wisata murah di bogor

Longweekend minggu lalu, saya habiskan seharian di Bogor. Setelah menikah kami lebih sering menghabiskan waktu di Bogor. Mengingat pekerjaan kami yang tak terikat jam kantor, hari libur dapat kami tentukan sendiri. Kami lebih memilih hari biasa, selain waktu kosongnya hari Jum’at juga kalau mau kemana-mana lebih nyaman. Sepi ^_^. jalanan sepi, tempat rekreasi juga relatif sepi, apalagi tempat makan, wah terasa dirumah sendiri. Nyaman lah jalan di hari biasa.

Tentu akan berbeda keadaanya saat loonweekend. Hampir semua tempat yang kami kunjungi penuh. Mau beli oleh-oleh aja harus ngantri. Sengaja ke makaroni panggang (MP) beli oleh-oleh, serasa pasar pindah ke MP. Beli makaroni biasa harus nunggu 30 menit, spesial 1 jam. Akhirnya saya memutuskan ke pia apple  pie. lumayan, keadaanya ga serame MP.

Tiba-tiba tercetus ide untuk wisata murah. Memberi makan rusa di kebun raya.  Di bagian luar kebun Raya, tepatnya di sekitar istana, ada banyak rusa ber keliaran. Rusa diberi makan lewat pagar. Pengunjung dapat menepikan kendaraan di trotoar. Jalan yang lebar memungkinkan lalu lintas tidak terganggu oleh kendaraan yang menepi. Bahkan beberapa mobil dapat parkir di sana. Jika anda ingin memberi wisata edukasi untuk anak, anda dapat memberi makan rusa lewat pagar. Ga perlu bayar tiket, karena tidak melewati pintu masuk. Ga perlu bawa sayuran sendiri. Beberapa orang menawarkan jasa menjual wortel dan kangkung. Satu ikat wortel harganya Rp 500,00 isinya ada 4 buah wortel. Pilihlan wortel yang panjang supaya mudah diberikan ke rusa.  berhubung kamera lagi dipinjem, kami tidak sempat mengabadikan momen.foto ini diambil di http://net-planet.org/health/videos/index.php?key=rusa+bogorWisata ini dapat mengajarkan kepada anak untuk menyayangi binatang, mengenal lebih jauh bagaimana rusa makan, apa kesukaan rusa, bisa juga sebagai inspirasi buat anak2 yang gak suka makan sayur, dan melatih keberanian.

Wisata murah berikutnya kami mampir di depan museum PETA, sekitar  10 menit dari kebun raya. Di sana kami melihat 2 buah tank bekas perang. Lalu saya bercerita tentang mobil tank, melihat detilnya, menghitung rodanya, mengamati apa saja yang ada dalam mobil tank, bercerita sedikit tentang fungsi tank saat perang. informasi singkat,  museum PETA terbuka untuk umum bagi yang membawa rombongan. tidak dibuka untuk perorangan. Menurut petugas, biaya operasional museum sangat tinggi terutama untuk kebutuhan lampu, oleh karena itu yang diijinkan masuk adalah rombongan. Jika pada saat bersamaan ada perorangan yang ingin masuk, maka direkomendasikan untuk bergabung dengan rombongan tersebut. Biaya dikenakan Rp 3000,00 per orang.

koleksi pribadi

koleksi pribadi

Sebelum pulang kami sempat mampir di pemda cibinong (kabupaten bogor). Kebetulan disana sedang ada pembangunan. Kami manfaatkan untuk beristirahat sambil mengamati traktor dan truk yang bekerja meratakan tanah. Wah, puas sekali long weekend kemaren. Lain kali kami akan mengeksplor wisata murah di Bogor. Mudah-mudahan kami bisa ke Cariu, tempat penangkaran rusa jinak. Doakan ya

gambar memberi makan rusa diambil dari:

http://net-planet.org/health/videos/index.php?key=rusa+bogor

About these ads

15 responses to “wisata murah di bogor

  1. iya mungkin perlu dibuatkan tempat parkir khusus, jadi ketika memberi makan rusa, tidak membuat kemacetan :)

  2. Mending kasih makan mahasiswa kelaperan aja ne mba :D

  3. @ ilove bogor : tergantung yang berhenti, cuman beberapa kendaraan kok, ga sampe bikin macet :)
    @ miftahgeek : okeh mau berapa biji wortelnya :mrgreen:

  4. yo tinggal daetng to, nanti aku guidenya, piye?

  5. harga wortelnya….500 isi 4 ???
    wah.
    Wortelnya boleh dimakan ama manusia, gak, mbak ? :D

  6. Musium PETA …
    saya beruntung pernah menyaksikannya …
    Waktu itu mengantar si Sulung Study wisata bersama rombongan sekolahnya ketika dia masih di Madrasah Ibtidaiyah dulu …

    Kalau tidak mengantar dia mungkin saya tidak bisa masuk ya …

    salam saya

  7. nah sama kaya sama om itu juga dengan keberuntungan, saya datang kesana samalani, udah siap bawa kamera slr segala eh kata petugasnya harus bawa rombongan.alhamdulillah kita dihibur dengan informasi dari petugas bahwa sebentar lagi ada rombongan dari luar kota segera datang.romongan anak2 SD 3 bis.alhamdulillah setelah membayar ke petugas akhirnya kita bisa masuk dan leluasa hunting :mrgreen:

  8. Koleksinya makin lengkap nih.. Sepertinya Jogja juga harus bikin. Referensi travel biasanya yg exclusif dan mahal. Padahal masih ada yg murah meriah dan jarang terexporse. Terima kasih inspirasinya..

  9. diet enak : sep, gitu donk, tar klo udah bikin tulisannya, saya kn bisa ke sana, wisata gratis hehe

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s