Pria dibalik kesuksesan microsoft

nyeprot.jpgbill1.jpgdepan-rumah-bg.jpgwagu.jpgwanted.jpgnelpon.jpgbg.jpg

Bill Gates lahir 28 Oktober 1955, di Seattle, AS. Nama aslinya William Gates III, anak terakhir dari dua bersaudara. Bakat kompetitifnya terlihat sejak kecil. Bill melahap habis koleksi ensiklopedi dari A – Z ketika berusia 8 tahun. Baginya hidup adalah perlombaan, dari permainan sepele, PR sekolah, hobi hingga pekerjaan. Ambisinya besar untuk menjadi nomor satu membawa Bill jauh mendahului rekan seangkatannya. Pada usia 11 tahun, Bill yang sudah sangat menguasai matematika dan sains masuk ke sekolah swasta bergengsi khusus pria di Lakeside. Sekolah ini dapat menampung semua kebutuhan belajar Bill, siswa-siswanya diberi keleluasaan dan fasilitas yang jauh di luar batas aturan resmi sekolah. Siswa-siswa yang luar biasa memperoleh perhatian khusus, dukungan dan semangat.

Karir Bill Gates

Karir Bill dimulai saat dia bersekolah di Lakeside, tahun 1968. Sekolah Lakeside membeli sebuah mesin teletype semacam mesin ketik yang menghubungkan pemakai di Lakeside dengan sebuah minikomputer PDP-10 milik General Elektrik di tempat lain. Si pemakai mengetikkan perintahnya, menunggu sebentar lalu mesin teletype mengetikkan jawaban yang diberikan PDP-10.

Bersama Paul Allen, Kent Evants dan Richard Weiland, Bill membentuk Lakeside Progremmers Group untuk mencari peluang bisnis di bidang komputer (keempat orang ini sedang sekolah kelas 2 SMP dan 1 SMU).

Bill dkk disewa oleh Computer Center Corporation (C-Cubes) untuk mencari kelemahan-kelemahan program mereka. Imbalannya mereka dapat menggunakan sistem computer secara cuma-cuma pada akhir minggu atau malam hari.

Bill dan Allen semasa SMU mendirikan perusahaan sendiri, Traf-O-data, proyek pertama adalah menyusun program komputer untuk memperkirakan kepadatan lalu lintas. Berikutnya TRW,sebuah perusahaan bidang pertahanan menyewa Bill dan Allen untuk melacak berbagai penyakit dalam sistem komputer mereka. Dari sinilah Bill mulai merasakan enaknya dapat duit.

Bill kuliah di S1 hukum Harvard University sambil meracang program permainan baseball. Kemudian Bill dan Allen menawarkan program BASIC pada pembuat Altair 8080, Ed Robert. Program ini dapat bekerja pada chip yang mereka gunakan yaitu intel 8080. Pihak Altair 8080 juga menawarkan hak penjualan dengan bayaran royalti. Selama 8 minggu mereka bekerja keras menciptakan mesin tiruan Altair. Allen sibuk dengan perangkat keras, sementara Bill mengerjakan program yang sangat ringkas sehingga kapasitas memori yang hanya 4K masih tersisa untuk menjalankan program. Demikianlah Bill berhasil menciptakan bahasa BASIC pertama untuk microcomputer. Monte Davidoff yang turut membantu mereka tidak pernah diceritakan oleh Bill sebagai salah satu penyusun BASIC pertama untuk microcomputer.

Microsoft (Microcomputer software) lahir tahun 1975 dengan pembagian saham 60%-40% untuk Bill-Allen, karena Bill banyak menyumbang dalam awal penulisan BASIC. Melalui penjualan Altair ke seluruh AS, setahun kemudian sudah menyebar kemana-mana. Bill sempat marah-marah karena banyak penggemar komputer yang semena-mena mengcopy BASIC-nya tanpa membayar.

Bill dan Allen kemudian merekrut para pemrogram muda tahun bergabung dalam mikrokids tahun 1976. Anggotanya terdiri dari siswa SMU dan mahasiswa “penderita” insomnia, ber-IQ tinggi dan menyukai komputer. Mikrokids adalah awal Bill memutuskan keluar dari Harvard pada usia 21 tahun. Bill bermimpi suatu saat komputer ada dimana-mana, di rumah, di pusat perbelanjaan, atau di perkantoran.

Tahun-tahun berikutnya Bill bekerja keras. Tidak ada waktu santai, bahkan dalam 5 tahun dia hanya berlibur 2 kali. Allen lebih senang terlibat di belakang layar sedangkan Bill sendiri lebih sering terlibat dalam segi bisnisnya. Microsoft terus mengembangkan program BASIC untuk sejumlah chip selain 8080. Microsoft kemudian bekerja sama dengan perusahaan raksasa IBM, sebuah perusahaan penyedia perangkat komputer terbesar di Amerika. Tahun 1982 industri komputer pribadi sudah benar-benar terwujud. Mimpi Bill menjadi kenyataan. Berikutnya banyak perusahaan sejenis yang membajak kesuksesan IBM-microsoft.

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s