curhat

Seperti biasa jam 20.00 baru sampai rumah, padahal jadwal privat selesai jam 18.30, keasikan ngobrol sama ortu murid. Biasalalah cerita perkembangan anaknya. Ternyata masih banyak orang tua yang perlu mengikuti seminar parenting. Tanya kenapa?untuk mengakomodasi kebutuhan anak, banyak hal yang harus kita tahu. Klo sudah kehabisan akal lebih baik ke seminar parenting. disana akan ada banyak sumber informasi bagaimana menghadapi anak. Orang tua juga harus paham gaya belajar anaknya supaya perilakunya tetap dapat dikontrol. Terkadang anak-anak aktif dicap sebagai anak hiperaktif, padahal anggapan tersebut belumtentu benar. Menurut pakar pendidikan, cara belajar ada tiga macam :

1. Auditorial (mendengar)

anak-anak visual lebih menyukai belajar dengan mendengar. Jika didalam kelas, anak terlihat tidak memperhatikan guru. Matanya melihat ke bawah. Namun, telinganya menyimak. Informasi langsung meresap ke dalam memori. Anak-anak ini tidak menyukai menulis. Buku catatannya “sepi” dan bersih dari tulisan.

2. Visual (melihat)

tipe ini paling umum ditemui dipelbagai kondisi kelas. Materi dipindahkan ke dalam catatan, beberapa anak hanya membuat diagram atau bagan. Lebih sulit menghafal tanpa melihat bagan atau gambar.

3. Kinestetik (bergerak, menyentuh)

gaya belajar unik, jarang ditemui. Anak-anak kinestetik lebih mudah mengingat dengan melakukan percobaan, menyentuh benda yang dipelajari seperti praktek di laboatorium.

Pada dasarnya gaya belajar seseorang tidak dapat ditentukan secara pasti. Adapula yang campuran keduanya bahkan ketiganya. Perbedaan ini terkadang membuat seseorang terlihat aneh sehingga dianggap tidak normal, perlu terapi ke psikologi. Kalau menurut saya, pahami dulu masalahnya, barulah mengomentari. 🙂

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s