100 pertanyaan yang akan mempengaruhi kehidupan Anda

Mengenal jati diri dapat dilakukan melalui sebuah pertanyaan. Lalu bagaimana jika 100 pertanyaan akan mempengaruhi kehidupan Anda?

Dalam buku catatan anda, buatlah daftar 100 pertanyaan yang penting bagi Anda. Anda boleh memasukkan jenis pertanyaan apapun sepanjang pertanyaan tersebut anda anggap penting, apa saja mulai dari “Bagaimana cara saya dapat lebih banyak bersenang-senang?” hingga “Apakah maksud dan tujuan keberadaan saya?” dan “Bagaimana saya dapat mengabdi kepada Sang Pencipta dengan cara yang sebaik-baiknya?”

Susunlah daftar tersebut sekaligus. Tulisalah dengan cepat, jangan repot-repot memusingkan masalah ejaan, tata bahasa, atau mengulangi pertanyaan yang sama dalam kalimat yang berbeda (pertanyaan-pertanyaan berulang akan memberi isyarat kepada anda tema-tema yang sedang muncul).

Mengapa seratus pertanyaan?

Kurang lebih 20 pertanyaan pertama “sudah ada dalam pikiran Anda”. Dalam tiga puluh atau empat puluh pertanyaan berikutnya, kerap muncul. Dan, pada bagian belakang paruh kedua daftar itu anda cenderung menemukan bahan yang tak terduga tetapi mendalam.

Setelah anda selesai mengerjakannya, bacalah semua daftar itu Anda dan tandai tema-tema yang muncul. Renungkanlah tema-tema yang muncul tanpa penilaian. Apakah sebagian besar pertanyaan Anda menyangkut hubungan?bisnis?bersenang-senang?uang?makna hidup?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s