Membuat Saos tomat sendiri

Bagaimana ya dengan ide membuat saos tomat sendiri? Mungkin bisa membantu mengatasi masalah kesehatan berkaitan dengan konsumsi saos berpengawet yang dijual murah. Saos-saos yang dijual murah tidak memperhitungkan higienitas, baik dari pemilihan bahan baku, proses produksi hingga pengemasan. Supaya bisa dijual murah maka bahan baku dipilih ampas singkong sisa pabrik tepung pati (kanji), cabe busuk atau pepaya busuk. Untuk lebih menarik, ditambahkan bahan pewarna sintetis dari jenis pewarna tekstil. Pengemasan menggunakan botol bekas yang hanya dicuci menggunakan air dan sabun. Seharusnya botol kemasan disterilisasi. Tentu ini akan menambah biaya produksi.

Nah daripada kita makan saos gak jelas,lebih baik membuat sendiri. Warna saos tidak memang tidak semenarik yang dijual. Tapi dari segi kesehatan jauh lebih baik. Rasa tidak jauh berbeda

Bahan :

Tomat segar

Gula

Garam

Cara membuat :

1. didihkan air dalam panci

2. masukkan tomat sebentar, lalu angkat, jangan terlalu lama direbus karena akan hancur. Tujuan direbus agar kulit luarnya mudah dikelupas

3. keluarkan isi tomat

4. blender sampai halus

5. masukkan ke dalam wajan panas tanpa minyak

6. masukkan gula dan garam (tujuan : agar saos tahan lama)

7. aduk-aduk sampai airnya hilang

8. dinginkan

9. simpan dalam wadah kaca

10. beri label tanggal pembuatan

11. simpan dalam lemari es

variasi :

- jika menginginkan saos cabe dapat ditambahkan cabe. Dapat pula dibuat komposisinya lebih banyak cabe dibanding tomatnya

- sambal kecap pedas dapat dibuat dari bahan kecap dan 100% cabe

- sambal pedas dibuat dari 100% cabe atau 10% tomat dan 90% cabe

- untuk membuat saos spageti, tambahkan oregano saat proses memasak terakhir

- bahan pengawet yang aman adalah garam dan gula atau natrium benzoat (sintetis) yang dapat dibeli di toko bahan makanan. Beberapa sumber mengatakan pengawet sintetis ini tidak cukup aman dikonsumsi. Sumber lain mengatakan bahwa natrium benzoat tergolong bahan yang mudah dikeluarkan dari dalam tubuh. Ini tergantung dari kondisi tubuh masing-masing, ada orang yang tubuhnya dapat mengeluarkan natrium benzoate secara alami dan ada yang tidak.

saran

- ide ini baru ide mentah, belum 100% sebagai ide jadi sehingga dapat dikembangkan menjadi sebuah penelitian

- untuk mahasiswa jurusan kimia murni (kimia MIPA) atau jurusan tata boga dapat dibuat sebagai bahan penelitian skripsi dengan variabel daya simpan, suhu penyimpanan, komposisi gula dan garam yang cocok untuk penyimpanan, susbstitusi bahan makanan tertentu ke dalam saos tetapi tidak mengurangi rasa dan kualitas bahan

- hasil penelitian dapat diapliksikan langsung ke dalam home industri untuk membuat produk saingan dari pabrik-pabrik saos murah yang beredar di masyarakat

- hasil penelitian juga dapat dibuat program bakti sosial, proyek Kuliah Kerja Nyata (KKN), membuat industri industri rumahan yang sehat, atau untuk konsumsi sendiri

About these ads

58 responses to “Membuat Saos tomat sendiri

  1. Insya Allah bermanfaat mbak , soale keponakan saya suka saos tomat , jadi nya bisa dech ngasih tanpa ragu
    makasih ya ukhti

  2. alhamdulillah klo gt
    nanti tak postingkan lagi keterampilan yang lain
    buat sendiri daripada beli

  3. okeh bang…
    pake gula batu?
    pake es batu gak?
    tapi gak ada jus batu…
    hehe
    muakasih dah mampir

  4. Ping-balik: Laporan Liburan « Bersama Berbagi Rasa

  5. Ping-balik: about me « MENYAPA ALAM RAYA

  6. Kalau tomat yg murah itu palsu seperti yg kutulis, salam kenal trims

  7. salam kenal …saya tertarik dengan blognya,simple tp menarik…info lebih lanjut dong ttg biogasnya soalnya ga bisa buka menu peluang usaha yg biogas nya…makasih banyak sebelumnya

  8. @ nadiaztonama : tomat palsu seperti apa ya ? salam kenal juga

  9. assalamu’alaikum wr wb… saya minta ijin meniru cara membuat sausnya

    silakan, supaya lebih awet dan teksturnya lembut, boleh ditambah asam benzoat 1 sendok teh utk 1 kg saos tomat, pakai sistim sterilisasi botol juga ya, jadi saos yang udah diberi pengawet, dimasukkan ke dalam botol yang sedang dikukus, tutup rapat, kukus selama 15 menit, dinginkan, saos siap dikonsumsi :)

  10. mudah-mudahan penglihatan saya berangsur membaik, karena katanya saus tomat juga berguna untuk kesehatan mata dan mengurangi resiko katarak

    amin, semoga ya bu :)

  11. HEHEHE……………
    LUMAYAN NIE INFONYA…BESOK Q IKUD LOMBA MASAK LOH MBAK……..
    DOAIN MENANG YAW…..HEHEHE

  12. iya dweh moga2 menang ya, jangan lupa hadiahe dikirim ke sini :wink:

  13. MBA AKU MINTA RSEP BUAT SAOS TOMAT YANG ENAK ANAK KU WADUH SAMA SAOS TOMAT KAYA MINUM AER SETIAP MAKAN HARUS ADA SAOS TOMAT,LAMA-AKU MIKIR BISA BAHAYA KARNA PABRIK PY,APA SLH YA AK PY ASMS BGT MHN INFONYA

  14. mba iva : ya memang bahaya mbak kalau setiap hari dikonsumsi, tapi itu juga tergantung kondisi tubuh si anak. kalau dia tiap hari makan ya mending buat aja. agak repot dikit gpp demi si kecil. untuk mengurangi penumpukan zat-zat berbahaya cobalah meminum kloforil untuk menarik zat2 bahaya dalam saos.

  15. Wah.. Wah.. Posting yang bagus mas.. Bnyakin cara cara membuat yang lain juga ya…

  16. Teman saya orang Jepang, nyari resep buat saos tomat dalam Bahasa Indonesia. Jadi aku tunjukkin deh blog ini. hehe

  17. @ mahfudin : oke oke, udah ada beberapa kok :lol:
    @ evan : wah aku jadi tersanjung neh van, thax ya.met kenal y evan, terimakasih sudah berkunjung

  18. wah, inspiring nih. makasih ya atas tulisan bermanfaatnya..

  19. aku juga mau mbuat pake resep ini kayak nya enak tuh

  20. Saya tanya boleh kan?mbak kan tentunya pernah membuat saos tomat seperti dalam resep yang anda tulis,sampai berapa harikah saos tomat itu bisa bertahan dan seperti apakah ciri-ciri saos tomat yang sudah basi?
    Terimakasih…

  21. kangmas ian : sama :mrgreen:
    leny : silakan dicoba mb, semoga berhasil ya ^^
    nina : paling lama seminggu karena g pake pengawet, kalo pake natrium benzoat kira2 sampe 1 bulan dengan kondisi botol sudah disteril dan disimpan dalam pendingin.ciri saos basi bisa dilihat dari perubahan rasa, aroma, warna menjadi pucat, tumbuh jamur, basi

  22. makasih mbak resep saosnya…kebetulan anak saya suka banget dan minta saya untuk buat sendiri. selain gula sama garam nggak dikasih bumbu lain? misalnya bawang merah atau bawang putih?

  23. mb alfi : silakan dicoba mb, bawang mera/bawang putih mengandung minyak atsiri (zat yang mudah menguap), jadi klo dicampur saos rasanya sudah pasti lain, karena ada yang ga doyan bawang putih. kalo mau buat saos spageti tinggal dicampur sama oregano kering, di supermarket biasanya dijual 20 rb an sebotol 100 g

  24. TRIMAKASIH MBAK ATAS PENJELASANYA . TAPI SAYA GAK TAU BAHAN PENGAWETNYA YANG AMAN..

  25. bambang : bahan pengawet yang aman adalah natrium benzoat, asal pemakaiannya tepat, dosisnya 1 sendok teh peres utk 1 kg bahan yang akan diawetkan. sebetulnya klo selainya cepat habis, ga perlu bahan pengawet, lebih baik gunakan bahan segar lalu mendadak dibuat selai/jam.yang saya tau, natrium benzoat dapat keluar dari tubuh asal tidak melebihi dosis pemakaian, klo terlalu sering menggunakan ya kemungkinan tertimbun dalam tubuh.makasih sudah berkunjung ^^

  26. makasih infonya.. pengen coba nih mbak bikin saos sndiri dirumah

  27. Gimana dengan bijinya? kalo ikut di blender apa bisa jadi halus juga???
    Apa hasil sausnya bisa kental, atau saya perlu kentalkan lagi dengan tepung maizena?

  28. tks ya atas info cara membuat saos tomat.sangat berguna bagi ibu-ibu rumah tangga seperti saya…..

  29. Ass.wrwb.
    Bagi saudaraku semua yang pingin memproduksinya, saya bisa support anda untuk masalah pengadaan bahan baku tepung/ ampas tapiokanya. saya menyediakan berbagai klas kualitas dan varian harga. dijamin puas. hubungi alamat saya.
    UD. Q-blat Xtiar.
    Jl. Semeru III Blok K. 830
    Kudus 59352. bell; 085290990496.

    atau emaail : adriantique@yahoo.com

  30. alhamd….tq ya atas resep sehat saos tomatnya Insy byk manfaatnya…..amin

  31. bisa tahan berapa lama ya kalo gak masuk kulkas?

  32. makasih info tentang pembuatan tomat yang steril

  33. wah matur nuwon banget yo mbak, ya info ini seng tak cari – cari dari dulu , dan ini pasti takcoba utk buat, na wong keluargaku seneng banget sama yang namanya saos tomat, tapi semenjak ada info klau saos dipasaran tidak sehat jadi aku tdk pernah makan saos lagi, oh ya mbak kalu kecap yang dipasaran juga umum apa jga berbahaya , ajarin dong bikin kecapnya…makacihhhh

  34. Mba thank ya infonnya,, mau saya posting lagi infonya di blog saya dengan sumber2 lainnya,..Salam kenal ya mba.

  35. mbak..udah dicoba kok baunya kuat banget ya..bau tomat busuk gitu.ada resep lain nggak mbak buat ngurangin aroma nggak sedap nya.trims.

  36. Mbak mau nanya nich yang di maksud gula untuk buat saus tomat itu gula putih atau gula merah ya ? trimakasih sebelumnya atas jawabanya

  37. perbandinan setiap bahan@ brapa bos,,,
    dgn bhn baku tomat 1 kg

  38. perbandinan setiap bahan@ brapa mbak,,,
    dgn bhn baku tomat 1 kg.

  39. wah makasih resep nya aku coba aku seneng banget saus…

  40. Assalamu’alaikum….salam kenal mba. info ini sangat bermanfaat

  41. thanks ya…mba infonya bermanfaat u saya, krna kbtln sy punya kelompok tani tomat….jadi Insyaallah ga perlu binggung u memasarkan produk karena ada alternatif penjualan selain jualberupa tomatnya tapi bisa juga olahannya…..tapi u produksi home industri perlu riset dan percobaansebelum masuk pasar lokal……sekali lagi Makasih Buuuaaanyak atas infonya.

  42. Thanks ya infonyaa :D aku lagi nyari cara bikin saos yang higenis.. makasih lohh

  43. ala saos tomat apa tu
    banci
    masa simpel aku juga bisa buat gitu
    ihhhh
    nga berpariasi

  44. aduh gmana ni grogi mau bkin d rumah

  45. trima kasih ukhti semoga bermanfaat n barokah

  46. ayo semangat trus mencoba semua jangan mnyerah

  47. ternyata tidak sulit untuk membuat saus tomat sendiri
    terima kasih

  48. mbk bs tahan berapa lama jika dsmpn dkulkas,dan 1kg tomat.airnya berapa cc dan garamnya jg

  49. Sangat Bermanfaat sekali, karena sekarang saos saos di pasaran mengandung bahan yang kurang baik bagi kesehatan tubuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s