati ditempat setelah lomba..

  8. ADUH, PAK, BU, MBAK , MAS, HARI GINI MASIH MINUM-MINUMAN BERSODA? KUNO DAN NGGA TERDIDIK, ITU SIH KESAN SAYA KALAU LIAT ORANG LAGI MINUM-MINUMAN YANG ISINYA HANYA AIR, KALORI DAN BAHAN KIMIA YANG BEREROT DAMPAKNYA BAGI KESEHATAN.

    DI DALAM SELALU KELUAR PERTANYAAN ” MAU YA ORANG NGELUARIN DUIT BUAT NIMBUN PENYAKIT” ADA KO MINUMAN YANG LEBIH SEHAT, JUS BUAH, AIR PUTIH, WEDANG CINAU, SARI MENGKUDU, TEH HIJAU, SARI KACANG HJAU? LEBIH ENAK DAN NGGA BERACUN!

    SO…PILIH RACUN APA SSEHAT?

  9. Waw gak nyangka ampe segitu buruknya pengaruh tu minuman buat tubuh kita, thanx banget yah!!